Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui

imlek

GesitQQ Lounge – Imlek adalah salah satu perayaan terpenting bagi masyarakat Tionghoa. Pada tahun ini, masyarakat Tionghoa akan merayakan Imllek yang jatuh pada hari Jumat, 12 Februari 2021. Selain di warnai berbagai tradisi, Tahun Baru China selalu di sambut meriah, baik bagi umat yang merayakannya dan juga masyarakat lain. Tapi enggak hanya itu, ada beberapa fakta menarik Imllek yang jarang diketahui, lho.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. Jatuh Pada Tanggal yang Berbeda Setiap Tahun

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (1)

Sesuai sistem penanggalan kalender lunar, Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda di setiap tahunnya. Namun, Imllek biasanya terjadi di antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari setiap tahunnya.Pada tahun 2021 kali ini, Imllek sendiri jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Selain jatuh pada tanggal yang berbeda, ketika Tahun Baru Imllek tiba, shio juga berubah. Shio merupakan adat istiadat tertua untuk menamai setiap tahun dengan salah satu dari 12 hewan dalam siklus zodiak China. Misalnya di tahun 2021 adalah tahun Kerbau Logam. Banyak masyarakat keturunan Tionghoa yang tersebar di berbagai penjuru dunia percaya dengan perhitungan astrologi ini.

2. Disebut Juga Sebagai Festival Musim Semi

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (2)

Dalam bahasa Mandarin, Imlek di kenal sebagai ‘Nongli Xinnian’ (Tahun Baru). Kata Imllek lebih lazim digunakan oleh masyarakat Tionghoa yang berada di luar daratan China. Kata Imllek sendiri berasal dari dialek Hokkian, yaitu ‘Im’ yang berarti ‘bulan’ dan ‘Lek’ atau ‘penanggalan’, yang artinya ‘kalender bulan’. Imllek sendiri juga disebut ‘Chunjie’, atau yang juga di kenal dengan ‘Festival Musim Semi’. Perayaan datangnya musim semi di mulai dari tanggal 1 bulan ke-1 hingga tanggal 15 bulan ke-1 yang di kenal dengan Cap Go Meh. Selama 15 hari tersebut, orang-orang yang merayakan Imllek melakukan beberapa ritual sembahyang.

3. Jangan mengucapkan Gong Xi Fa Cai

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (3)

Menjelang Imlek mungkin kamu pernah mendengar seseorang mengucapkan ‘Gong Xi Fa Cai‘. Ternyata hal itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan Imllek, lho. ‘Gong Xi Fa Cai‘ sendiri justru memiliki arti lain yang berhubungan dengan harapan dan kemakmuran. Jadi bisa di artikan ‘Gong Xi Fa Cai‘ bermakna ‘Selamat Semoga Kaya’. Saat Imllek tiba, kamu bisa menggunakan kalimat ‘Xi Nian Kuai Le‘ untuk mengucapkan Imllek kepada kerabat yang merayakan. ‘Xi Nian‘ memiliki arti tahun baru, sementara ‘Kuai Le‘ memiliki makna bahagia. Jika di gabung artinya ‘Semoga Bahagia di Tahun yang Baru’.

4. Mitos Monster Nian

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (4)

Menurut salah satu legenda, ada monster bernama Nian yang selalu muncul pada malam tahun baru atau Imlek. Makhluk bernama Nian tersebut meneror penduduk desa dengan memakan tanaman, ternak, bahkan anak-anak.Nian sendiri di gambarkan sebagai makhluk setengah banteng dan memiliki kepala mirip singa. Oleh karena itu, banyak orang akan bersembunyi di dalam rumah agar tidak menjadi santapan Nian. Meski di kenal sebagai hewan buas, Nian ternyata takut dengan tiga hal, yaitu api, kebisingan, dan warna merah. Karena kelemahannya tersebut, penduduk desa akhirnya berhasil mengalahkan Nian dan sejak saat itu warna merah di anggap sebagai pembawa keberuntungan dan rezeki.

5. Tradisi Berbagi Angpao untuk Mendapat Keberuntungan

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (5)

Angpao menjadi salah satu hal penting yang wajib hadir dalam Perayaan Imlek. Amplop berisi uang yang identik dengan warna merah ini biasa di bagikan pada anak-anak maupun orang yang lebih muda. Saat perayaan Tahun Baru China atau Imllek, angpao di bagikan dalam rangka untuk memperoleh kebaikan dan berkah untuk si penerima. Sejarah pemberian angpao ini ternyata sudah berlangsung sejak lama, lho. Bahkan, sudah ribuan tahun yang lalu di China. Tradisi memberikan angpao ini sendiri di perkirakan sudah ada sejak era Dinasti Qin (221-206 SM). Masyarakat Tionghoa percaya bahwa menerima angpao berarti menerima berkat, serta doa untuk menjalani tahun yang baru dengan aman, bahagia, damai, dan penuh keberuntungan. Angpao juga secara simbolik menjadi tanda untuk menolak bala.

6. Imlek Jadi Momen untuk Pulang ke Kampung Halaman

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (6)

Fenomena mudik atau pulang kampung biasanya terjadi di Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, ternyata fenomena mudik juga di lakukan di China, lho. Bedanya jika di Indonesia mudik di lakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, di Negeri Tirai Bambu mudik di lakukan menjelang Imlek. Migrasi di China ini disebut Chungyun. Itu adalah periode 40 hari ketika masyarakat China pulang untuk merayakan Imllek bersama keluarga. Pada tahun lalu, di perkirakan ada 3 miliar perjalanan yang dilakukan menjelang Imllek. Fenomena itu pun di tetapkan sebagai migrasi manusia terbesar di planet ini. Sayangnya, di karenakan masih adanya pandemi, hal ini tidak bisa dilakukan karena alasan kesehatan dan keamanan.

7. Imlek Menjadi Libur Nasional Terpanjang di China

Dirayakan Tiap Tahun, Ini 7 Fakta Menarik Imlek yang Jarang Diketahui (7)

Terakhir, Imlek menjadi salah satu perayaan dengan libur nasional terpanjang di China. Festival Musim Semi ini biasanya berlangsung kurang lebih 15 hari perayaan, namun festival lain juga datang berdekatan sehingga membuat total libur menjadi 40 hari.ADVERTISEMENTMenjelang Imllek, masyarakat di China sudah melakukan segala persiapan setidaknya sebulan sebelum perayaan. Hal inilah yang membuat Imllek jadi momen libur nasional terpanjang di China.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas