Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur

gesitQQLOUNGE – Merawat alat masak memang susah-susah gampang, terutama alat masak yang terbuat dari kayu. Simak tips membersihkan talenan kayu ini agar lebih awet dan tak mudah berjamur.

Alat masak menjadi pendukung utama untuk mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang enak. Salah satunya talenan yang menjadi tempat dimana bahan makanan akan dipotong-potong.

Talenan jenis kayu atau talenan yang terbuat dari kayu menjadi yang paling sensitif. Kayu memiliki rongga yang cukup besar sehingga sisa bahan makanan akan lebih mudah masuk dan menempel dalam waktu lama.

Pasta Pembersih Rumahan

Pertama-tama, kamu bisa membuat sendiri pasta pembersih dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan garam, dan 1 sendok makan air.

Aduk rata semua bahan yang telah disebutkan. Setelah talenan dilap kering dari sisa bahan yang menempel, pasta yang telah dibuat bisa langsung dibalurkan kemudian digosok dan dibilas sampai bersih.

Metode Lemon dan Garam

Campuran lemon dan garam menjadi cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau dari bahan makanan yang menyengat. Misalnya seperti daging kambing, buah nangka, jengkol, pete dan makanan berbau kuat lainnya.

Selain lemon, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis berukuran yang agak besar jika lemon tidak tersedia. Caranya pun cukup mudah dan tak butuh waktu lama.

Taburkan garam pada seluruh bagian talenan kayu. Belah jeruk lemon dan usapkan pada seluruh talenan kayu yang telah ditaburi garam. Bilas dengan air bersih dan keringkan talenan kayu hingga benar-benar kering.

Trik Tisu Dapur

Cara yang satu ini bisa digunakan jika talenan kayu akan kembali digunakan dalam waktu singkat. Kamu hanya butuh 2 lembar tisu dapur berukuran tebal, sedikit cuka dan hidrogen peroksida.

Cukup rendam satu tisu dapur pada cuka dan satunya lagi pada hidrogen peroksida.

Pembersihan Menyeluruh

Cukup lakukan secara berkala dalam beberapa waktu sekali.

Caranya yaitu dengan menggunakan 1 sdt pemutih dan 950 mililiter air.

Campurkan pemutih dan air. Rendam talenan kayu selama beberapa menit.

Metode Tercepat

Cara ini merupakan cara tercepat untuk membersihkan talenan.

Bahkan ini cara yang juga cukup efektif untuk membersihkan bau bawang yang menempel.

Saat talenan kayu dalam keadaan kering, cukup taburkan garam pada seluruh area permukaan. Gosok permukaan talenan dengan spons yang bersih. Rendam sebentar dengan air hangat, bilas dan keringkan.