Kalimat Positif untuk Menyemangati Diri Sendiri Saat Sedang Bad Mood

Kalimat Positif untuk Menyemangati Diri Sendiri Saat Sedang Bad Mood

GESITPOKER Kalimat Positif untuk Menyemangati Diri Sendiri Saat Sedang Bad Mood. Rasanya hampir semua orang pernah atau akan merasa stres, yang akhirnya bikin bad mood seharian. Entah itu karena masalah di tempat kerja, masalah rumah tangga, hingga bertengkar dengan teman. Di hari-hari yang terasa berat seperti itu, berapa banyak dari Anda yang “hobi” menyalahkan diri sendiri dan memendam emosi dengan menyendiri mengurung diri di kamar? Hati-hati, memendam emosi itu berbahaya, lho! Daripada terus bermuram durja dan larut dalam kesedihan, yuk mulai bangkit kembali dengan mengucapkan kata-kata semangat ini untuk diri sendiri. Anda boleh membacanya berulang-ulang dalam hati layaknya mantra sambil berdiri di depan cermin, atau teriakkan sekeras mungkin yang Anda mampu.

Kenapa, sih, kita harus menyemangati diri sendiri?

Tanpa di sadari, setiap kata yang terlontar atau yang baru sebatas di pikirkan saja dapat membentuk pola pikir kita. Ketika Anda terbiasa mengucapkan hal negatif pada diri sendiri — misalnya “Emang aku yang salah, aku bodoh banget” atau “Tidak ada yang menyukaiku,” — maka tanpa sadar Anda justru sedang memandang rendah diri sendiri, menganggap bahwa Anda tidak pantas, tidak layak, atau tidak mampu.

Lama-kelamaan, pemikiran negatif yang terus menumpuk akan menimbulkan pandangan negatif terhadap citra diri sendiri. Dengan mempercayai hal-hal ini, Anda lambat laun akan mencerminkan gagasan tersebut dalam segala tindak-tanduk sehari-hari sehingga Anda memang tampak tidak cerdas, misalnya  pada kenyataannya mungkin tidak demikian. Sederhananya, pemikiran negatif tersebut akan menjadi bagian dari identitas yang kita bangun sendiri.

Pada akhirnya, hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri, dan bukannya tidak mungkin juga memicu kecenderungan depresi.

Itu sebabnya jika mood sedang down, Anda harus melawan balik aura negatif yang di hasilkan oleh stres tersebut dengan melontarkan kata-kata semangat yang positif. Dengan begitu, Anda justru akan menguatkan diri sendiri untuk bisa cepat move on dari situasi buruk tersebut, lebih bahagia, produktif, lebih optimis, dan lebih mencintai diri sendiri.

1. Aku mampu dan aku pasti bisa

Kegagalan adalah hal yang wajar. Ingat bahwa manusia hidup di dunia untuk terus belajar, beradaptasi dengan segala situasi dan kondisi, serta tumbuh menjadi individu yang lebih baik lagi. Anda juga tidak pernah terlalu tua untuk mempelajari suatu hal yang baru.

Jangan biarkan pikiran Anda di penuhi dengan skenario-skenario negatif yang makin menurunkan kepercayaan diri. Percayalah bahwa melakukan suatu hal menantang yang sama sekali di luar zona nyaman Anda akan membuat Anda tumbuh dan berkembang.

Maka suatu saat nanti Anda di landa keraguan atas diri sendiri atau suatu kesulitan yang membuat Anda ingin menyerah, tangkis dengan mantra berikut: “Aku mampu dan aku pasti bisa!”

2. Tantangan adalah kesempatan

Saat Anda di pertemukan oleh sebuah tantangan dan kesulitan yang tidak pernah Anda hadapi sebelumnya, mungkin Anda akan berkata “Kenapa harus saya yang mengalaminya?”.

Perlu di ingat bahwa tantangan adalah kesempatan. Hidup tidak pernah berjalan semulus yang Anda inginkan. Akan selalu ada tantangan dan kesulitan yang menghadang Anda. Akan tetapi, jangan melarikan diri dan bersembunyi darinya. Anda mungkin memang belum pernah berada di situasi sesulit ini sebelumnya, tapi bukan berarti Anda tidak mampu dan tidak bisa melewatinya dengan baik.

Jangan biarkan ketakutan merasuki diri dan pikiran Anda sehingga membuat Anda justru putus asa dan terus mengeluh. Sadarilah bahwa kesempatan terkadang datang di balik sebuah tantangan. Oleh karena itu, selalu buka tangan Anda untuk menerima segala tantangan untuk membuka berbagai kesempatan baru yang datang pada Anda.

 3. Saya dicintai

Jangan biarkan diri di selimuti oleh perasaan nelangsa hanya karena segelintir orang yang bersikap buruk pada Anda. Tidak semua orang di lingkungan Anda baik dan memberikan perhatiannya pada Anda. Namun bukan berarti Anda tidak layak untuk dicintai. Tetaplah bersikap baik pada setiap orang yang Anda temui dan katakan pada diri bahwa Anda di cintai dan layak untuk terus di cintai.

4. Semua orang juga di cintai dan mampu melakukan segala hal

Saat Anda tersakiti dan di kesalkan oleh orang-orang di sekeliling Anda, katakan pada diri bahwa orang-orang tersebut juga pada dasarnya di cintai dan mampu berubah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa memilih orang-orang seperti apa yang Anda inginkan ada dalam hidup Anda sampai seterusnya.

5. Manusia tak luput dari kesalahan

Manusia tak luput dari kesalahan dan kesalahan bukan alasan untuk menyerah. Kesalahan dan kegagalan merupakan ajang untuk belajar dan mengasah kegigihan Anda. Jangan malu untuk mengakui kesalahan dan memperbaikinya.

Kesalahan bukan tanda kelemahan, tetapi justru menjadi kekuatan saat Anda mencoba bangkit dan terus memperbaikinya. Oleh karena itu, terus ujarkan kata-kata semangat untuk diri sendiri bahwa manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan dan kesalahan bukanlah akhir dari perjuangan.

6. Saya memiliki apa yang di perlukan untuk mengatasi dan membuat perubahan

Zaman terus bekembang dan perubahan merupakan hal yang pasti dalam kehidupan. Anda cukup memiliki bekal untuk terus percaya bahwa Anda mampu mengatasi perubahan tersebut dengan menyesuaikan dan menghadapi perubahan tersebut

Jangan memberikan pesan negatif pada diri dengan mengatakan Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Percaya dalam hati bahwa Anda bisa menemukan solusi untuk segala perubahan yang terjadi.

7. Saya bisa sukses dan sukses perlu di usahakan

Sukses berasal usaha yang terus menerus di lakukan tanpa kenal menyerah. Kalimat penyemangat diri yang positif perlu terus menerus di ucapkan pada diri untuk tidak mudah menyerah dalam mencapai kesuksesan yang di harapkan. Misalkan Anda berharap mendapat kesuksesan dalam ujian, maka belajarlah kuncinya. Kalimat positif yang di ucapkan secara berulang akan menambah rasa kepercayaan diri dan optimisme dalam diri.

Kata-kata semangat positif yang di ucapkan terus menerus setiap harinya akan membuat otak untuk percaya pada apa yang Anda katakan. Lama kelamaan otak akan meciptakan kenyataan ini untuk Anda. Luangkan waktu setiap harinya untuk mengulangi semua ucapan positif pada diri untuk mengubah pemikiran buruk yang biasa Anda ciptakan menjadi pemikiran positif untuk membantu mewujudkan segala keinginan Anda. Kalimat Positif untuk Menyemangati Diri Sendiri Saat Sedang Bad Mood. GESITPOKERLOUNGE