Gendongan Bayi yang Unik dari Mancanegara

gesitQQLOUNGE – Ada beragam cara menggendong bayi di dunia. Ini macam-macam nama gendongan bayi di berbagai manca negara.

Juga termasuk kain kain gendongan-nya lho, Tentu saja, hal ini tak lepas dengan budaya dari masing-masing negara tersebut.

Indonesia

Jarik adalah kain yang mempunyai motif batik dengan berbagai corak.

Kira-kira sejak berusia 0 bulan, ibu menggendongnya di bagian depan dengan cara membaringkannya. Saat otot kaki bayi makin kuat, lalu ibu akan menggendong bayinya di samping, di depan atau di punggung ibu, dengan posisi bayi ‘mengangkang’.

Saat ini, memang sudah banyak alat gendong bayi yag lebih instan dan modern, namun bagi sebagian perempuan, mereka tetap lebih nyaman menggendong anaknya menggunakan jarik.

Peru

Orang tua menggunakan manta sebagai alat untuk menggendong anaknya.

Cara menggunakan manta sebagai alat gendongan bayi adalah dengan menalikan kedua ujung di dada dan menempatkan si kecil di punggung.

Jepang

Dulu gendongan onbuhimo warna dan motifnya terbatas, namun kini onbuhimo tampil lebih modern dengan pilihan motif dan warna yang beragam.

Korea

Di Korea, ibu-ibu menggunakan padoegi yaitu kain berbentuk persegi panjang dengan talinya yang juga panjang sebagai alat gendongan.

Posisi bayi di bagian belakang, persis tas ransel tanpa sandaran.

China

Mei tai adalah gendongan yang digunakan oleh orang tua di China. Mei tai adalah selendang berbentuk persegi, dengan tali pada masing-masing sudutnya.

Afrika

Kanga atau katinge adalah sejenis kain katun panjang bermotif, digunakan sebagai alat gendongan di Mozambik, Afrika.