Inilah 9 Manfaat Olahraga Pagi Bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

Inilah 9 Manfaat Olahraga GESITPOKER Lounge –  Olahraga di pagi hari menjadi sesuatu hal yang berat jika belum terbiasa. Olahraga pagi menjadi sebuah ketakutan tersendiri. Beberapa orang memilih tidur di waktu pagi.

Jangan malah untuk berolahraga pagi, sebab olahraga pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

Olahraga pagi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik. Maka dari itu mulai sekarang jangan tunda dan sia-siakan waktu pagimu untuk bermalasan.

Terhindar Dari Matahari yang Terlalu Panas

Jika kamu berolahraga terlalu siang, kamu akan mendapatkan sinar matahari yang terlalu panas dan menyengat. Sinar matahari yang terlalu panas akan berdampak buruk pada kesehatan kulit kamu.

Nah, jika kamu berolahraga pagi, sinar matahari masih belum terlalu menyengat, justru malah hangat dan membuatmu bersemangat. Apalagi buat kamu yang gemar berolahraga di luar rumah seperti jogging atau bersepeda. Tentu saja sinar matahari pagi tidak akan terlalu menguras tenagamu.

Terhindar Dari Distraksi

Saat pagi, kemungkinan kamu masih belum terganggu dengan rutinitas atau pekerjaanmu. Sehingga sangat memungkinkan waktu pagi kamu belum ada kesibukan lain yang menjadi distraksi.

Meningkatkan Kewaspadaan

Hormone kortisol dengan jumlah ideal akan meningkatkan kewaspadaan diri kamu.

Kewasapadaan yang meningkat, akan membuat pikiran kamu lebih fokus dalam olahraga pagi. Sehingga kamu akan lebih semangat untuk konsisten menjaga rutinitas olahraga pagi.

Memberikan Energi untuk Aktivitas Seharian

Manfaat olahraga pagi secara teratur akan sangat baik karena bisa memberikan energi kepada tubuh untuk beraktivitas seharian penuh. Di saat kamu berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir menuju paru-paru.

Kondisi ini akan menyehatkan sistem kardiovaskular, ketahanan dan stamina tubuh. Maka dari itu, biasakan untuk olahraga pagi karena sangat ampuh untuk memberikan energi cukup dalam menjalani aktivitas seharian.

Suasana Hati Lebih Baik

Manfaat olahraga pagi selanjutnya adalah akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik. Tak heran jika orang dengan gangguan mental stress akan melampiaskan perasaannya dengan berolahraga.

Olahraga pagi akan meningkatkan suasana hati kamu selama seharian penuh. Olahraga pagi juga akan memberikan perasaan bahwa kamu telah meraih satu pencapaian dalam harimu.

Membakar Lemak Berlebih

Hasilnya, olahraga pagi terbukti lebih ampuh membakar lemak daripada olahraga pada siang maupun malam harinya. Sehingga, jika kamu benar-benar ingin menurunkan berat badan secara sehat, lebih baik lakukanlah olahraga rutin di pagi hari.

Mengontrol Nafsu Makan

Manfaat olahraga pagi selanjutnya adalah dapat mengontrol nafsu makan. Olahraga memang dapat mengurangi kadar hormon lapar ghrelin. Akan tetapi, ternyata olahraga pagi terbukti lebih ampuh dalam mengontrol nafsu makan, sehingga membuat kamu tidak sering lapar.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat olahraga pagi yang lainnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Olahraga pagi ini dipercaya sebagai aktivitas fisik paling ampuh dalam mengontrol tekanan darah. Penelitian membuktikan, sekitar 20 orang dewasa diminta untuk melakukan treadmill pada jam 7 pagi, 1 siang, dan 7 malam. Alhasil, tekanan darah dikontrol lebih baik dengan olahraga pagi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Berdasarkan penelitian, partisipan yang melakukan olahraga pagi mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan berkualitas di malam harinya. Mereka merasakan tidur lebih nyenyak dan tiak sering terbangun pada tengah malam.

Jika Konsisten, Inilah Manfaat Olahraga Pagi

Akan banyak manfaat yang kamu dapatkan apabila kamu melakukan olahraga pagi secara rutin dan konsisten setiap harinya.

Sudah tahu kan bagaimana hebatnya manfaat olahraga pagi bagi kesehatan tubuh. Nah smulai sekarang, taka da lagi alasan untuk menunda olahraga pagi. Bahkan kalo bisa, buatlah jadwal olahraga rutin, walau mungkin sebentar saja. Karena kamu akan merasakan dampak kesehatan berjangka panjang