CaraMenjaga HubunganJarak Jauhagar TetapHarmoni

GESITQQ LOUNGE CaraMenjaga HubunganJarak Jauhagar TetapHarmoni Pacaran jarak jauh memang memiliki tantangan tersendiri. Banyak orang yang sepertinya gagal dalam menjalani hubungan ini. Cara menjaga hubungan jarak jauh bisa bisa dilakukan adalah memberikan kepercayaan dan ruang gerak untuk pasangan.

Long Distance Relationship (LDR) membuat Anda dan pasangan tidak bisa menikmati kebersamaan secara maksimal. Belum lagi jika hubungan terasa membosankan atau Anda dan pasangan dilanda rindu yang teramat dalam.

Tapi jangan menyerah dulu, Anda bisa mencoba beberapa tips pacaran LDR agar hubungan jarak jauh tetap utuh dan harmonis. 

Tips menjaga hubungan jarak jauh

Menjalin pacaran jarak jauh bukan hal yang mudah. Perlu strategi khusus agar hubungan LDR yang dijalani tetap awet. Berikut cara agar hubungan LDR langgeng.

1. Memajang foto dengan pasangan

Meski terkesan sepele, memajang foto dengan pasangan ternyata bisa membantu dalam menjaga hubungan romantis jarak jauh Anda. Menurut sebuah penelitian, melihat foto pasangan yang disayangi dapat mengaktifkan hormon dopamin dalam otak.

Hormon dopamin bertanggung jawab dalam menciptakan perasaan senang dan bahagia. Karena itu, tak ada salahnya apabila Anda menaruh foto pasangan di meja kerja atau wallpaper ponsel untuk memelihara perasaan cinta serta menunjukkan komitmen di antara Anda dan pasangan. 

2. Menghargai setiap perbedaan yang ada

Anda dan pasangan pasti memiliki sifat dan kebiasaan yang berbeda. Menjalani hubungan yang berjauhan bisa saja menambah daftar perbedaan di antara Anda berdua. Misalnya perbedaan kesibukan, zona waktu, dan lainnya. 

Salah satu tips LDR yang jitu adalah Anda dan pasangan wajib menghargai setiap perbedaan yang ada, termasuk perihal waktu. Jika ada perbedaan kesibukan dan zona waktu, segera komunikasikan agar tidak terjadi kesalahpahaman. GESITQQ ONLINE

Perbedaan yang dilewati seharusnya dapat menjadi dasar untuk melatih kesabaran. Anda juga bisa menjadikannya sebagai cara untuk saling menguatkan dan langkah pendewasaan dalam memperkuat hubungan. 

3. Membangun kepercayaan

Dalam sebuah hubungan, membangun kepercayaan merupakan hal penting. Pasalnya, menjalani hubungan tentu akan menyulitkan jika tidak ada lagi rasa percaya di antara pasangan. Terlebih bagi pasangan LDR, menumbuhkan rasa percaya akan terasa lebih berat karena Anda dan pasangan tak dapat bertatap muka secara langsung. 

Akibatnya, bukan tidak mungkin akan muncul pikiran-pikiran aneh di benak Anda. Sebagai contoh, Anda bisa saja mencurigai pasangan selingkuh ketika ia tidak kunjung menghubungi Anda. Sebagai solusinya, sampaikan kekhawatiran Anda pada pasangan. Dengan ini, pasangan dapat menenangkan sekaligus lebih memahami keinginan Anda. 

4. Merencanakan waktu untuk berkomunikasi

Pentingnya komunikasi dalam hubungan jarak jauh menjadi hal yang tidak bisa dibantah. Perbedaan jadwal, rutinitas, dan zona waktu termasuk sering menjadi penyebab timbulnya masalah pada hubungan jarak jauh. Jika komunikasi tidak lancar, hal ini dapat memicu konflik. 

Karena itu, selalu jaga agar komunikasi dengan pasangan tetap lancar. Cobalah untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk saling menanyakan kabar, baik melalui telepon atau video call.  Langkah ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui kegiatan pasangan Anda maupun sebaliknya, yaitu memberitahukan rutinitas Anda pada pasangan. 

5. Melakukan kegiatan menarik bersama-sama

Saling menelepon atau bertukar kabar mungkin sudah menjadi rutinitas yang biasa dilakukan oleh para pasangan LDR. Untuk mencegah ancaman rasa bosan, tak ada salahnya untuk melakukan hal baru bersama-sama.

Hubungan jarak jauh bukan berarti Anda tidak bisa memilih kegiatan serupa bersama-sama. Anda bisa memulainya dengan hal-hal sederhana. Misalnya, membaca buku atau menonton film yang sama, lalu mendiskusikannya berdua. 

6. Memberi ruang gerak untuk pasangan

Saat sedang jauh, Anda mungkin ingin terus-menerus menghubungi pasangan agar tahu kabarnya. Namun jangan selalu menuntut komunikasi yang intens.

Sesekali, berikan jeda agar Anda dan pasangan punya waktu untuk diri sendiri alias ‘me time’. Selama jeda ini, Anda dan pasangan memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan teman maupun sahabat, serta fokus pada hobi yang Anda senangi. Dengan begitu, hubungan Anda dan pasangan pun tidak terasa monoton. 

7. Mengatur waktu untuk bertemu

Untuk mengobati rasa rindu, merencanakan sebuah pertemuan tergolong tips LDR yang krusial. Anda dan pasangan bisa mengambil waktu saat libur panjang agar bisa bertemu. 

Pilihlah lokasi yang terjangkau, baik oleh Anda maupun pasangan. Susun rencana mengenai kegiatan apa saja yang dapat dilakukan saat bertemu nanti. Pertemuan dengan pasangan mampu memberikan angin segar dalam hubungan jarak jauh. Dengan ini, Anda dan pasangan akan termotivasi untuk terus berjuang dan mempertahankan hubungan LDR. CaraMenjaga HubunganJarak Jauhagar TetapHarmoni