7 Macam-Macam Gaya Renang yang Umum, Penting untuk Pemula

7 Macam-Macam Gaya Renang yang Umum, Penting untuk Pemula

GESIT POKER LOUNGE – Macam-macam gaya renang perlu dipahami ketika mulai belajar berenang. Berenang termasuk aktivitas yang baik untuk kesehatan. Berenang bisa menjadi rutinitas olahraga dan melepaskan beban dari persendian.7 Macam-Macam Gaya Renang yang Umum, Penting untuk Pemula

Beberapa macam-macam gaya renang juga masuk dalam cabang perlombaan.

Macam-macam gaya renang ini menggunakan gerakan otot yang berbeda. Berikut macam-macam gaya renang yang umum, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(24/02/2021).

Gaya bebas

Renang gaya bebas merupakan satu dari macam-macam gaya renang yang paling terkenal.

Sementara itu, lengan bergerak dalam pola yang terus menerus dan bergantian.

Teknik pernafasan gaya berenang ini memanfaatkan posisi tangan saat berada di atas untuk mengayuh.

Macam-Macam Gaya Renang yang Umum

Gaya punggung

Seperti dalam gaya bebas, kaki menendang dengan tendangan mengepak yang pendek dan konstan sementara lengan bergerak dalam pola bergantian terus menerus.

Tubuh akan berguling sedikit dari sisi ke sisi saat setiap lengan menarik ke bawah air, tetapi kepala akan tetap dalam posisi netral menghadap ke atas, artinya, ya, kamu dapat bernapas dengan mudah sesuai kebutuhan.

Gaya dada

Seperti gaya bebas, gaya ini di mulai dalam posisi tengkurap horizontal. Namun, dalam gaya dada, kamu bergerak antara posisi yang lebih horizontal dan ramping dan posisi pemulihan yang lebih vertikal, di mana kamu menarik tubuh keluar dari air untuk bernapas.

Kaki melakukan tendangan ‘cambuk’ atau ‘katak’ simetris yang melibatkan menarik kedua kaki ke arah bokong dan kemudian mencambuk kaki ke samping dalam gerakan melingkar sampai bertemu lagi dalam posisi yang ramping. Kamu bisa membayangkan kaki katak.

Sementara itu, lengan bergerak dengan pola simetris seperti segitiga. Saat kaki melakukan tendangan katak, tubuh akan menembakkan lengan ke belakang ke posisi terulur dan mengulanginya.

Macam-Macam Gaya Renang yang Umum

Gaya kupu-kupu

Kupu-kupu adalah gaya renang tingkat lanjut dalam macam-macam gaya renang. Ini bisa lebih sulit dan melelahkan untuk dipelajari, tetapi juga sangat menyenangkan.

Gerakan ini di mulai dalam posisi ramping di bawah air.

Sementara itu, kaki melakukan tendangan ‘lumba-lumba’, di mana kedua kaki tetap bersatu dan mendorong ke atas dan ke bawah, dengan jari-jari kaki lancip. (Bayangkan ekor putri duyung.) Pada kupu-kupu, kamu bernapas sesuai kebutuhan dengan mengangkat kepala keluar dari air sementara lengan pulih di atas permukaan air.

Gaya samping

Salah satu cara untuk mengingat gaya samping adalah dengan membandingkannya dengan memetik apel.

Macam-Macam Gaya Renang yang Umum

Gaya trudgen

Gaya ini sangat unik karena kepala tetap berada di atas air secara keseluruhan.

Macam-Macam Gaya Renang yang Umum

Gaya anjing

Renang gaya anjing merupakan gaya yang mengadopsi gerakan anjing saat berada di air. Gerakan ini memposisikan kepala berada di atas air sambil kaki dan tangan melakukan gerakan berenang seperti anjing.

Baca juga : Kenapa Makan Nasi Putih Bisa Bikin Ngantuk?

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA