8 Cara Merawat Rambut yang Benar Agar Tetap Sehat dan Tidak Rusak

8 Cara Merawat Rambut yang Benar Agar Tetap Sehat dan Tidak Rusak

GESIT POKER LOUNGE – Cara merawat rambut sehari-hari perlu diperhatikan setiap orang. Perawatan yang tepat diperlukan untuk membuat rambut senantiasa sehat dan tidak mudah rusak. Apalagi hal ini sangat memengaruhi penampilan, terutama untuk wanita.8 Cara Merawat Rambut yang Benar Agar Tetap Sehat dan Tidak Rusak

Mengonsumsi makanan yang sehat, memilih produk perawatan rambut yang sesuai, hingga menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut perlu kamu terapkan setiap harinya. Apalagi faktor lingkungan dan penggunaan perawatan rambut juga dapat memengaruhi kesehatannya.

Berikut Betgesit.org rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/2/2021) tentang cara merawat rambut.

Mengonsumi Makanan Sehat

Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti ikan salmon. Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Hal ini berkaitan dengan kandungan protein, zat besi, dan asam lemak omega-3 yang dapat mendukung kesehatan rambut. Kamu bisa mengonsumsi makanan sarat protein seperti telur, susu, kacang, ikan, unggas, daging. Selain itu, perhatikan juga asupan zat besi dengan mengonsumsi kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, bayam, serta penuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari salmon, sarden, keju, yoghurt.

Cara Merawat Rambut yang Benar

Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Salah satu cara merawat rambut yang sangat sederhana adalah dengan melindunginya dari sinar matahari.

Hal ini juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran, membuat kondisi rambut dan kulit kepala menjadi kering, dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi di kulit kepala. Solusinya, kamu bisa melindungi rambut dengan penutup kepala ataupun payung.

Menggunakan topi saat keluar menjadi solusi yang tepat untuk melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut. Hal ini untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.

Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Kamu disarankan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok). Hal ini tentunya sangat penting sebagai cara merawat rambut.

Selain pemilihan sampo, kamu juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

Gunakan Masker Rambut

Seperti dengan wajah, rambut juga membutuhkan masker dalam perawatannya. Gunakan masker yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Kebutuhan rambut setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dengan dengan jenis dan permasalah rambut.

Cara Merawat Rambut yang Benar

Jangan Terlalu Sering Keramas

Salah satu cara merawat rambut yang benar adalah dengan menghindari mencuci rambut terlalu sering. Kebiasaan mencuci rambut setiap hari pada orang-orang yang memiliki rambut kering dan mengembang malah membuat masalah tersebut semakin parah. Bahkan bisa merusak rambut.

Kamu sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

Mengeringkan Rambut yang Basah dengan Benar

Saat rambut dalam kondisi basah, kamu perlu memperlakukannya dengan hati-hati. Pasalnya, rambut basah lebih rapuh dan mudah patah. Saat basah, batang dan akar rambut akan lebih rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu, jangan terlalu keras saat keramas karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Selain iu, ketika selesai keramas tentunya kamu kamu ingin segera mengeringkan rambut. Awas, hal ini bisa justru merusak keindahannya. Bahkan hal itu bisa berdampak pada bertambahnya jumlah rambut yang rontok. Jadi, solusinya adalah dengan tepuk-tepuk rambut secara perlahan hingga kering. Jangan menggosok secara kuat dengan handuk.

Hindari Penggunaan Hairdryer Terlalu Sering

Namun kamu harus mengusahakan minimalisir penggunaan cara ini, karena penggunaan paparan panas yang berlebih menghilangkan kadar air dari rambut dan membuatnya kering juga kusut.

Hal ini juga berlaku pada alat catok rambut. Cara merawat rambut satu ini penting diperhatikan karena penggunaan hairdryer memang sangatlah praktis dalam mengeringkan rambut.

Cara Merawat Rambut yang Benar

Menggunakan Bahan Alami

Kamu juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami sebagai cara merawat rambut. Salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya adalah minyak zaitun.

Selain minyak zaitun, kamu juga dapat memanfaatkan minyak kelapa sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang.

Baca juga : 16 Cara Menambah Tinggi Badan, Cocok untuk Orang Dewasa

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA