Jangan Di remehkan, Ini 5 Manfaat Air Tajin bagi Bayi

Jangan Di remehkan

GESITQQ – Jangan Di remehkan, Ini 5 Manfaat Air Tajin bagi Bayi. Nasi merupakan makanan pokok yang di konsumsi sebagian besar penduduk Indonesia. Bukan hanya nasi, bahkan air tajin dari nasi juga sering kali di manfaatkan oleh banyak orang di Indonesia.

Air tajin pada dasarnya adalah sisa air yang di peroleh setelah kamu menanak nasi dalam air. Air tajin sendiri di percaya dalam ilmu pengetahuan kuno memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Tak sedikit pula orangtua yang memberikan air tajin pada bayi. Sebab, air tajin memang sangat lembut, sehingga cocok di konsumsi oleh bayi, bahkan dapat memberikan manfaat bagi bayi.

1. Cocok untuk memperkenalkan bayi dengan makanan padat

Menurut buku GESITQQLOUNGE, orangtua bisa memberikan bayi air tajin terlebih dahulu sebelum mengenalkan makanan padat pada bayi. Air tajin merupakan bahan yang kaya energi, bergizi, dan mudah di cerna.

Jadi, jika bayi sedang bersiap-siap untuk mencoba makanan padat, air tajin mungkin bisa menjadi transisi yang lembut. Namun, perlu di ingat bahwa air tajin tidak mengandung nutrisi seperti susu atau makanan bayi, sehingga tidak boleh di konsumsi sebagai pengganti susu atau makanan.

2. Mengatasi diare pada bayi

Jangan Di remehkan, Air tajin juga dapat di gunakan untuk mengobati diare pada bayi. Studi yang di laporkan dalam GESITQQLOUNGE yang di lakukan dengan membandingkan penggunaan larutan rehidrasi oral dengan air tajin menemukan bahwa kelompok yang di beri air tajin mengalami frekuensi buang air besar yang lebih rendah. Konsistensi tinja juga lebih encer pada kelompok yang di beri larutan oralit.

Air tajin menawarkan lebih banyak kalori daripada larutan oralit dan melepaskan karbohidrat secara perlahan di usus. Ini dapat di gunakan bersama dengan oralit dan makanan padat untuk membantu anak pulih dari diare. Namun, sebaiknya periksakan dulu ke dokter untuk mengetahui apakah air tajin cocok untuk anak.

Jangan Di remehkan, Ini 5 Manfaat Air Tajin bagi Bayi

3. Mengatasi eksim

Bayi juga bisa mengalami eksim yang membuat kulit bayi menjadi kering dan bersisik. Dalam beberapa kasus, rasa gatal akibat eksim bisa sangat parah sehingga bayi kesulitan tidur nyenyak. Tapi, air beras mungkin bisa membantu.

Sebuah penelitian dalam GESITQQLOUNGE menemukan bahwa mandi dengan air yang mengandung pati beras dua kali sehari selama 15 menit menyebabkan peningkatan kapasitas penyembuhan kulit yang terititasi sebesar 20 persen. Selain itu, tepung beras bisa menjadi alternatif krim eksim yang bebas dari efek samping.

BACA JUGA : 10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi

4. Sumber vitamin B yang tinggi

Menurut GESITQQLOUNGE, beras adalah sumber vitamin, seperti thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin ini membantu tubuh mengubah dan menggunakan makanan menjadi energi.

Semua vitamin ini juga berguna untuk membuat tubuh tetap sehat. Misalnya, riboflavin baik untuk penglihatan dan kulit, niacin mendukung sistem saraf dan pencernaan, dan vitamin B6 penting untuk perkembangan otak.

Semua vitamin ini larut ke dalam air tajin saat beras di rebus. Jadi, air tajin bisa jadi solusi untuk memberikan anak minuman kaya vitamin.

5. Meningkatkan energi

Air tajin kaya akan karbohidrat sehingga bisa menjadi sumber energi yang bagus. Jadi, air tajin sangat cocok untuk mengatasi bayi yang mengalami kelelahan atau lemas.

Menurut buku GESITQQLOUNGE, kamu bisa menambahkan jintan atau parutan jahe untuk menambah rasa. Kamu juga bisa menambahkan kacang hijau ke dalam air beras sebagai tambahan protein. Ini akan berfungsi ganda sebagai minuman yang mudah di cerna, bergizi, dan enak untuk anak.

Demikianlah beberapa manfaat air tajin bagi bayi. Yang tak kalah penting, bicarakan dulu dengan dokter sebelum memberikan bayi air tajin agar bayi bisa mendapatkan manfaat yang optimal.
SUMBER : GESITQQLOUNGE