Ini Manfaat Hebat Labu bagi Kesehatan

Ini Manfaat Hebat

GESITQQ – Ini Manfaat Hebat Labu bagi Kesehatan. Labu adalah buah berdaging tebal dengan rasa yang sedap. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyantap labu, mulai dari diolah menjadi dessert yang manis, sup, salad, dan bahkan sebagai pengganti mentega dalam adonan kue.

Tapi selain lezat dan serbaguna, ternyata labu juga kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mempertajam penglihatan

Dilansir dari laman GESITQQ LOUNGE, warna oranye labu yang cemerlang berasal dari pasokan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan membantu retina menyerap dan memproses cahaya.

Secangkir labu mengandung lebih dari 200 persen asupan harian vitamin A yang direkomendasikan untuk kebanyakan individu, sehingga labu menjadi pilihan yang luar biasa untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, labu mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang membantu mencegah katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

2. Mengatur tekanan darah

Makan labu baik untuk jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitamin C dalam labu semuanya mendukung kesehatan jantung. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Metabolism Cardiovascular Diseases yang dilakukan terhadap 2.722 peserta menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup kalium hampir sama pentingnya dengan penurunan natrium dalam pengobatan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Biasanya, mengurangi asupan natrium melibatkan makan makanan yang mengandung sedikit atau tanpa garam. Menurut GESITQQ LOUNGE, mengonsumsi lebih banyak kalium juga dapat mengurangi risiko jenis penyakit kardiovaskular lainnya.

Ini Manfaat Hebat Labu bagi Kesehatan

3. Menurunkan risiko kanker

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa labu merupakan sumber beta-karoten yang kaya. Sebuah studi dalam jurnal Molecular Cancer Research menunjukkan adanya hubungan positif antara diet kaya beta karoten dan penekanan tumor pada kanker prostat.

Hasil studi cross-sectional dalam International Journal of Clinical Oncology juga menunjukkan bahwa beta karoten memperlambat perkembangan kanker usus besar pada populasi Jepang.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Labu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya, tingginya beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Dilansir dari laman GESITQQ LOUNGE, beberapa studi telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan dan membantu melawan infeksi. Sebaliknya, orang dengan kekurangan vitamin A dapat memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.

Selain itu, labu juga tinggi vitamin C, yang telah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih efektif dan membuat luka lebih cepat sembuh. Selain sumber vitamin A dan C, labu juga merupakan sumber vitamin E, zat besi dan folat yang baik, yang semuanya telah terbukti membantu sistem kekebalan tubuh juga.

BACA JUGA : 5 Alasan Tak Perlu Tabu Bicarakan Kepuasan Bercinta

5. Bagus untuk penurunan berat badan

Labu dianggap sebagai makanan padat nutrisi. Meskipun begitu, labu juga sangat rendah kalori. Menurut GESITQQ, labu memiliki kurang dari 50 kalori per cangkir atau sekitar 245 gram, dan terdiri dari sekitar 94% air.

Sederhananya, labu adalah makanan yang bagus untuk penurunan berat badan karena kamu dapat mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, tanpa perlu khawatir penambahan kalori yang berlebihan. Terlebih lagi, labu adalah sumber serat yang baik, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Demikianlah manfaat labu untuk kesehatan. Selain kaya manfaat, labu juga sangat serbaguna dan bisa dijadikan hidangan manis maupun gurih. Jadi, yuk makan lebih banyak labu.