Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!

Tetapkan target agar semakin termotivasi9 Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!GESIQQ LOUNGE – Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba! Apa kamu termasuk orang yang merasa kesulitan ketika ingin memulai kebiasaan menabung? Tak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti 9 cara menabung Rp50 juta dalam setahun berikut ini.

Pada dasarnya, kegiatan menabung perlu mengikuti metode pengelolaan keuangan sebaik mungkin agar kebutuhan bulanan bisa tercukupi tanpa kendala. Dengan begitu, menabung tak akan dipandang sebagai beban dan kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan senang hati.

Tak hanya sebagai jaminan di hari tua, menabung juga bermanfaat sebagai dana untuk keadaan darurat, pendidikan, dan peristiwa penting lainnya. Membutuhkan kerja keras dan keberuntungan, yuk ikuti 9 cara menabung Rp50 juta dalam setahun di bawah ini.

Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Di coba!

1. Gunakan rumus menabung 50/20/30

9 Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!

Menggunakan rumus menabung 50/20/30 menjadi salah satu cara menabung Rp50 juta dalam setahun yang bisa kamu terapkan. Terlebih bila gaji per bulan mencapai lebih dari Rp20 juta.

Menariknya, rumus ini di perkenalkan oleh senator Amerika Serikat, Elizabeth Warren, dalam bukunya yang bertajuk “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Dalam rumus ini, pemasukan yang kamu dapatkan di bagi menjadi tiga bagian, di antaranya 50 persen untuk kebutuhan harian dan tagihan wajib, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan atau investasi.

Misalnya, dengan pendapatan per bulan Rp25 juta, kamu bisa menyisihkan uang sebesar Rp12,5 juta untuk kebutuhan harian dan tagihan wajib. Sementara itu, dana yang kamu miliki untuk hiburan dalam satu bulan yaitu Rp7,5 juta. Adapun sisanya sebesar Rp5 juta bisa kamu masukkan ke dalam tabungan atau investasi.

2. Batasi pengeluaran

9 Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!

Meski terkesan sepele, menekan pengeluaran per bulan termasuk cara menabung Rp50 juta dalam setahun yang patut dicoba. Terlebih bila penghasilan di bawah Rp20 juta.

Melakukan penghematan ekstra dapat di lakukan dengan mengurangi kegiatan nongkrong dan jajan. Misalnya, kegiatan nongkrong 2 kali seminggu dengan pengeluaran sebesar Rp400 ribu di ubah menjadi 1 kali seminggu dengan pengeluaran sebesar Rp200 ribu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membawa bekal dari rumah untuk makan siang di tempat kerja. Cara menabung Rp50 juta dalam setahun ini efektif menekan pengeluaran untuk makan siang hingga setengahnya.

3. Manfaatkan aplikasi pengatur keuangan

9 Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!Manfaatkan aplikasi pengatur keuangan sebagai cara menabung 50 juta dalam setahun (canva.com)

Mencatat pengeluaran dan pemasukan membantumu dalam mematuhi rencana menabung. Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu unduh di ponsel maupun laptop atau PC.

Dengan cara menabung Rp50 juta dalam setahun ini, kamu bisa fokus mengumpulkan uang untuk mencapai target dan tetap bisa mengelola pengeluaran per bulan. Tak hanya itu, aplikasi pengatur keuangan membantu membuat catatan keuangan terekam dengan terorganisir.

4. Cari kerja sampingan

9 Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!

Bila kamu merasa belum mencapai target meski telah menekan pengeluaran, tak ada salahnya untuk mencari kerja sampingan. Cara menabung Rp50 juta dalam setahun ini tidak harus mengandalkan gaji bulanan sebagai sumber utama.

Ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa jadikan pilihan, misalnya penulis online, editor, dropshipper, dan masih banyak lagi. 

5. Buka garage sale

9 Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!Buka garage sale sebagai cara menabung 50 juta dalam setahun (canva.com)

GESITQQ REGISTER Untuk menambah pemasukan per bulan khusus tabungan, tak ada salahnya kamu menjual barang-barang yang masih layak digunakan lewat garage sale. Terlebih kini banyak peminat barang bekas berkualitas baik.

Selain melalui garage sale, kamu juga bisa menjual barang bekas melalui online shop dan mempromosikannya lewat media sosial. Tak hanya mengurangi barang yang tidak diperlukan, cara menabung Rp50 juta dalam setahun ini juga dapat mendatangkan penghasilan tambahan yang bisa kamu jadikan sebagai tabungan.

Ada beberapa cara tambahan yang juga bisa kamu coba, di antaranya:

  • Memanfaatkan promo dan diskon untuk berbelanja
  • Membuat target cara menabung Rp50 juta dalam setahun
  • Merintis bisnis online shop
  • Membuka rekening khusus tabungan dengan bunga tinggi

Cara Menabung Rp50 Juta dalam Setahun, Layak Dicoba!