Cara Menanam Cengkeh yang Benar di Rumah Agar Cepat Panen

Cara Menanam Cengkeh yang Benar di Rumah Agar Cepat Panen

GESIT LOUNGE Cara menanam cengkeh yang benar berpengaruh terhadap cepatnya panen. Cengkeh sebagai tanaman rempah yang sangat berguna sebagai bahan dapur tentunya sangat dibutuhkan dalam memasak. Rempah ini sering kali dijadikan bahan penyedap masakan

Biasanya, bagian yang dimanfaatkan pada tanaman cengkeh adalah bagian kuncupnya. Setelah melalui proses pengeringan, kuncup cengkeh baru dapat dikonsumsi atau digunakan. Kuncup bunga dari tanaman inilah yang disebut sebagai cengkeh.

Cara menanam cengkeh yang benar tidak begitu sulit diterapkan. Sensasinya yang hangat dan pedas cukup digemari oleh kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah dingin. Selain itu, dengan berbagai kandungannya, cengkeh memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut BETGESIT.INFO rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/4/2020) tentang cara menanam

Pembibitan

Cara menanan cengkeh yang pertama adalah proses pembibitan. Kamu bisa memilih menggunakan buah cengkeh yang sudah ada atau membeli langsung benihnya. Jika ingin menggunakan buahnya, pilih buah cengkeh yang sudah tua, dengan warna ungu kehitaman

Pastikan cengkeh yang kamu gunakan merupakan buah yang telah masak di pohonnya. Tahap berikutnya adalah memanfaatkan biji buahnya sebagai benih. Caranya dengan mengupas kulit buah cengkeh dengan hati-hati dan pastikan biji yang keluar tidak lecet maupun luka.

Lalu, lakukan pencucian dan perendaman pada biji cengkeh yang telah dipilih (pastikan hanya yang berkualitas saja) hingga lendir-lendir hilang, kemudian biji ditanam pada media tanam yang telah disediakan.

Cara Menanam Cengkeh yang Benar di Rumah Agar Cepat Panen

Persiapan Media Tanam dan Penyemaian

Setelah melakukan pembibitan, cara menanam cengkeh selanjutnya adalah dengan mempersiapkan media tanam. Siapkan bahan-bahan seperti tanah gembur, pupuk kandang, pot atau polybag, cetok dan air.

Setelah menyiapkan berbagai bahan tersebut, kemudian campurkan tanah dengan pupuk kandang menggunakan perbandingan 2:1. Hasil campuran kemudian dimasukkan ke dalam pot atau polybag dengan membuat lubang di bagian tengahnya untuk meletakkan bibit cengkeh.

Biji diletakkan pada lubang polybag kemudian ditutupi dengan tanah dan dipadatkan lalu siram dengan air secukupnya. Polybag ditempatkan pada daerah yang sejuk namun cukup mendapatkan sinar matahari sekitar 25%. Pantau perkembangan bibit cengkeh secara rutin dan teliti.

Mempersiapkan Lahan

Cara menanam cengkeh selanjutnya adalah mempersiapkan lahan. Mempersiapkan lahan ini sebaiknya dilakukan 2 bulan sebelum pemindahan dari penyemaian.

Lahan yang baik berada di area terbuka dan memperoleh sinar matahari, bebas gulma, bebatuan dan tanaman pengganggu, serta dilakukan penggemburan denga pupuk kandang. Setelah tanah digemburkan dengan pupuk kandang kurang lebih satu minggu, tanah dicangkul dengan kedalaman 75 cm dan lebar 50 cm, kemudian dimasukkan lagi pupuk kandang ke dalam lubang. Lahan kemudian didiamkan sampai bibit siap ditanam.

Cara Menanam Cengkeh yang Benar di Rumah Agar Cepat Panen

Pindahkan Bibit Cengkeh

Bibit cengkeh yang telah berusia 2 tahun sudah bisa kamu pindahkan pada lahan, sehingga batang cengkeh menjadi besar dan bisa menghasilkan kuncup bunga yang banyak.

Cara menanam cengkeh berikutnya adala dengan memindahkan bibit yang batangnya lurus, lalu bersihkan bibit dari polybag dan tanam pada lubang yang tersedia. Bibit cengkeh yang telah ditanam kemudian dipadatkan sambil menyemprotkan air ke dalam tanah.

Bibit cengkeh yang ditanam kemudian diikat dengan kayu untuk mempertahankan posisinya tetap tegak. Terakhir, pupuk kandang ditaburkan pada area sekitar lubang tanaman cengkeh.

Perawatan Tanaman Cengkeh

Cara menanam cengkeh selanjutnya adalah merawatnya dengan baik. Proses perawatan tanaman cengkeh terbilang mudah dan tidak terlalu merepotkan. Proses penyiangan dengan membersihkan gulma pada area sekitar batang cengkeh. Pemupukan dengan pupuk kandang dilakukan satu kali dalam empat bulan.

Penyemprotan insektisida dilakukan untuk menjaga agar tanaman cengkeh terhindar dari hama yang mengganggu, kemudian proses perawatan dilakukan secara rutin dengan penyiraman air. Di tahun-tahun awal, perawatan intens harus dilakukan guna menjaga pertumbuhan tanaman agar menjadi kokoh, besar, dan cepat berbuah.

Cara Menanam Cengkeh yang Benar di Rumah Agar Cepat Panen

Panen Cengkeh

Proses panen cengkeh dilakukan dengan memetik bagian bunga cengkeh yang masih kuncup. Umumnya usia panen pada tanaman cengkeh dapat dilakukan pada umur 4,5-8,5 tahun. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kuantitas cengkeh yang dihasilkan sangat tinggi dalam sekali panen. Selain itu, proses panen juga dapat dilakukan berkali-kali pada satu pohon yang sama.

Pemetikan atau panen harus dilakukan di waktu yang tepat. Jika pemetikan dilakukan lebih awal ataupun terlambat maka cengkeh dianggap sebagai cengkeh yang kurang berkualitas.

Proses panen cengkeh biasanya dilakukan dengan memetik bagian bunganya. Jangan sampai bunganya mekar karena yang biasanya dibutuhkan adalah bunga yang kuncup. Cukup petik bagian bunganya saja tanpa mengikutkan ranting dan daunnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tunas tanaman cengkeh.

Baca juga : 7 Tanda Peradangan pada Otak yang Sering Diabaikan

GESIT POKER SITUS JUDI ONLINE TERBAIK DAN TERPERCAYA