Jambu Air Manis dan Bermanfaat untuk Kesehatan

BERITAGESIT.COM-Jambu Air Manis dan Bermanfaat untuk Kesehatan. Ada banyak buah-buahan yang dapat di jadikan sebagai sumber vitamin C bagi tubuh, salah satunya adalah jambu air. Jambu air mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Sehingga, manfaat jambu air untuk kesehatan sangat banyak.

Jambu air adalah tanaman yang mudah di jumpai di pekarangan rumah dan mudah di rawat. Di Indonesia, terdapat dua jenis jambu air yang banyak di tanam, yakni Syzygium quaeum (jambu air kecil) dan Syzygium samarangense (jambu air besar). Secara komersial, jambu air yang paling banyak di minati adalah varietas Cincalo dan Semarang yang keduanya memiliki varian jambu air berwarna merah dan putih. Sedangkan jenis jambu air lainnya yang bisa di jumpai di Tanah Air adalah jambu air Madura, Lilin (super manis), Camplong (Bangkalan), Kancing, Mawar (jambu Keraton), Lonceng (super lebat), dan Manalagi (tanpa biji).

Jambu Air Manis dan Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Menstabilkan gula darah

Manfaat ini bisa Anda rasakan ketika makan buah jambu air atau bagian daunnya. Ekstrak jambu air memiliki khasiat sebagai antidiabetes karena dapat merangsang tubuh untuk lebih banyak menyerap glukosa dan sekresi adiponektin sehingga kandungan gula dalam darah tidak meroket.

2. Antibakteri

Kandungan flavonoid, fenolik, dan tanin pada jambu air di percaya dapat menghambat pertumbuhan enam bakteri sekaligus, yakni Bacillus cereus, Shigella dysenteriae, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Vibrio cholerae, dan Salmonella thypi.

3. Melindungi kulit

Kandungan myricetin selain itu senyawa fenolat pada jambu air dapat melindungi keratinosit pada kulit terhadap paparan sinar UVB.

4. Meredakan demam

Manfaat makan jambu air, termasuk air rebusan daunnya, di percaya dapat menurunkan demam.

5. Menyembuhkan diare

Manfaat jambu air yang sudah di percaya secara turun-temurun adalah dapat menyembuhkan diare dan disentri. Selain itu, jambu air juga bisa bersifat diuretik alias dapat mengeluarkan kelebihan garam dan air di dalam tubuh lewat buang air kecil.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Jambu air kaya akan vitamin C, antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dan flavonoid di dalamnya dapat mencegah berbagai penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung, kanker, hingga radang sendi.

7. Menurunkan risiko penyakit stroke

Kandungan jambu air yang tinggi vitamin C, natrium, dan rendah kadar  kolesterol bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit stroke.POKER ONLINE