7 Kebiasaan Biker Ini Bisa Berujung Celaka

Jangan Anggap Biasa, 7 Kebiasaan Biker Ini Bisa Berujung Celaka

GESITQQ LOUNGE – Naik sepeda motor memang lebih praktis. Bisa selap-selip di antara kemacetan, irit bahan bakar, serta lincah. Tapi naik sepeda motor itu sangat berisiko.

Bahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah menyebut kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua mencapai 70 persen dari total kecelakaan lalu lintas!

Karena itu harus ekstra waspada saat berkendara sepeda motor. Nah, berikut 5 kebiasaan yang dianggap biasa oleh para biker namun bisa berakibat fatal jika terjadi kecelakaan.

1. Memakai sandal jepit saat naik motor

Pakai sandal jepit memang praktis. Tapi jangan menggunakannya saat naik motor, apalagi untuk jarak jauh. Sebab sandal jepit tidak akan melindungi kakimu saat terjadi kecelakaan.

Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan sepatu. Memang tidak sepraktis sandal jepit, tapi sepatu bisa jauh lebih melindungi kakimu dari benturan atau gesekan jika terjadi kecelakaan.  

2. Hanya menggunakan kaos oblong

Memakai kaos oblong saat naik motor memang menyenangkan. Sebab embusan angin akan membuat tubuh jadi adem. Tapi kalau untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya gunakan jaket, ya.

Sebab selain bisa melindungi badanmu dari terpaan angin, jaket juga bisa menyelamatkanmu dari cedera parah jika terjadi kecelakaan. Akan lebih safe lagi kalau kamu menggunakan jaket khusus untuk touring.

3. Memainkan ponsel saat mengendarai motor

Jangan Anggap Biasa, 7 Kebiasaan Biker Ini Bisa Berujung Celaka

Jangan pernah naik motor sambil memainkan ponsel ya gaes, meskipun ponsel tersebut kamu taruh di setang motor. Sebab memainkan ponsel bisa memecah konsentrasi berkendaramu.

Kalau terpaksa harus menelepon atau mengirimkan pesan, sebaiknya menepi terlebih dahulu di tempat yang aman. Lebih baik terlambat beberapa menit dari pada celaka di jalan, ya.

4. Memakai helm tapi tidak menguncinya

Memakai helm itu penting, tapi jangan lupa untuk menguncinya. Ini penting agar helm tidak terlepas dari kepalamu jika terjadi kecelakaan.

Tentu saja, tidak seorang pun ingin mengalami kecelakaan. Namun tidak ada salahnya mengunci helm agar terhindar dari akibat fatal kecelakaan.

5. Membawa beban berlebih

Jangan Anggap Biasa, 7 Kebiasaan Biker Ini Bisa Berujung Celaka

Satu kebiasaan yang sering dianggap biasa namun berpotensi menyebabkan kecelakaan adalah mengangkut beban berlebih. Selain bisa membuat laju motor menjadi tidak seimbang, beban yang berlebih juga bisa menghalangi jarak pandang pengendara. Akibatnya bisa sangat fatal.

6. Melepas spion sepeda motor

Jangan Anggap Biasa, 7 Kebiasaan Biker Ini Bisa Berujung Celaka

Kebiasaan lain yang sering dilakukan biker adalah menekuk atau melepas spion. Alasannya biar saat menyalip spion tidak menyangkut di kendaraan lain.

Padahal, tanpa spion, seorang pengendara tidak akan bisa melihat situasi di belakangnya. Kalau sudah begitu, risiko kecelakaan akan lebih besar.

7. Boncengan dengan posisi miring

Sering melihat pembonceng yang duduk dengan posisi miring, kan? Nah, posisi ini sebenarnya membahayakan. Sebab posisi duduk miring ini banyak risikonya, seperti terjatuh hingga kain atau celana terjerat gir motor. Akibatnya penumpang, bahkan pengendara, bisa terjatuh.

ID PRO : GESITQQ

MORE INFO :

https://gesitselalujackpot.blogspot.com

https://lnks.cc/gesit-qq