Inilah 9 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa

Inilah 9 Manfaat Ikan Gabus GESITPOKER Lounge – visual, ikan gabus memang terlihat seperti ikan lele, ia merupakan sejenis ikan karnivora yang hidup di air tawar. Ikan gabus sendiri memiliki berbagai macam nama atau sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia, ada yang menyebut kabos, bogo, bocek, licingan, bayong kocolan dan sebagainya. Ikan gabus merupakan ikan konsumsi yang dapat kita temukan di pasar, penjual ikan keliling ataupun supermarket.

Sama halnya dengan jenis ikan lainnya, ikan gabus mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki kandungan zat pembangun dan dapat menjadi obat penyembuh luka. Kadar protein yang ada pada ikan gabus dapat mengalahkan jumlah protein dari ikan sarden, ikan mas, dan ikan bandeng. Ada lagi banyak manfaat ikan gabus yang wajib kamu ketahui. Oleh sebab itulah, simak informasinya di bawah ini.

1. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Inilah 9 Manfaat Ikan Gabus Ikan gabus memiliki kandungan albumin dan tinggi protein. Kedua senyawa ini sangatlah diperlukan untuk membantu proses penyembuhan luka dan . Tak jarang pula dokter memberikan saran pada pasiennya untuk mengkonsumsi ikan gabus setelah kecelakaan dan dalam masa penyembuhan. Untuk memaksimalkan manfaat dari ikan gabus, kamu dapat merebusnya saja, sehingga zat yang ada di dalam ikan gabus tidak rusak ataupun berkurang.

2. Mencegah Dehidrasi

Kandungan zat albumin yang terdapat pada ikan gabus berguna mengikat cairan dalam tubuh kita. Selain itu, baik juga untuk menjaga kelembapan kulit kita agar tetap segar dan jauh dari penuaan dini. Pada kondisi yang normal, jumlah zat albumin yang ada pada tubuh kita mencapai 60 persen. Apabila cairan tersebut tidak seimbang ataupun kurang, sudah pasti protein akan terpecah. Zat albumin inilah yang nantinya akan berperan penting dalam mengatasi masalah ini sehingga dehidrasi tidak akan menyerang kita.

3. Mengandung Nutrisi Lengkap yang Baik untuk Tubuh

Data yang telah dikeluarkan melalui penelitian yang sudah dilakukan dengan objek utama satu ikan gabus segar mengandung 69 gram air, 62 mg kalsium, 25,2 gram protein, 176 mg fosfor, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan vitamin B1. Jumlah kandungan nutrisi tersebut lebih banyak apabila dibandingkan dengan nutrisi yang terkandung pada ikan air tawar jenis lain. Ikan ini sangat cocok untuk dikonsumsi anak-anak karena dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otak si buah hati.

4. Menyehatkan Usus dan Saluran Cerna

pencernaan yang sehat

Struktur daging dari ikan yang satu ini sangatlah lembuh dan pastinya mudah untuk dicerna. Hal ini dikarenakan jumlah kolagen yang lebih sedikit dibandingkan zat protein yang ada di dalam daging ikan gabus, sehingga sangat aman untuk saluran dan organ cerna lainnya.

5. Meningkatkan Berat Badan

Satu-satunya cara menggemukkan badan adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan. Banyak makan-makanan yang kaya akan protein hewani sangat bagus dalam rangka meningkatkan berat badan. Kombinasi karbohidrat dan protein dapat memicu pertumbuhan sel. Namun hati-hatilah terhadap lemak alias kolestrol jahat. Nah, ikan Gabus memiliki khasiat meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.

6. Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh

Inilah 9 Manfaat Ikan Gabus Daya tahan tubuh atau imun seseorang bisa tercapai bila ia memperhatikan pola makan dan pasokan nutrisi dalam tubuh. Salah satu vitamin yang sangat berguna untuk imun yaitu Vitamin B1. Ternyata vitamin B1 juga terkandung di dalam manfaat ikan gabus lho.

7. Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

Apabila kamu ingin merawat sekaligus menjaga kesehatan mata, banyak-banyaklah konsumsi vitamin A. Dan ternyata ikan Gabus juga bermanfaat untuk memasok vitamin A ke dalam tubuh. Di dalam 100 gram daging ikan gabus, terdapat 150 mg Vitamin A. Tentu saja ini amat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata kamu lho. Jadi, ikan gabus dapat menjadi salah satu alternatif solutif yang bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan mata, karena mata merupakan aset terpenting yang dianugerahkan Sang Pencipta untuk kita. Lebih baik mencegah daripada nanti susah sendiri lho.

8. Menjadi Sumber Protein yang Sangat Baik untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Bagi ibu hamil sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan mereka. Apa saja makan yang berprotein tersebut? Contoh makanan yang mengandung protein hewani seperti hati ayam, ikan, telur dll. Dari sekian banyak ikan air tawar, ikan gabus mempunyai banyak manfaat dan khasiat karena protein yang terkandung di dalam ikan gabus sangatlah tinggi

9. Terapi Diabetes

Ikan gabus bisa menjadi salah satu solusi baik untuk dikonsumsi karena memiliki kadar gula yang rendah. Selain itu, ikan gabus juga dapat menjadi makanan pengganti nasi karena dapat memenuhi kalori tubuh dan asupan karbohidrat lainnya.