Aktivitas Sehari-hari yang Ampuh Membakar Kalori

gesitQQLOUNGE – Kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan.

Namun, apabila mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebih, zat gizi tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan penumpukan lemak di berbagai bagian tubuh. Pada akhirnya, bisa mengalami kelebihan berat badan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentunya perlu membakar kalori agar berat badan tetap ideal dan tubuh bugar. Jika tak sempat ke gym, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di rumah untuk membakar kalori.

1. Naik turun tangga

4 Aktivitas Sehari-hari yang Ampuh Membakar Kalori  (1)

Naik turun tangga bisa jadi merupakan aktivitas rutin yang biasa kamu lakukan setiap hari. Saat menaiki anak tangga, tubuh akan membakar sekitar 530 hingga 830 kalori selama satu jam, sedangkan saat turun kalori yang terbakar berkisar 175 hingga 275.Kegiatan rutin ini akan melatih otot betis, paha, dan bokong agar tetap kencang dan tidak mudah cedera. Jadi kamu patut bersyukur bila ruangan yang kamu tuju setiap hari berada di lantai atas dan anak tangga menjadi satu-satunya akses yang harus kamu lewati

2. Membersihkan rumah

4 Aktivitas Sehari-hari yang Ampuh Membakar Kalori  (2)

Membersihkan rumah tidak hanya membuat ruangan menjadi lebih bersih dan sehat, namun rupanya juga membuat tubuhmu membakar banyak kalori.

3. Menata barang dan perabot rumah

4 Aktivitas Sehari-hari yang Ampuh Membakar Kalori  (3)

Mengangkat dan memindahkan barang bisa jadi masuk dalam kegiatan rutin sehari-hari, termasuk perabot rumah tangga serta benda-benda besar dan berat. Aktivitas memindah dan merapikan barang seperti sofa, lemari, kotak peralatan, dan perabot rumah lainya dapat membakar kalori antara 180 hingga 210 dalam 30 menit.

4. Berjalan kaki

4 Aktivitas Sehari-hari yang Ampuh Membakar Kalori  (4)

Kegiatan ini bisa menjadi salah satu kegiatan membakar kalori yang cukup efektif, terlebih bila dilakukan rutin setiap hari, seperti berjalan kaki berangkat dan pulang kantor.

Aktivitas mudah dan murah ini bisa menjadi salah satu cara berolahraga yang efektif serta bisa menghemat biaya transportasi.