8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

GESITPOKER Lounge – Saat wabah Corona masih merebak seperti sekarang ini, sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kalau memang mulai timbul gejala flu dan batuk, segera obati. Agar tidak berkembang semakin parah. Karena ini bisa terus menurunkan kekebalan tubuh. Untuk membantu meredakannya, kamu bisa mencoba obat batuk tradisional dari bahan alami.

Berikut ini daftar bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai obat batuk tradisional berdasarkan rekomendasi dari dokter dan sains.

1. Kumur dengan Air Garam

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

bahwa batuk bukan hanya karena ada masalah di paru-paru, tapi bisa juga karena radang tenggorokan. Kamu bisa membantu sedikit meredakannya dengan membuat larutan air hangat dan garam, kemudian berkumurlah selama 30 detik.

2. Minum Jus Jeruk

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

Wah, kalau jus jeruk, nggak harus saat sedang batuk, juga enak banget buat dikonsumsi. Kunci untuk mengatasi batuk adalah kita harus minum banyak cairan. “Paru-paru harus terhidrasi dengan baik untuk meminimalkan pembentukan lendir,”.

Jus jeruk selain membantu menghidrasi juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi gejala batuk. Minuman ini tentunya jadi obat batuk tradisional yang sehat sekaligus enak.

3. Jahe

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

makan rempah-rempah seperti jahe dapat membantu memperkuat sistem pernapasan. Seduh dengan air hangat dan jadikan teh herbal. ditemukan bahwa jahe murni dapat membantu merelaksasi saluran udara dan mengurangi batuk, terutama batuk kering.

4. Kunyit dan Lada Hitam

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi, anti virus dan anti bakteri. Bermanfaat juga untuk batuk. Curcumin akan semakin efektif jika dicampur dengan lada hitam. Larutkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti jus jeruk. Atau kamu juga bisa membuatnya menjadi teh hangat

Terdapat keistimewaan dari kunyit yang berkhasiat untuk mencegah penyakit. Bahwa minyak atsiri kunyit efektif untuk mengatasi gangguan pernapasan, seperti menghilangkan dahak, batuk, dan mencegah asma.

5. Susu Almond

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

Untuk kamu yang mengalami batuk kering, bisa kurangi rasa gatal di tenggorokanmu dengan susu almond atau suus kelapa.

6. Madu

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

Madu, tidak hanya lezat, tapi juga terbukti untuk meredakan batuk. Sudah banyak penelitian yang menulis tentang khasiat dari madu, salah satunya yang terbit di  The Archives of Pediatric and Adolescent Medicine pada tahun 2007. Dalam penelitian tersebut, pasien yang diberi satu sendok makan madu sebelum tidur merasakan hasil yang cukup baik dalam meredakan batuk mereka.

7. Jeruk Nipis

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

Jeruk nipis ditambah madu bisa jadi pilihan juga untuk meredakan batuk. Dalam jeruk nipis terdapat senyawa phytochemicalssaponins, alkaloids, tannins, phenolics, flavonoids, dan terpenoids yang bersifat antibakteri termasuk terhadap bakteri S. aureus and S. pyogenes yaitu bakteri penyebab batuk.

8. Jus Nanas

8 Obat Batuk Tradisional dari Bahan Alami Menurut Dokter dan Sains

Kamu juga bisa coba redakan batuk dengan jus nanas. Dalam artikel berjudul “Pineapple Juice and Your Cough” yang tayang di Healthline.com, jus nanas dapat membantu menenangkan tenggorokan dan melarutkan lendir.

Campurkan jus nanas dengan madu, garam dan lada untuk mengurangi gejala batuk lebih cepat. Jus nanas mengandung campuran enzim yang disebut bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu masalah pernapasan terkait alergi dan asma.

Juga ada sifat mukolitik yang membantu mengeluarkan lendir. Tapi, jika kamu alergi terhadap jus nanas, sebaiknya tidak mengonsumsinya.

Itulah 8 obat batuk tradisional yang bisa kamu buat sendiri dengan bahan alami di rumah. Tentunya ini sudah terbukti dengan berbagai penelitian yang mendukung. Selain mencoba meredakan batuk dengan obat batuk tradisional di atas, lantas apa yang harus dilakukan jika batuk sudah mengganggu?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sudah Mulai Batuk-batuk?

Di saat seperti sekarang ini, jika kamu batuk, kamu harus ekstra hati-hati. Kamu harus menjaga dirimu sendiri dan orang lain. Apa saja yang bisa kamu lakukan jika sudah mulai ada gejala batuk saat pandemi?

  • Pakai Masker

Kalau memang kamu tinggal bersama keluargamu di rumah, gunakan masker di dalam rumah. Ini untuk melindungi anggota keluargamu yang lain agar tidak tertular penyakit. Ganti maskermu cukup sering agar tidak lembap. Cuci sendiri maskermu dan pisahkan dengan pakaian lainnya.

  • Rajin Cuci Tangan

Sebisa mungkin kamu juga rajin cuci tangan. Terutama sebelum memegang sesuatu di rumah yang pastinya dipegang oleh anggota keluarga lainnya. Usahakan kamu memiliki tempat makan dan minum sendiri yang terpisah dan tidak dipakai bergantian dengan orang lain.

  • Isolasi Diri

Jangan keluar rumah terlebih dulu sampai keadaan kamu benar-benar membaik. Karena bisa jadi ketika keluar, kamu terkena kuman atau virus lainnya yang memperparah sakitmu, atau justru kamu yang menyebarkan virus jadinya ke orang lain di luar sana. Jadi, baiknya kamu jangan ke mana-mana.

Jika menerima pengantaran makanan dari pesanan online, sebelum menerimanya cuci tanganmu terlebih dulu. Begitu pun ketika kamu memberikan uang kepada pengantarnya. Ini agar tidak terjadi transfer kuman antara dirimu dengan si pengantar. Atau jika ada orang lain di dalam rumah, minta orang lain dulu yang menerimanya.

  • Redakan Batuk dengan Minum Obat

Jika kamu udah mencoba obat batuk tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang sudah dijabarkan di atas, tapi tidak ada efek yang signifikan, kamu bisa coba minum obat batuk lainnya yang dijual di apotek atau di mini market.

Jika memang sudah sangat mengganggu dan sudah lemas parah, serta kamu sudah tidak bisa berkegiatan sama sekali, bahkan tidurmu tidak tenang, kamu perlu bantuan tenaga medis. Pergilah ke dokter.

  • Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Perbanyak Istirahat

Ketika batukmu mulai mengganggu, tubuh pasti terasa ikut lemas. Ini tandanya daya tahan tubuh kamu mulai menurun. Konsumsilah makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan agar imunitas meningkat. Jangan lupa juga untuk istirahat. Karena dengan istirahat cukup, tubuhmu juga perlahan akan membaik. Terkadang, banyak rasa “nggak enak badan” itu lebih disebabkan karena kurang istirahat.

  • Minum Vitamin

Sebagai pelengkap, minumlah vitamin. Saat gejala batuk mulai terlihat, sampai masa penyembuhan. Vitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu setelah batuk mulai mereda. Agar kamu kembali sehat dan bugar seperti sedia kala.