Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi – GesitQQ – Kecuali kalau kamu termasuk orang yang malas mandi, kamu pasti melakukan mengguyur badan dengan air setiap hari. Satu hari nggak mandi tuh rasanya gimana gitu, hati serasa hampa. Segelintir orang bahkan menjadikan mandi sebagai hobi yang levelnya sederajat sama nonton film dan baca buku, dua hobi umum yang paling sering dipakai kalau ditanya, “Kamu hobinya apa?”

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan kurang patut yang tanpa disadari sering dilakukan orang saat mandi. Nggak cuma bikin kulit jadi kusam, cara mandi yang salah ini juga bisa jadi penyebab utama datangnya penyakit.

Dilansir dari Buzz Fuse, ini dia kesalahan umum yang sering dilakukan saat mandi.

Waxing sebelum mandi

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Mencukur bulu tangan atau kaki tepat sebelum mandi bisa bikin pori-pori kulit terbuka lebar. Akibatnya, kulit kamu jadi kering dan kusam deh nantinya. Lebih baik lakukan kegiatan cukur-mencukur setelah mandi, supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

Menggosok kulit dengan keras

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Banyak yang percaya kalau salah satu cara untuk membuat kulit mulus dan halus adalah dengan menggosoknya dengan keras dan lama. Padahal cara ini nggak sepenuhnya benar, karena bisa menyebabkan kulit (terutama kulit wajah) menjadi kering dan kusam.

Jadi saat kamu mandi nggak perlu menggosok kulit terlalu keras ya. Jangan samakan kulit kamu dengan baju.

Menggunakan spons mandi yang jarang dicuci

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Jorok ih, gimana badan mau bersih kalau kamu nggak pernah mencuci spons yang dipakai untuk mandi? Biarpun spons dilumuri sabun, dan selalu basah kecipratan air, bukan berarti kamu nggak perlu mencucinya lho. Spons yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan kulit berjamur dan biang bakteri. Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Memakai handuk terlalu lama


Menggunakan handuk setelah mandi memang sangat disarankan. Lagian kurang elok juga kalau kamu keluar dari kamar mandi dalam kondisi bugil.

Meskipun begitu, jangan terlalu lama membungkus badan kamu dengan handuk. Karena ketika handuk menempel di tubuh terlalu lama, kulit akan menjadi lembab dan memicu tumbuhnya bakteri.

Penggunaan sabun yang terlalu banyak


Mungkin ada di antara kamu yang beranggapan semakin banyak sabun yang kamu pakai, maka kulit akan semakin bersih. Tapi anggapan ini ternyata kurang tepat, guys. Terlalu banyak menggunakan sabun justru membuat kuman kebal terhadap sabun yang kamu pakai.


Baca juga : Buah yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Ginjal