9 Manfaat Brokoli yang Jarang Diketahui, Bisa Memperkuat Imunitas Tubuh

9 Manfaat Brokoli yang Jarang Diketahui, Bisa Memperkuat Imunitas Tubuh

9 Manfaat Brokoli yang GESITPOKER Lounge –   Brokoli menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang segar, brokoli juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, brokoli juga mengandung banyak serat yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal. Maka tak heran apabila brokoli menjadi salah satu menu masakan istimewa di Indonesia.

Mengonsumsi secara rutin dan teratur brokoli menjadi salah satu cara paling efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit. Lantas apa saja manfaatnya?

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat brokoli yang pertama ialah menurunkan risiko kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Sehingga sejak dini harus ada upaya pencegahan. Salah satu cara paling mudah menurunkan risiko kanker ialah mengonsumsi brokoli.

Mengonsumsi brokoli secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif untuk mencegah penyakit kanker.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Manfaat brokoli berikutnya ialah dapat memperkuat imunitas tubuh. Pasalnya brokoli mengandung vitamin C dan Antioksidan yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas.

Sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Mencegah Penuaan Dini

Brokoli merupakan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kandungan Antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada brokoli dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

Sehingga dengan mengonsumsi brokoli secara rutin dan teratur dapat menghambat proses penuaan dini.

Baca juga: 14 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Mencegah Osteoporosis

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan risiko terkena penyakit osteoporosis ialah mengonsumsi brokoli.

Sehingga beberapa kandungan ini mencegah terjadinya kerusakan tulang atau osteoporosis.

Mencegah Diabetes

Akibatnya hal ini menimbulkan gangguan organ tubuh yang dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit.

Melancarkan Pencernaan

Tak hanya itu, kandungan serat dan air juga berfungsi untuk mengatasi sembelit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat brokoli lainnya ialah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, Antioksidan hingga kalium dapat berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber Antioksidan yang berfungsi mencegah datangnya berbagai macam radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Mengonsumsi brokoli juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis lainnya, seperti hipertensi dan stroke.

Menjaga Fungsi Otak

Otak merupakan organ vital bagi manusia yang berfungsi untuk menyusun sistem saraf pusat (SSP). Sehingga semua aktivitas tubuh, seperti berjalan, berbicara hingga bernapas dipengaruhi oleh sistem saraf. Apabila otak tidak berfungsi dengan baik maka dapat mengakibatkan gangguan pada sistem saraf.

Dilansir dari laman Healthline, kandungan vitamin K dan kolin pada brokoli berperan penting untuk meningkatkan daya ingat dan memori. Sehingga hal ini dapat menjaga otak agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, mengonsumsi brokoli secara rutin dan teratur juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Mengatasi Peradangan

Manfaat brokoli lainnya yaitu dapat mengatasi peradangan. Kandungan Antioksidan dan Anti inflamasi yang terdapat pada brokoli dapat membantu mengatasi peradangan.

Sehingga brokoli berfungsi efektif dalam menurunkan risiko penyakit kanker yang disebabkan karena peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C, folat hingga vitamin A pada brokoli juga berperan penting dalam meningkatkan metabolisme.