9 KHASIAT BUAH MARKISA UNTUK KESEHATAN

9 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

9 KHASIAT BUAH MARKISA GESITPOKER Lounge – Sejak saat itu buah markisa ungu telah menjadi buah populer di daratan Amerika Serikat dan tumbuh di iklim hangat seperti Florida. Selain itu ada pula markisa kuning yang dapat tumbuh pada iklim dingin dan tropis. Selain itu juga dapat tumbuh subur di Australia dan Venezuela.

1. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

9 KHASIAT BUAH MARKISA Sejak zaman kuno, markisa telah dibudidayakan dan dinikmati karena manfaatnya untuk sistem kekebalan tubuh. Adanya vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin dalam markisa bertindak sebagai antioksidan, yang mengikat radikal bebas dari tubuh dan menetralkannya sebelum membahayakan sistem organ dan mengakibatkan kondisi seperti kanker, penyakit jantung, atau penuaan dini.

Selanjutnya, vitamin C juga merangsang aktivitas sel darah putih dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh, sehingga melindungi Anda dari penyakit umum dan penyakit serius pada saat yang sama.

2. MENCEGAH KANKER

Markisa juga merupakan sumber aktivitas anti-karsinogenik dalam tubuh. Antioksidan dalam markisa berfungsi menghilangkan radikal bebas, yang dapat memutasi DNA dari sel-sel sehat menjadi kanker. Markisa juga mengandung vitamin A, berbagai flavonoid, dan senyawa fenolik, yang memiliki sifat anti-kanker, terutama kanker mulut dan paru-paru.

3. KESEHATAN MATA

Vitamin A yang terkandung dalam buah markisa juga bermanfaat meningkatkan kesehatan mata, termasuk pencegahan degenerasi makula, katarak, dan kebutaan malam.

4. KESEHATAN PENCERNAAN

Buah markisa kaya akan serat yang merupakan komponen penting bagi pencernaan. Serat larut dalam markisa berperan sebagai pencahar yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan dan mengurangi racun dalam usus. Hal ini dapat mengurangi tanda-tanda sembelit dengan mengatur gerakan usus, mengurangi kolesterol berlebih pada pembuluh darah, dan mencegah kanker kolorektal.

5. MENGATUR TEKANAN DARAH

9 KHASIAT BUAH MARKISA Jika Anda makan satu porsi markisa setiap hari, Anda dapat memenuhi 1/4 dari kalium yang Anda butuhkan. Kalium adalah mineral penting dalam tubuh manusia yang berperan sebagai vasodilator. Hal tersebut akan menenangkan ketegangan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selanjutnya, kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dari sel-sel tubuh.

6. PENINGKATAN SIRKULASI

Buah markisa mengandung kalium, zat besi dan tembaga yang tinggi. Zat besi dan tembaga merupakan komponen penting untuk memproduksi sel darah merah, jadi setelah jumlah sel darah merah meningkat dan pembuluh melebar, maka darah beroksigen dapat mengalir bebas ke area yang diperlukan tubuh, merangsang aktivitas metabolisme dalam semua sistem organ dan meningkatkan produktivitas.

7. KESEHATAN TULANG

Kandungan zbesi, tembaga, magnesium, dan fosfor, dalam buah markisa sangat penting untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Beberapa mineral ini merupakan bagian integral dalam menciptakan materi tulang tambahan, penguatan materi tulang yang ada, dan mempercepat perbaikan.

Hal ini dapat menjadi sarana untuk menghilangkan, mencegah, atau mengurangi gejala osteoporosis dan rasa sakit yang berkaitan dengan peradangan yang terjadi ketika tulang memburuk akibat aktivitas dan usia.

8. MENCEGAH INSOMNIA

Adanya senyawa alkaloid dalam buah markisa berfungsi sebagai obat penenang. Senyawa ini akan mengurangi kegelisahan, insomnia, sulit tidur, dan kecemasan saraf yang dapat membuat Anda bida tidur malam dengan baik.

9. MENGOBATI GANGGUAN PERNAPASAN

Buah markisa memiliki ekspektoran dan efek menenangkan yang berperan dalam sistem pernapasan. Hal ini akan bermanfaat untuk mencegah serangan asma, mengi, dan batuk rejan.