Hal yang Bikin Anak Lemas saat Belajar Puasa

gesitQQLOUNGE – Apakah anak Anda sedang belajar puasa untuk pertama kalinya di Ramadhan tahun ini. Ini lah hal-hal yang bikin anak anda lemas saat menjalankan puasa

Moms? Bila ya, maka Anda perlu memerhatikan kondisi si kecil. Pasalnya, anak bisa saja merasa lemas dan lapar saat menjalankan ibadah puasa.

etika menghadapi kondisi seperti ini, tak sedikit orang tua yang merasa khawatir. Bahkan, mereka biasanya akan meminta anaknya langsung untuk membatalkan puasa, lantaran cemas hal tersebut bisa mengganggu kesehatan si kecil.Tapi sebenarnya, hal-hal apa saja, sih, yang dapat membuat anak lemas saat belajar puasa? Nah lebih lanjutnya, Pakar Nutrisi Indonesia, Dr. dr. Tan Shot Yen akan menjelaskan beberapa hal yang bisa saja membuat anak lemas saat belajar puasa.

Berbagai Hal yang Bikin Anak Lemas saat Belajar Puasa

Kurang Asupan Kalori

4 Hal yang Bikin Anak Lemas saat Belajar Puasa (11)

Untuk itu, penting sekali mencukupi kebutuhan kaloris si kecil. Kebutuhan kalori anak sendiri tergantung dari berat badan, tinggi badan, usia dan faktor lainnya.

Orang puasa kan enggak makan, enggak minum. Otomatis kebutuhan sehari-hari dari soal kalori hingga cairan akan kekurangan. Orang dewasa saja bisa lemas, apalagi anak-anak,” kata dr. Tan kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.

Kurangnya Asupan Cairan

4 Hal yang Bikin Anak Lemas saat Belajar Puasa (12)

Kebutuhan cairan tubuh sangat diperlukan saat anak tengah berpuasa Dr. Tan mengatakan, kebutuhan cairan tiap anak pun bisa berbeda-beda tergantung dengan berat badannya.

Selain itu, kondisi cuaca juga turut memengaruhi kebutuhan cairan pada si kecil.

dr. Tan kembali menjelaskan, kebutuhan cairan tiap anak pun bisa berbeda-beda tergantung dengan berat badannya.

Selain itu, kondisi cuaca juga turut memengaruhi kebutuhan cairan pada si kecil.

Dr. Tan

kembali menjelaskan, anak-anak antara usia 4-8 tahun baik laki-laki atau perempuan, sedikitnya harus minum 5 gelas air per harinya. Sedangkan, bila anak perempuan di rentang usia 9-13 tahun membutuhkan sedikitnya 7 gelas air per harinya dan 8 gelas untuk anak laki-laki.”Secara teoritis ini patokannya. Tapi, bisa berubah tergantung berat badan anak dan kondisi cuaca. Jika udara panas terik, kehilangan cairan makin banyak tentu kebutuhan minum ikut meningkat,” jelasnya.3. Kurang Tidur

4 Hal yang Bikin Anak Lemas saat Belajar Puasa (13)

Kurangnya waktu tidur berkualitas juga jadi salah satu penyebab anak mudah lemas saat puasa.

Tubuh melakukan banyak hal ketika tidur, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur tingkat metabolisme energinya.

Untuk itu, penting sekali memastikan anak cukup tidur di malam dan siang hari.

Setidaknya, di siang hari anak dapat tidur siang 1 jam agar tubuhnya tak lemas.

“Napping, tidur siang, enggak butuh banyak. Puasa tidak boleh mengurangi jam tidur. Itu prinsipnya. Tapi, juga tak boleh dijadikan alasan buat mengurangi produktivitas. Anak-anak pun perlu belajar itu.”ujar dr.Tan

Konsumsi Makanan Berlebih saat Berbuka Puasa

4 Hal yang Bikin Anak Lemas saat Belajar Puasa (14)

Mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa juga bisa menyebabkan si kecil lemas saat keesokannya berpuasa.

Jadi, sebaiknya ajarkan anak untuk tidak menjadikan waktu berbuka sebagai waktu ‘balas dendam’ dengan mengonsumsi makanan berlebihan, Moms.

“Apalagi kalau makan semua yang di hadapannya dimakan, takjil, es buah, gorengan sehingga kekenyangan. Dia hanya mendongkrak gula tapi bukan memenuhi kebutuhan pangan. Nah itu pola makan yang salah.