Bolehkah Mengikat Rambut Bayi?

gesitQQLOUNGE – Salah satu hal menyenangkan dari memiliki bayi perempuan adalah bisa menata rambutnya saat sudah panjang. Begini Mengikat rambut bayi.

Jika rambut bayi perempuan Anda sudah panjang, mungkin Anda ingin segera mengikatnya agar si kecil terlihat lucu dan juga rapi.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kulit kepala bayi memiliki titik lunak. Meski demikian, titik lunak ini cukup kokoh sehingga tidak apa-apa jika Anda menyentuhnya dengan lembut.

Menurut Parent Lane, jika Anda mengikat rambut bayi terlalu kencang, ada kemungkinan si kecil dapat memiliki Alopecia traksi, yakni salah satu jenis kerontokan rambut.Selain itu, mengikat rambutnya dengan kencang juga dapat melemahkan akar rambut bayi dan menyebabkan kerusakan rambut.

Jadi jangan lupa untuk memotong poninya agar tidak menghalangi pandangannya.

Lalu, rambutnya juga bisa rontok permanen jika Anda tidak mengendurkan ikatannya.

Hanya saja tidak boleh mengikat rambut bayi terlalu kencang.

Beberapa bayi juga merasa tidak nyaman jika ada benda asing di kepalanya dan akan berusaha untuk melepasnya.

Coba bayangkan, bila si kecil berhasil melepas tali rambutnya lalu dimasukkan ke dalam mulut? Wah, sangat berbahaya ya, Moms.

Hello Motherhood melansir, ikat rambut dengan potongan aksesoris tambahan juga dapat melukai jaringan halus di kerongkongan, perut, usus atau rektum jika tertelan bayi.

Sementara ikat rambut yang lebih besar bisa menyebabkan penyumbatan usus. Jadi, jika si kecil menelan ikat rambut, segera bawa ke dokter anak Anda.

Memang, sulit untuk menahan keinginan menata rambut bayi perempuan Anda dengan gaya yang lucu. Jika Anda ingin sesekali mengikat rambutnya, perlu diingat untuk mengikatnya dengan aman, Moms.

Salah satunya dengan menggunakan ikat rambut kain dan jangan menggunakan ikat rambut dari karet gelang. Ya, menggunakan karet gelang, bisa menimbulkan rasa pedih di kulit kepalanya.

Jangan juga mengikat rambut bayi terlalu kencang untuk mengurangi risiko kerusakan rambut.

Selain itu, Moms, jangan mengikat rambut bayi di tempat yang sama untuk menghindari stres pada satu area rambut secara berulang-ulang. Kemudian, gunakan ikatan rambut yang cukup besar agar tidak mudah tertelan atau tersedak.