Gejala Asam Urat Sesuai Tingkat Keparahan dari Ringan Sampai Kronis

gesitQQLOUNGE – Yang namanya penjakit jika tidak langsung diatasi akan menyebabkannya bertambah parah. Oleh sebab itu sedini munkin gejala yang muncul harus segera diatasi. Inilah contoh beberapa gejala asam urat

Asam Urat Ringan

Gejala asam urat dimulai dari teringan terlebih dahulu. Saat memasuki gejala ini memang semuanya tidak terasa dan tubuh dirasa baik-baik saja. Padahal darah sudah menunjukkan kadar asam urat tidak normal.

Misalnya saja adalah kadar asam urat yang normal kurang dari 6mg/dL, kemudian penderita asam urat ringan memiliki kadar asam urat 6 mg/dL atau bahkan lebih namun angka lebihnya tidak mencapati 10mg/dL.

Asam Urat Akut

Rasa nyeri akan semakin menjadi-jadi saat pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Rasa nyeri yang bertambah parah, sendi akan timbul bengkak, rasa panas, dan muncul warna kemerahan. Dalam tahap ini asam urat masih belum terlalu mempengaruhi kualitas hidup penderitanya karena masih bisa berjalan meski harus menahan nyeri sendi.

Kronis

Jika semua sendi terdapat kristal tersebut tentunya pergerakan penderitanya sangat terbatas bahkan tidak bisa bergerak sama sekali.

Selain itu kristal yang terlalu lama di sendi akan menimbulkan masalah baru berupa kerusakan sendi terlalu lama di sendi akan menimbulkan masalah baru berupa kerusakan sendi secara permanen, sehingga penderitanya tidak akan bisa bergerak seumur hidup.

Mengubah Gaya Hidup Penting bagi Penderita Asam Urat

Cek kadar asam urat

Bagi penderita asam urat akan mudah baginya untuk mengalami kenaikan kadar asam urat tersebut terlebih lagi juka makannya tidak kontrol. Lakukan pengecekan satu bulan sekali secara rutin.

Jaga berat badan dan pola makan

Hindari makanan yang mengandung zat purin tinggi karena makanan itu akan menyebabkan kadar asam urat menjadi meningkat.

Tidak hanya itu saja usahakan agar berat badan selalu stabil karena penderita asam urat dengan berat badan yang berlebihan akan mudah sekali mengalami kekambuhan.

Olahraga teratur