Cara Menjaga Kesehatan Saat New Normal

Cara Menjaga Kesehatan Saat New Normal

GESITPOKER Cara Menjaga Kesehatan Saat New Normal. Masyarakat boleh secara bertahap melakukan berbagai kegiatan di luar rumah. Tapi tetap saja masih ada orang yang khawatir tertular COVID-19. Dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru, ada baiknya Anda menjaga kesehatan tubuh serta tetap menjaga jarak hingga COVID-19 benar-benar menghilang. Dalam Talkshow Online bertajuk Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga, Dokter dan Entrepreneur Sonia Wibisono memberikan 4 tips dalam menjaga kesehatan saat new normal.

1. Olahraga rutin meski di rumah

COVID-19 menyerang siapa saja. Agar Anda tidak mudah terjangkit, pastikan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah tidak menghilangkan kebiasaan olahraga meski berada di tengah pandemi. Ada baiknya Anda melakukan olahraga minimal tiga kali sepekan dengan durasi 30-60 menit per sesi. Anda pun disarankan melakukan olahraga di rumah untuk meminimalisir bertemu banyak orang.

Anda bisa saja berlari di treadmill, atau angkat beban dengan dumbel. Pilihan lain, Anda pun bisa berlari mengelilingi pekarangan rumah. Tentunya sambil mengenakan pakaian olahraga serta sepatu olahraga yang sesuai untuk menghindari cedera. Selain lari, Anda pun bisa melakukan olahraga senam, yoga atau pilates. Mengikuti berbagai gerakan dari video di YouTube juga bisa menjadi pilihan untuk berkeringat.

Olahraga selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga bisa menjadi penyegaran dan terapi agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja. Anda hanya perlu menyiapkan matras yoga yang sesuai serta pakaian olahraga yang nyaman lalu mengikuti instruktur yoga lewat layar laptop.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Perlu Anda ketahui bahwa 80 persen sel imun ada di saluran pencernaan. Hal tersebut memberi makna bahwa konsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi Anda tercukupi, bisa Anda lakukan dengan memasak makanan sehat sendiri. Makanan yang akan dikonsumsi tentu harus memenuhi gizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kebutuhan serat tercukupi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jika dirasa konsumsi makanan bergizi belum mencukupi kebutuhan gizi Anda, bisa dibantu dengan mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh untuk menunjang aktivitas di luar rumah.

3. Meluangkan waktu untuk me time

Pemberlakuan new normal dapat menuntut Anda untuk kembali menjalankan aktivitas, meski di tengah pandemi yang mungkin bisa membuat stres. Stres akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan ubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Untuk mengurangi stres, Anda bisa mengalokasikan sedikit waktu untuk me time. Me time tidak harus keluar rumah atau pergi ke suatu tempat Anda tetap bisa me time di rumah dengan melakukan hal-hal yang membuat senang. Salah satu caranya dengan menyanyi, menggambar, membaca buku atau menonton televisi serta memasak.

4. Selalu menjaga kebersihan

Tetaplah menjaga kebersihan terutama saat beraktivitas di luar rumah. Sering cuci tangan pakai hang sanitizer berbasis alkohol bisa dilakukan. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Selain itu, jagalah selalu kebersihan tangan Anda saat beraktivitas di luar dengan rajin cuci tangan. Anda pun perlu memperhatikan kebersihan benda-benda di sekitar. Saat pulang ke rumah penting pula untuk segera mandi, keramas serta baju pun dicuci dengan sabun.

Demikian artikel yang kami rangkum tentang Cara Menjaga Kesehatan Saat New Normal. GESITPOKERLOUNGE