7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid

GesitQQ Lounge – 7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid. Kram saat haid adalah hal yang sangat tidak mengenakkan untuk perempuan. Jangankan berjalan jauh, saat duduk pun perut terasa sakit. Untungnya terdapat berbagai cara untuk meredakannya. Mulai dari dengan berolahraga, mengompres perut, hingga berendam dengan air hangat.

Selain cara yang telah di sebutkan, kamu juga bisa coba menggunakan minyak-minyak yang terbuat dari bahan alami. Terdapat berbagai pilihan yang mampu meredakan rasa sakit karena haid. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid

Minyak kayu putih

7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid, Bikin Rileks

Jenis minyak pertama yang bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri haid adalah minyak kayu putih. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak yang satu ini, kan? Kamu bisa menggunakannya saat sedang merasakan kram karena haid.

Di lansir dari Healing Touch Spa, tumbuhan eukaliptus atau kayu putih memiliki sifat antibakteri, jamur, dan virus yang bisa mengurangi rasa sakit pada perut. Bukan hanya itu, minyak kayu putih juga bisa mengatasi masalah haid lain seperti sakit kepala.

Minyak lavender

7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid, Bikin Rileks

Minyak berikutnya yang bisa kamu coba adalah minyak dari bunga lavender. Biasanya orang menggunakan minyak ini sebagai aromaterapi. Namun ternyata ia juga punya khasiat untuk meredakan kram karena haid.

“Lavender dapat memengaruhi prostalglandin yang bisa meredakan rasa sakit dan kontraksi pada rahim perempuan,” kata founder Whole Health Wellness Center, Jennifer Stagg kepada The Healthy.

Minyak chamomile

7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid, Bikin Rileks

Minyak chamomile biasa di gunakan sebagai aromaterapi dan obat untuk membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, ternyata minyak tersebut juga ampuh untuk mengusir kram perut yang di sebabkan oleh haid. 

Ada beberapa cara untuk menggunakannya. Pertama, kamu dapat menghirup aromanya melalui hidung. Kamu juga bisa mengoleskannya ke perut. Sedangkan cara terakhir adalah dengan meneteskan minyak ke air hangat untuk mandi atau merendam kaki. 

Minyak serai

7 Minyak yang Bisa Redakan Nyeri Saat Haid, Bikin Rileks

Minyak serai memiliki manfaat yang sangat beragam. Pada umumnya, orang menggunakan minyak tersebut sebagai pengusir nyamuk. Aromanya yang cukup menyengat bisa membuat nyamuk enggan untuk mendekat. 

Selain itu, minyak serai ternyata juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri haid. Di lansir dari Lifehack, kandungan di dalamnya mampu membuat otot lebih rileks. Oleh karena itu, oleskan minyak di sekitar perut bagian bawah sehingga rasa sakit pun segera reda.

Minyak kayu manis

Kayu manis atau cinnamon banyak di gunakan sebagai bahan masakan atau untuk membuat kue. Namun rempah tersebut juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah meredakan nyeri haid. 

Di lansir dari Healthline, kayu manis dalam bentuk essential oil memiliki kandungan antiinflamasi. Jadi ia dapat di gunakan untuk mengatasi kram saat menstruasi. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup oleskan minyak tersebut di perut sambil berikan pijatan-pijatan halus.

Minyak akar lawang

Minyak yang satu ini berasal dari Ambon dan Papua. Masyarakat biasa menggunakannya untuk mengobati masalah persendian, pegal linu, rematik, dan lain-lain.

Selain itu, minyak akar lawang juga bisa di gunakan untuk meredakan sakit perut karena haid. Namun kamu harus berhati-hati saat mengoleskannya, ya. Jangan sampai terlalu banyak karena minyak akar lawang lebih kuat dan panas daripada minyak lainnya. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki khasiat antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu ia bisa di manfaatkan untuk mengobati kram haid. Jika minyak lain di pakai dengan cara di oleskan ke perut, khasiat minyak kelapa akan lebih terasa saat kamu meminumnya. 

Cukup campurkan minyak kelapa ke dalam teh hangat atau minumlah secara langsung. Setelah rutin mengonsumsinya, kamu tidak lagi mengalami haid yang menyakitkan. Metode ini juga sudah di buktikan dengan penelitian, lho!

Itulah sejumlah minyak yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan nyeri haid. Selamat mencoba, ya!

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas