8 Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam

GESITQQ LOUNGE 8 Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam Ingin doa Moms segera di kabulkan oleh Allah SWT? Begini caranya! Berdoa merupakan bentuk tanda syukur kepada Allah SWT serta sebagai cara memanjatkan pengampunan dan harapan. Moms pasti menginginkan doa segera jadi kenyataan, bukan? Untuk itu simak, yuk cara agar doa cepat terkabul berikut ini.

Meski sebenarnya belum tentu semua doa yang kita panjatkan dapat terwujud, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara agar doa cepat terkabul.

Selain dengan berdoa, umat Islam juga hendaknya berusaha sendiri dalam mewujudkan apa yang di cita-citakannya.Teruslah berusaha dan optimis untuk mewujudkan keinginan atau harapan menjadi kenyataan.8 Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam, Salah Satunya Berdoa di Waktu Mustajab

8 Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam, Salah Satunya Berdoa di Waktu Mustajab

Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam

Lalu, bagaimana ya cara agar doa cepat terkabul? Apabila Moms penasaran dan ingin mempraktikkannya, berikut cara agar doa cepat terkabul dalam Islam yang bisa di lakukan

1. Bersuci Terlebih Dahulu

Cara agar doa cepat terkabul yang bisa Moms lakukan adalah memperhatikan tata cara berdoa yang baik.

Salah satunya dengan bersuci terlebih dahulu sebelum memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Meskipun berdoa dapat di lakukan di mana saja dan kapan saja, tetapi hendaknya umat Islam mengambil wudu agar terhindar dari segala kotoran atau najis.

Ketika sudah dalam keadaan bersih dan suci, berdoa pun dapat di lakukan lebih nyaman di hadapan Allah SWT.POKER ONLINE

2. Di mulai dengan Memuji Allah SWT dan Di akhiri Selawat

Cara agar doa cepat terkabul yang berikutnya, yakni mulai berdoa dengan memuji Allah SWT melalui membaca zikir dengan ikhlas.

Hal ini karena Allah SWT adalah Tuhan tempat kita meminta, Di alah yang Maha Pemberi, serta Pencipta segala sesuatunya. Jadi, memuji dan memintalah hanya kepada Allah SWT.

Lalu, sebelum mengakhiri doa, hendaknya membaca selawat Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW merupakan nabi terakhir yang sangat di cintai oleh Allah SWT dan satu-satunya nabi yang dapat memberi pertolongan (syafaat) bagi umat Islam ketika di akhirat, maka kita harus mencintai Nabi Muhammad SAW.

Salah satu bukti cinta padanya adalah dengan membacakan selawat. Lakukanlah dengan ikhlas dan semata-mata hanya karena Allah SWT.

3. Menghadap Kiblat dengan Mengangkat Dua Tangan

Cara agar doa cepat terkabul lainnya adalah dengan menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya Allah SWT Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak di kabulkan).”

4. Memelankan Suara dan Tidak Terburu-buru

Jika Moms ingin doa yang dipanjatkan menjadi kenyataan, hendaklah memelankan suara dengan lembut ketika meminta ampunan dan harapan.

Selain itu, sebaiknya jangan berdoa dengan terburu-buru, lakukanlah dengan khusyuk. Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya:

“Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas.

Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami,” (Q.S . Al-Anbiya’ : 90).

Dalam hadis oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya;

“Akan di ijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak di ijabahi?” (H. R. Imam Bukhari).

5. Berdoa Penuh Harapan

Cara agar doa cepat terkabul selanjutnya, yaitu berdoalah dengan sepenuh hati dan pengharapan kepada Allah SWT.

Sebagaimana hadis yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Berdoalah kepada Allah dengan harapan akan di kabulkan. Karena Allah tidak akan menerima doa dari hati yang lalai dan kosong dari harapan,” (H.R. At-Tirmidzi).

Abdullah bin Umar r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hati itu bagaikan bejana. Sebagiannya lebih luas dari sebagian yang lain.

Jika kalian meminta kepada Allah, maka mintalah dengan penuh harap bahwa doa itu akan di kabulkan. Karena Allah tidak akan mengabulkan doa seseorang dari hatinya yang lalai,” (H.R. Ahmad).

6. Berdoa Penuh Keyakinan

Selain dengan penuh harapan, cara agar doa cepat terkabul yang bisa di lakukan adalah berdoa secara yakin kepada Allah SWT.

Dalam hal ini berarti tidak adanya keraguan kepada Allah SWT ketika memanjatkan doa.

Keyakinan harus di tunjukan baik secara lisan maupun dalam hati.

Rasulullah SAW melarang seorang berdoa dengan mengucapkan, “Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau berkenan. Ya Allah, rahmatilah aku jika Engkau berkenan.

Akan tetapi, dalam berdoa, harus dengan perasaan yakin karena Allah SWT akan berbuat apa saja tanpa ada yang memaksa,” (H.R. Muslim).

7. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Tidak hanya penuh harapan dan keyakinan, umat Islam yang berdoa juga hendaknya bersungguh-sungguh jika keinginannya di wujudkan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan di terima) dan harapan (akan di kabulkan).

Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Al-A’raf: 56)

Perlu Moms ketahui bahwa Allah SWT sangat senang mendengar hambanya meminta penuh kesungguhan.

Ketika seorang umat Muslim mendekatkan diri dengan berdoa, Allah SWT pasti akan mengabulkannya.

Bahkan seorang sahabat r.a. menyebutkan bahwa jika seorang hamba berdoa kepada Tuhannya, dan Allah menyukainya, Allah SWT berfirman,

“Hai Jibril, jangan terburu-buru mengabulkan doa hamba-Ku ini. Aku masih senang mendengar suaranya.”

8. Berdoa di Waktu Mustajab

Hal penting yang cukup utama dalam menerapkan cara agar doa cepat terkabul adalah dengan berdoa di waktu mustajab.

Karena, ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa bagi umat Islam sehingga doa yang di panjatkan bisa segera di kabulkan oleh Allah SWT.

Kapan sajakah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa agar segera di kabulkan? Berikut di antaranya:

Apabila Moms sudah melakukan cara agar doa cepat terkabul, tetapi apa yang di cita-citakan belum juga di wujudkan oleh Allah SWT, janganlah berkecil hati.

Teruslah berusaha dan berdoa, sebagaimana yang di sebutkan dalam hadist. Anas r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Jangan lelah untuk berdoa, karena tidak ada orang yang mati karena berdoa,” (H.R. Al-Hakim).

Semoga apa yang Moms dan Dads doakan dapat segera mendapatkan jawaban terbaik dari Allah dan di kabulkan, ya!

Yakinkan bahwa hal terbaik akan terwujud di waktu yang paling tepat menurut-Nya.8 Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam, Salah Satunya Berdoa di Waktu Mustajab