8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

GesitQQ Lounge – 8 Alternatif Terbaik Kecap Asin. Sebelum baca lebih lanjut, cek dapurmu. Apakah tidak ada kecap asin? Kemungkinannya kecil! Kecap asin adalah salah satu bumbu dapur utama yang ada di dapur Asia. Bahkan, mayoritas resep hidangan Asia pun mencantumkan kecap asin! Namun, ada berbagai alasan mengapa bumbu berbahan kedelai ini harus dijauhi.

Kedelai memiliki senyawa alergen murni, yang berbahaya untuk beberapa anak. Selain itu, kecap asin juga mengandung gluten. Hal ini cukup merepotkan bagi kamu yang menderita Penyakit Celiac atau intoleransi gluten. Kemudian, kecap asin juga memiliki kandungan natrium yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Nah, apa pun alasanmu, dari alergi hingga ingin hidup dengan jantung dan tekanan darah yang sehat, kami mengerti. Inilah beberapa alternatif kecap asin yang dapat kamu simpan di dapurmu!

8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Tamari

Berasal dari kawasan Chubu, Jepang, tamari (たまり) adalah kecap asin dari kacang kedelai yang difermentasi. Eh, jangan takut! Karena tamari tidak menggunakan gandum dalam pembuatannya, sehingga aman bagi pasien Penyakit Celiac atau intoleransi gluten.

Dari segi rasa, tamari memang tidak seasin kecap asin biasa. Namun, tamari memiliki rasa yang lebih umami dengan warna lebih gelap. Biasanya, tamari digunakan untuk mencelupkan sashimi atau sushi.

Saus Worcestershire

Jarang di pertimbangkan, saus Worcestershire ternyata bisa digunakan sebagai pengganti kecap asin! Saus yang berasal dari Inggris ini di buat dari berbagai rempah-rempah, sehingga menghasilkan kualitas umami seperti kecap asin. Bedanya, saus Worcestershire tidak memiliki gluten dan kandungan natriumnya lebih sedikit!

Entah di jadikan bumbu pendukung atau bumbu utama, saus Worcestershire memiliki rasa yang tajam sehingga cocok di gunakan untuk masakan daging dan ikan. Malah, saus ini juga di gunakan untuk meracik minuman koktail Bloody Mary! Akan tetapi, jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap kerang atau makanan laut, jangan coba saus ini.

Coconut aminos

Tak Kalah Umami, Ini 8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Terbuat dari nira kelapa yang di fermentasi dengan air dan garam, coconut aminos terlihat layaknya kecap asin pada umumnya. Tetapi, jika kamu menghindari gluten dan kedelai, maka alternatif inilah jawabannya!

Selain sedikit lebih manis, coconut aminos juga dapat di katakan bebas gluten dan memiliki kandungan natrium yang rendah. Mengejutkannya, meskipun dari kelapa, tidak ada jejak-jejak rasa kelapa di coconut aminos.

Liquid aminos

Tak Kalah Umami, Ini 8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Alternatif kecap asin lainnya adalah liquid aminos. Memiliki nama belakang seperti coconut aminos, pengganti kecap asin ini di buat dari kedelai. Bedanya, kedelai tersebut tidak di fermentasi seperti kecap asin! 

Seperti opsi sebelumnya, liquid aminos bebas gluten, tetapi tidak bebas kedelai dan natrium (320 miligram per sendok teh), jadi pertimbangkan sebelum pakai. Rasa liquid aminos benar-benar mirip kecap asin, dengan sensasi yang lebih lembut dan manis. Jadi, bisa di pakai di hidangan apa saja.

Jamur kering

Tak Kalah Umami, Ini 8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Kecap asin yang bebas gluten, bebas kedelai, dan rendah jamur? Memang ada? Jawabannya, ada! Kamu bisa menggunakan ekstrak jamur kering (biasanya jamur shiitake) untuk menggantikan kecap asin.

Setelah di masukkan ke dalam air dan di biarkan sementara, air rendaman tersebut bisa menggantikan kecap! Meskipun tidak bisa di katakan pengganti mutlak untuk kecap asin, setidaknya, rasa umami yang di timbulkan benar-benar mirip dengan kecap asin!

Kecap ikan

Tak Kalah Umami, Ini 8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Kecap ikan adalah salah satu bumbu penyedap dapur yang populer di hidangan Asia. Seperti namanya, kecap ikan di buat dari ikan atau krill yang di fermentasi bersama garam dalam kurun dua tahun. Hasilnya, rasa umami seperti kecap asin! Tidak jarang, kecap ikan lebih di pilih daripada kecap asin karena rasanya yang lebih kuat.

Memang, kecap ikan tidak memiliki kandungan protein kedelai apalagi gluten. Akan tetapi, berhati-hati pada kandungan natriumnya. Beberapa produk kecap ikan mengemas natrium hingga hampir 1.500 miligram! Jadi, jika kamu memiliki riwayat hipertensi atau penyakit kardiovaskular, berhati-hatilah.

8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Miso

Tak Kalah Umami, Ini 8 Alternatif Terbaik Kecap Asin

Suka dengan sup miso yang d isediakan restoran Jepang? Ketahui bumbu di baliknya! Miso (味噌) adalah pasta fermentasi kedelai yang menjadi salah satu ciri khas masakan Jepang.

Fakta menarik, pembuatan miso juga melibatkan koji (麹) atau spora Aspergillus oryzae yang di gunakan untuk fermentasi kedelai dalam pembuatan kecap asin. Bagi kamu yang bosan dengan kecap asin dan ingin sekali-kali “bereksperimen” di dapur, miso bisa menjadi alternatif yang tepat.

Kamu bisa membeli miso di pasar swalayan untuk digunakan sebagai pengganti kecap asin dalam membuat hidangan, dari sup hingga daging. Cukup encerkan pasta miso dengan air, cuka, atau liquid aminos hingga cair seperti kecap asin, lalu tambahkan pada masakan. Rasanya? Lebih kaya dan lain daripada yang lain!

“Kecap asin” buatan rumah

Itulah beberapa pengganti kecap asin yang dapat kamu beli di supermarket atau pasar. Eh? Kamu ingin membuat kecap asin sendiri? Bisa! Pertama, kumpulkan dulu bahan-bahan ini.

  • 2 sendok makan kaldu sapi (biasa atau rendah sodium)
  • 1 sendok teh tetes tebu/molasses
  • 1 sendok teh cuka apel
  • Sejumput jahe bubuk
  • Sejumput bubuk bawang putih
  • Lada hitam giling segar, secukupnya

Pertama, Campurkan kaldu sapi, tetes tebu, cuka sari apel, jahe bubuk, dan bawang putih bubuk dalam panci kecil dengan ¾ cangkir air. Masak dengan api sedang-besar. Setelah mendidih, kecilkan api dan tunggu hingga cairan berkurang sesuai dengan intensitas rasa yang di inginkan, sekitar 10-12 menit.

Coba sedikit, dan bumbui dengan lada hitam giling segar secukupnya. Lalu, simpan “kecap asin”-mu itu dalam kulkas selama 5 hari dan bisa di gunakan.

Itulah beberapa alternatif kecap asin yang dapat kamu tempatkan di dapurmu, terutama bagi kamu yang alergi kedelai, mengidap Penyakit Celiac, hingga ingin jantung dan tekanan darah yang lebih sehat. Meskipun bukan kecap asin, ternyata mereka sama dan bahkan lebih enak!

Dari alternatif-alternatif yang sudah kami sebutkan tadi, mana yang pernah kamu coba atau sedang kamu coba? Bahkan, kamu pun bisa bikin sendiri “kecap asin” rumah ala kamu. Gak perlu skill seperti chef  kenamaan, yuk, dicoba!

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas