Alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk

Alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk

GESITPOKERLOUNGE Alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk. Sebagai karyawan, mungkin kamu bingung saat harus memberikan alasan tidak masuk kerja kepada atasan.

Apakah sebaiknya berkata jujur atau tidak. Pasalnya, tidak sedikit atasan yang sulit sekali memberikan izin sekalipun kondisimu sangat tidak memungkinkan untuk masuk kantor.

Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini adalah beberapa Alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk :

Alasan baik tak masuk kerja

Sakit

Alasan yang satu ini mungkin sudah cukup klise, tapi cenderung berhasil. Tapi, jangan lupa untuk mengecek kembali peraturan kantormu. 

Pasalanya, beberapa perusahaan tidak mewajibkan karyawannya untuk memberikan surat dokter jika hanya tidak masuk sehari. Namun, sebagian perusahaan tetap mewajibkan karyawan menyertakan surat dokter walaupun hanya sehari. 

Urusan darurat keluarga

Selain sakit, masalah keluarga juga dapat menjadi salah satu alasan tidak masuk kerja yang cukup manjur. Kecuali alasanmu benar adanya, sebaiknya kamu persiapkan dengan baik alasanmu tersebut. 

Haid

Izin tidak masuk kantor lantaran haid bisa menjadi salah satu alasan tidak masuk kerja yang bisa kaum hawa praktekkan. Terlebih aturan mengenai cuti haid ini sudah tertulis di dalam UU Ketenagakerjaan pasal 81. 

Tak perlu malu untuk mengambil cuti haid, kamu bisa meminta izin sehari atau dua hari pertama saat masa menstruasi. Dan nampaknya ini akan dimaklumi.

Alasan buruk tak masuk kerja

Sanak saudara meninggal

Alasan yang satu ini sebaiknya tidak kamu gunakan sebagai alasan tidak masuk kerja kecuali benar terjadi. Pertama, tentu bukanlah hal yang baik berbohong mengenai kematian seseorang. Kedua, tidak menutup kemungkinan hal ini akan terbongkar di kemudian hari. 

Tidak bahagia dengan pekerjaan

Sebagian kantor mungkin tidak masalah untuk memberikan kamu izin ketika kamu sedang jenuh atau mengalami demotivasi kerja. Tapi jika perusahaanmu bukanlah tipe perusahaan yang seperti itu, sebaiknya hindarilah menggunakan alasan ini jika tidak ingin dicap buruk. 

Cobalah untuk membicarakan apa yang kamu rasakan di lingkungan kantormu. Mulai dari rasa tidak puas, stres, atau bahkan lingkungan kerja yang tidak nyaman dan tidak mendukung. 

Baca Juga : 6 Cara untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja