Fakta Orang Pendiam yang Mengejutkan dan Jarang Diketahui

Fakta Orang Pendiam yang Mengejutkan dan Jarang Diketahui

GESITPOKER Fakta Orang Pendiam yang Mengejutkan dan Jarang Di ketahui. Tak sedikit yang berasumsi bahwa orang pendiam selalu terlihat kikuk dan antisosial. Jika Anda berpendapat serupa, fakta orang pendiam ini akan mengejutkan Anda. Pada dasarnya, kebanyakan orang tidak benar-benar bersifat pendiam (introvert) atau terbuka (extrovert) seluruhnya. Kepribadian seseorang umumnya merupakan gabungan kedua sifat tersebut. Hanya saja, salah satu sifat di antara keduanya dapat lebih dominan dalam kepribadian seseorang. Sehingga, orang tersebut lantas di kenal sebagai orang berkepribadian introvert atau extrovert.

Fakta orang pendiam

Banyak sekali mitos mengenai orang introvert yang nyatanya sama sekali tidak benar. Berikut adalah fakta orang pendiam atau introvert yang mungkin akan mengubah pendapat Anda.

1. Ada beberapa tipe orang pendiam

Orang pendiam tidak bisa di samakan semuanya. Berdasarkan hasil penelitian Jonathan M. Cheek, seorang Profesor Psikologi Kepribadian dari Wellesley College, kepribadian orang pendiam terbagi menjadi empat tipe.

  • Sosial

Pendiam secara sosial adalah karakter umum yang di identikkan dengan fakta orang pendiam yang banyak di kenal. Mereka lebih menyukai kelompok kecil daripada kelompok besar. Mereka juga mungkin merasa lebih senang menyendiri.

  • Berpikir

Pendiam karena pikiran adalah orang pendiam yang introspektif dan bijaksana. Tipe ini gemar melamun dan kaya akan imajinasi serta memiliki kapasitas kreativitas yang tinggi. Berbeda dengan pendiam secara sosial, fakta orang pendiam ini tidak selalu menghindari lingkungan sosial.

  • Cemas

Tipe pendiam ini kerap merasa gelisah dan mawas diri. Mereka juga terlalu pemalu saat bertemu orang baru. Tipe ini juga sering kali mencemaskan hal-hal tentang kemungkinan atau kesalahan apa yang bisa terjadi.

  • Menahan

Fakta orang pendiam dengan tipe ini lebih suka berpikir sebelum berbicara dan bertindak. Tipe ini mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan dan tidak hanya mengikuti dorongan hati saja.

2. Orang pendiam tidak benci bersosialisasi

Orang pendiam kerap di anggap sebagai seseorang yang benci bersosialisasi. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Orang yang pendiam juga bisa mendatangi keramaian dan berkenalan dengan orang baru.Hanya saja, orang pendiam cenderung lebih banyak mengamati dan memerhatikan, ketimbang menjadi pusat perhatian sepanjang waktu. Mereka juga tidak suka berbasa-basi dan kerap berbicara langsung pada tujuan. Namun, ini bukan berarti orang pendiam kasar atau benci bersosialiasi.

3. Orang pendiam senang berteman

Fakta orang pendiam selanjutnya adalah mereka juga senang berteman dengan orang lain. Mungkin orang yang pendiam atau introvert lebih banyak terlihat sendirian.Faktanya, mereka juga senang beraktivitas atau melakukan kegiatan yang mereka sukai bersama teman. Akan tetapi, orang pendiam biasanya lebih nyaman menghabiskan waktu bersama orang-orang yang sudah di kenal atau di percaya olehnya.

4. Pendiam bukanlah gangguan kesehatan mental

Tidak sedikit yang mengaitkan sikap pendiam dengan berbagai kondisi gangguan kesehatan mental. Orang dengan gangguan kesehatan mental mungkin saja memiliki sifat pendiam, tetapi pendiam bukanlah jenis gangguan kesehatan mental. Di sisi lain, tidak sedikit jenis gangguan kesehatan mental di derita orang dengan sifat extrovert. Sehingga, sifat pendiam atau terbuka tidak bisa di jadikan indikasi kondisi kesehatan mental seseorang secara pasti.

5. Orang pendiam bisa populer

Fakta orang pendiam bisa populer mungkin mengejutkan. Pasalnya, orang populer identik dengan orang dengan sifat extrovert. Padahal kenyataannya banyak sekali orang pendiam yang sangat populer.Beberapa orang pendiam yang terkenal di dunia adalah Albert Einstein, Bill Gates, Steven Spielberg, Sir Isaac Newton, Abraham Lincoln, Barrack Obama, JK. Rowling, Warren Buffett, Michael Jordan, Mahatma Gandhi dan Fredric Chopin.Orang pendiam umumnya memiliki pemikiran mendalam. Mereka juga bisa menjadi sangat kreatif saat menghabiskan waktu sendirian. Maka tidak mengherankan jika orang pendiam bisa menghasilkan karya-karya mengagumkan dan membuat nama serta sosoknya di kenal oleh banyak orang.

6. Orang pendiam memiliki kepercayaan diri tinggi

Orang yang lebih banyak diam dan menikmati waktunya sendiri, bukan berarti memiliki kepribadian lemah. Fakta orang pendiam yang harus Anda tahu, mereka umumnya tidak pernah dengan mudah terbawa arus. Orang pendiam dapat memiliki kepercayaan diri tinggi dan berkepribadian kuat.Orang pendiam cenderung memiliki pemikiran dan tujuannya sendiri. Mereka juga kerap menganalisa sesuatu secara mendalam, sebelum ikut-ikutan dengan orang lain. Mereka juga kerap mendedikasikan waktunya untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai, walaupun hal itu bukanlah aktivitas yang di setujui atau di gemari banyak orang. Fakta Orang Pendiam yang Mengejutkan dan Jarang Di ketahui. GESITPOKERLOUNGE