Cara Mengatasi Mata Merah yang Di sarankan Secara Medis

Cara Mengatasi Mata Merah yang Disarankan Secara Medis

GESITPOKER Cara Mengatasi Mata Merah yang Di sarankan Secara Medis. Iritasi, reaksi alergi, dan cedera ringan pada mata dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh-pembuluh kecil pada mata Anda dan membuatnya tampak memerah. Mata merah yang muncul tanpa rasa sakit umumnya tidak berbahaya, tapi Anda mungkin merasakan sensasi tidak nyaman saat mengalaminya. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi mata merah yang dapat Anda lakukan, mulai dari memakai obat hingga melakukan cara-cara rumahan yang sederhana.

Cara menghilangkan mata merah dengan obat-obatan

Langkah utama yang bisa Anda ambil sebagai cara mengobati mata merah adalah menggunakan obat-obatan. Namun, Anda tidak bisa memilih sembarang obat untuk kondisi Anda.

Jenis obat yang perlu Anda gunakan akan bergantung pada penyebab mata merah yang Anda alami. Selain itu, beberapa jenis obat harus di gunakan sesuai dengan resep dokter.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang umum di berikan untuk mengatasi mata merah:

1. Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang sering di gunakan untuk mengatasi alergi. Dalam beberapa kasus, mata merah sering kali terjadi akibat reaksi alergi. Maka itu, obat antihistamin dapat di berikan untuk membantu meredakan gejala mata memerah, gatal, serta berair.

Antihistamin bekerja dengan cara menghambat kerja histamin dalam tubuh. Histamin adalah zat kimia yang di hasilkan tubuh ketika terpapar alergen. Histamin inilah yang menimbulkan reaksi alergi seperti mata gatal, merah, dan berair.

Antihistamin tersedia dalam bentuk obat tetes mata dan obat minum. Jenis antihistamin yang sering di berikan untuk alergi pada mata adalah pheniramine, naphazoline, atau olopatadine.

2. Dekongestan

Kebanyakan kondisi mata merah di sebabkan karena pembuluh darah pada sklera (bagian putih mata) melebar. Pelebaran pembuluh darah ini biasanya terjadi sebagai reaksi iritasi pada mata.

Nah, obat tetes mata dekongestan di berikan untuk mengurangi pelebaran pada pembuluh mata. Dengan demikian, kemerahan pada mata dapat berkurang.

Terkadang, obat mata dekongestan bisa di kombinasikan dengan obat antihistamin untuk meredakan mata merah akibat alergi. Tentunya penggunaan kedua obat ini harus di barengi dengan berkonsultasi ke dokter.

3. Air mata buatan

Mata merah terkadang di sebabkan oleh sindrom mata kering, sehingga di sertai juga dengan gejala-gejala seperti gatal dan perih. Untuk mengatasinya, terdapat obat tetes berupa air mata buatan.

Air mata buatan atau artificial tears di tujukan untuk menambah kelembapan mata serta meringankan gejala-gejala mata kering. Obat tetes tersebut mengandung zat yang serupa dengan air mata alami Anda.

Obat tetes air mata buatan bisa Anda dapatkan di apotek tanpa perlu menggunakan resep dokter. Namun, untuk kasus mata kering yang lebih parah, Anda mungkin perlu air mata buatan dalam bentuk salep atau gel dengan tingkat kelembapan yang lebih tinggi.

4. Antibiotik

Obat antibiotik dapat di gunakan jika kondisi mata merah di sebabkan oleh infeksi bakteri, seperti konjungtivitis, keratitis, atau skleritis. Infeksi bakteri dapat terjadi akibat penularan dari orang lain yang terinfeksi, atau menggunakan lensa kontak yang telah terkontaminasi bakteri.

Obat antibiotik untuk mata dapat berupa obat tetes dan salep. Beberapa jenis obat antibiotik yang dapat di gunakan untuk infeksi bakteri pada mata adalah:

  • Azithromycin
  • Besifloxacin
  • Ciprofloxacin
  • Erythromycin
  • Gentamicin

Namun, ingat bahwa pemberian obat antibiotik hanya dapat di lakukan dengan resep dokter. Artinya, Anda tidak bisa membeli obat tetes atau salep mata antibiotik tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Anda juga tidak bisa menggunakan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi atau sakit mata merah yang di sebabkan oleh virus, jamur, atau alergen. Obat mata antibiotik di khususkan hanya untuk infeksi bakteri.

Cara mengatasi mata merah secara alami tanpa obat

Selain dengan obat, Anda juga bisa meredakan kemerahan pada mata dengan cara-cara sederhana di bawah ini:

1. Mengompres mata dengan air atau kantung teh

Kompres dapat meredakan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada mata Anda. Anda hanya perlu membasahi kain katun lembut yang bersih dengan air hangat atau air dingin.

Peras kain tersebut hingga tidak ada lagi air yang menetes. Kemudian, tempelkan pada kelopak mata Anda selama beberapa menit.

Selain air biasa, Anda juga bisa memakai kantung teh untuk mengompres mata Anda. Teh adalah bahan yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mata merah.

Kandungan kafein dan antioksidan dalam teh dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, serta iritasi. Jenis-jenis teh yang bisa Anda coba gunakan adalah teh hijau, teh hitam, dan chamomile.

Caranya pun sangat sederhana. Seduh teh terlebih dahulu, kemudian tiriskan kantung teh dan di amkan hingga dingin. Gunakan kantung teh yang sudah dingin untuk mengompres mata Anda selama beberapa menit. Hindari memakai kantung teh yang masih panas karena justru dapat memperparah kondisi Anda.

2. Menjaga kebersihan mata

Cara berikutnya untuk mengatasi mata merah tanpa obat adalah selalu menjaga kebersihan mata Anda.

Selain partikel kotoran, ada berbagai hal di sekitar Anda yang dapat menjadi penyebab mata merah. Agar mata tidak mengalami iritasi ataupun alergi, pastikan bahwa kebersihan mata Anda selalu terjaga melalui cara berikut:

  • tidak menggunakan riasan mata, atau hanya menggunakan riasan mata yang bersifat hipoalergenik (tidak menimbulkan alergi)
  • selalu mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas
  • mencuci pakaian, handuk, dan sarung bantal secara rutin
  • tidak menyentuh area mata untuk menghindari infeksi
  • mandi dua kali sehari atau setelah melakukan aktivitas di luar rumah, terutama bila mata merah di sebabkan oleh alergi

3. Melindungi mata dari pemicunya

Cara mengatasi mata merah yang paling sederhana adalah dengan menghindari pemicunya. Hindari berbagai benda, tempat, maupun lingkungan sekitar yang dapat memicu iritasi maupun alergi pada mata. Pemicu alergi yang harus di waspadai biasanya adalah asap, debu, dan serbuk sari.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada pemicu lain yang membuat mata Anda menjadi lebih sensitif. Bila Anda menggunakan lensa kontak, maka Anda harus memahami cara memakai, melepas, dan membersihkan lensa kontak yang benar. Jangan menggunakan lensa kontak saat mata masih merah, dan jangan pula menggunakan lensa kontak sekali-pakai secara berulang.

Cara mengatasi mata merah secara alami lebih di sarankan karena risiko efek sampingnya lebih kecil untuk kesehatan mata Anda. Akan tetapi, mata merah yang di sebabkan karena infeksi atau penyakit pada mata biasanya perlu di tangani dengan obat-obatan.

Waspadai gejala lain yang muncul bila mata Anda tampak memerah. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter bila mata Anda terasa gatal dan nyeri, kering dalam waktu lama, mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan, atau penglihatan Anda menjadi kabur.