Buah Tinggi Antioksidan untuk Warnai Keseharian Anda

BERITA GESIT, Buah Tinggi Antioksidan untuk Warnai Keseharian Anda. Jenis buah tinggi antioksidan banyak macamnya, yang mungkin sudah menjadi bagian dari diet Anda sehari-hari. Namun, beberapa buah memang di laporkan memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi, terutama buah dari kelompok beri-berian.

Ada banyak alasan agar kita harus lebih rajin makan buah. Salah satu alasan tersebut yakni kandungan antioksidannya, zat yang membantu mengendalikan radikal bebas penyebab penyakit. Buah yang umum kita konsumsi sebenarnya sudah mengandung zat antioksidan. Namun, beberapa jenis buah mengandung antioksidan lebih tinggi di bandingkan buah lain. GESIT QQ

Buah kaya antioksidan banyak macamnya, namun buah-buah beri boleh dikatakan menjadi rajanya

Buah Tinggi Antioksidan untuk Warnai Keseharian Anda

1. Blueberry

Walau tak begitu akrab di konsumsi di Indonesia, blueberry merupakan buah antioksidan yang sesekali bisa Anda cicipi. Blueberry di yakini sebagai buah antioksidan tertinggi di bandingkan buah (dan sayuran) lain.

Buah blueberry

Blueberry mengandung zat antioksidan antosianin yang dapat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Zat antioksidan dalam blueberry juga di laporkan dapat memperlambat penurunan fungsi otak.

2. Stroberi

Menjadi salah satu buah paling termasyhur di muka bumi. Stroberi kaya dengan vitamin C serta zat antioksidan lain, termasuk antosianin yang layaknya juga di temukan dalam blueberry.

Seperti yang di sampaikan di atas, antosianin berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Goji berry

Apabila Anda akrab dengan pengobatan herbal China, Anda mungkin pernah mendengar goji berry. Goji berry merupakan buah kering dari dua tanaman, yakni Lycium barbarum dan Lycium chinense. Buah kering ini telah berabad-abad silam menjadi bagian dari pengobatan tradisional China.

Goji berry menjadi buah antioksidan dengan kadar yang tak kalah tinggi di banding buah-buah berry lain. Zat antioksidan dalam buah ini di kenal dengan nama polisakarida Lycium barbarum, yang di kaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Rasberi

Rasberi atau raspberry juga mungkin jarang di konsumsi oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Namun, buah ini juga menjadi salah satu buah tinggi antioksidan yang sesekali bisa Anda cicipi, karena banyak di jual online. Rasberi mengandung 4 mmol antioksidan untuk setiap 100 gramnya.

Seperti buah beri lain, zat antioksidan rasberi juga utamanya adalah antosianin yang berpotensi untuk turunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam rasberi juga di kaitkan dengan penurunan risiko kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, hingga kanker payudara.

5. Anggur

Rasanya tak ada orang yang bisa menahan manisnya buah anggur. Buah kecil ini sangat kaya dengan zat-zat antioksidan, termasuk juga antosianin dan proantosianidin. Antioksidan dalam buah anggur di yakini membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan sistem imun.

Selain antosianin, proantosianidinn, buah anggur juga mengandung zat antioksidan dari kelompok vitamin dan mineral, yakni vitamin C dan selenium.

6. Kurma

Anda pasti tak menyangka bahwa buah kurma juga menjadi buah kaya antioksidan. Bahkan, menurut sebuah laporan dalam Nutrition Journal, buah yang identik dengan bulan Ramadan ini mengantongi antioksidan hingga 1,7 mmol per 100 gram.

Antioksidan dalam kurma beragam macamnya, yang terbagi atas tiga kelompok:

  • Karotenoid, di yakini menurunkan risiko penyakit jantung serta mencegah kerusakan mata, seperti degenerasi makula
  • Flavonoid, antioksidan yang juga memiliki efek antiradang dan menurunkan risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis kanker
  • Asam fenolat, yang juga di yakini menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker

7. Plum

Buah plum juga menjadi salah satu buah kaya antioksidan. Zat antioksidan dalam buah asam manis ini utamanya yakni golongan polifenol, yang di kaitkan dengan kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan penurunan risiko diabetes.

Salah satu senyawa polifenol dalam buah plum adalah antosianin. Antosianin menjadi zat antioksidan paling aktif dalam buah plum, baik buah plum segar maupun plum kering.