Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu

Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu

Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu – GESITQQ – Tahukah kamu? Kualitas udara yang kamu hirup dapat memengaruhi kesehatan. Polusi udara yang bersumber dari kendaraan bermotor atau asap pabrik mungkin saja bisa memicu sejumlah penyakit yang dapat mengancam kesehatanmu di masa depan.

Lantas, apa saja dampak negatif polusi udara bagi tubuhmu? Daripada makin penasaran, langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini. Yuk, simak!

Meningkatkan risiko demensia

Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu

Demensia adalah sindrom yang berhubungan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, kemampuan berpikir, dan kecerdasan mental. Sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal BMJ Open menyebutkan bahwa polusi udara dapat meningkatkan risiko demensia dan diabetes.

Laporan dalam jurnal tersebut juga menyebutkan bahwa demensia menjadi penyebab kematian nomor satu di Inggris serta menduduki urutan kelima di dunia.

Memicu penyakit jantung dan stroke

Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu

Para ilmuwan juga menghubungkan polusi udara dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Gangguan fungsi jantung di sebabkan oleh beberapa zat berbahaya, seperti partikulat, nitrogen dioksida, dan ozon yang tersebar di udara, sehingga dapat terhirup oleh siapa saja.

Sebuah penelitian di Eropa menyebutkan bahwa angka kematian akibat penyakit jantung mengalami kenaikan 0,4 persen setiap terjadi peningkatan ozon di udara sebesar 10 mikrogram per meter kubik.

Mengganggu perkembangan janin

Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmuai

Riset yang di publikasikan dalam Jurnal Epidemiologi Amerika Serikat menyebutkan bahwa tingkat polusi udara yang tinggi dari asap kendaraan bermotor dapat mengganggu perkembangan janin pada awal masa kehamilan. Terhambatnya pertumbuhan janin dapat menyebabkan rendahnya berat badan bayi ketika lahir. Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu

Memengaruhi sistem pernapasan dan kerja paru-paru

Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Tubuhmu

Polusi udara seperti asap kendaraan atau pembakaran di dalam ruangan dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan akut, bahkan dapat menyebabkan kematian bagi anak-anak.

Zat partikulat yang terdiri dari nitrat, sulfat, natrium klorida, amonia, mineral, debu, air, dan karbon hitam pada udara yang kotor menjadi penyebab terganggunya sistem pernapasan dan kerja paru-paru.

Menurunkan pasokan oksigen ke jantung

Zat karbon monoksida yang terdapat pada udara kotor dapat menghalangi penyerapan oksigen dalam darah. Penurunan pasokan oksigen ini biasanya terjadi pada penderita penyakit jantung. Kekurangan oksigen ini juga dapat memengaruhi perkembangan janin pada ibu hamil yang menyebabkan risiko kelahiran prematur hingga keguguran.

Paparan polusi udara memang berbahaya. Namun, kamu bisa membantu menguranginya dengan meminimalkan pemakaian kendaraan bermotor. Sebagai gantinya, kamu dapat berjalan kaki atau menaiki kendaraan umum.

Baca juga : 5 Tanda Mulai Stres di Usia Muda