Ketahui Berbagai Cara Ini Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

GESITQQ LOUNGE Ketahui Berbagai Cara Ini Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Meski jerawat bisa hilang dengan sendirinya, banyak orang yang ingin tahu cara menghilangkan jerawat dengan cepat agar kulitnya bisa segera terlihat bersih, khususnya di acara penting. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengusir jerawat dengan cepat, baik secara alami maupun dengan obat.

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum atau minyak alami kulit yang berlebihan, sel kulit mati, dan bakteri. Selain area wajah, jerawat juga dapat muncul di beberapa area tubuh lain, seperti dada, punggung, dan bahu.

Ketahui Berbagai Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat - Alodokter

Beragam Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Jerawat umumnya dapat hilang sendiri dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun, jika merasa terganggu dengan kemunculan jerawat di wajah atau badan, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan jerawat dengan cepat:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Bagian tubuh yang paling sering berjerawat adalah area wajah. Agar jerawat di wajah cepat hilang, Anda dapat membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, terutama jika wajah banyak berkeringat atau terlalu berminyak.

Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat membuat kulit wajah makin kering dan teriritasi. Kondisi ini dapat memicu timbulnya jerawat baru dan bahkan membuat jerawat menetap lebih lama.

2. Menggunakan bahan-bahan alami

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak esensial yang terbuat dari tea tree oil, kayu manis, daun thyme, bunga mawar, atau lavender. GESITQQ ONLINE

Minyak esensial tersebut mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Selain minyak esensial, bahan-bahan alami lain, seperti ekstrak teh hijau, madu, dan lidah buaya, juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan minyak esensial atau bahan alami cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak atau bahan tersebut ke area kulit yang berjerawat sebanyak 1–2 kali sehari.

Apabila muncul reaksi iritasi di kulit atau jerawat semakin parah setelah Anda menggunakan bahan-bahan di atas, segera hentikan pemakaian bahan tersebut dan periksakan kulit Anda ke dokter kulit.

3. Menggunakan obat jerawat

Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas. Obat jerawat ini tersedia dalam bentuk krim, salep, atau gel yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam azaleat.

Jika obat-obatan tersebut tidak berhasil menghilangkan jerawat, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapat saran obat yang sesuai. Terkadang dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan berupa tretinoin, antibiotik, atau pil KB guna menghilangkan jerawat yang muncul di kulit Anda dengan cepat.

4. Menjalani prosedur perawatan kulit

Jika jerawat yang muncul tak kunjung mereda, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk menjalani prosedur perawatan kulit agar terbebas dari jerawat. Untuk mengatasi jerawat di kulit Anda dengan cepat, dokter dapat melakukan beberapa prosedur, seperti chemical peeling, terapi laser, atau memberi suntik jewarat.

Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan dan mencegah jerawat muncul kembali di kulit Anda:

  • Hindari memencet jerawat karena dapat membuat jerawat semakin parah dan menimbulkan bekas luka.
  • Gunakan pelembab wajah atau make up yang berlabel ‘noncomedogenic’.
  • Hindari menyentuh area wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat guna mencegah infeksi.
  • Ganti dan cuci sprei, sarung bantal, dan selimut secara rutin.
  • Olahraga secara rutin serta kelola stres dengan baik untuk mendukung kesehatan kulit agar tidak mudah berjerawat.
  • Hindari konsumsi makanan penyebab jerawat, seperti makanan berminyak, makanan dan minuman manis, serta produk olahan sus

Jika tidak ada perubahan setelah 6 minggu menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan cepat seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai. Ketahui Berbagai Cara Ini Menghilangkan Jerawat dengan Cepat