7 Jenis Durian Cepat Berbuah Terpopuler dan Banyak Digemari

7 Jenis Durian Cepat Berbuah Terpopuler dan Banyak Digemari

GesitPokerLounge  7 Jenis durian cepat berbuah menjadi incaran banyak orang untuk dibudidayakan. Hal ini tak terlepas dari harga durian yang selalu stabil dan tidak pernah sepi peminat karena kelezatannya. Apalai perawatannya juga cukup mudah, sehingga bisnis bertani durian semakin digemari. 

Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang jenis durian cepat berbuah sebelum kamu memutuskan untuk membudidayakan durian. Walaupun memang banyak orang yang menggemari durian karena rasanya yang sangat enak, namun jika durian yang kamu budidayakan tidak berkualitas, tentu saja orang-orang juga tidak akan tertarik.

Jenis durian cepat berbuah harus dirawat dengan tepat. Sebenarnya, perawatan yang baik, yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup, penggunaan pupuk, penyiraman rutin, dan pembersihan sekitar pohon juga dapat membuat durian cepat berbuah.

Berikut GesitPokerLounge rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/2/2020) tentang 7 jenis durian cepat berbuah.

Durian Musang King dan Durian Montong

7 Jenis Durian
Durian montong

Durian Musang King

Jenis durian cepat berbuah yang juga terkenal adalah Durian Musang King. Durian musang king ini merupakan jenis durian unggul dari Malaysia. Daging buahnya yang tebal dan biji buahnya berbentuk pipih memberikan kepuasan tersendiri bagi yang mengonsumsinya. Apalagi rasanya juga nikmat, manis, legit dan sedikit pahit.

Buah durian ini mudah matang, meski belum terlalu tua, buahnya mampu masak sempurna dengan cara diperam sekitar 2-4 hari. Warna daging buahnya oranye mirip kunyit, sehingga membuat sebagian masyarakat menyebutnya durian kunyit.

Ukuran buah durian musang king ini tidak terlalu besar dengan ukuran rata-rata 2kg -3kg dan diameter rata-rata 20 cm. Harganya juga tergolong mahal dibandingkan dengan jenis durian cepat berbuah lainnya.

Durian Montong

Durian Montong merupakan salah satu jenis durian cepat berbuah yang tak kalah enak dibandingkan dengan Durian Musang King. Berbeda dengan Durian Musang King, ukuran buah durian montong sangat besar, dengan berat sekitar 6 kg hingga mencapai 10 kg.

Selain itu, daging buahnya sangat tebal dan memiliki rasa manis yang dominan. Tidak heran banyak orang yang sangat menyukai jenis durian cepat berbuah satu ini, tidak hanya untuk dikonsumsi tapi juga untuk dibudidayakan.

Walaupun matangnya buah durian montong ini lebih lama dari jenis buah durian lainnya, kamu tidak akan menyesal karena kelezatan yang ditawarkannya. PokerOnline

Durian Bawor dan Durian Ochee

7 Jenis Durian
Durian Bawor

Durian Bawor

Jenis durian cepat berbuah berikutnya berasal dari Banyumas, yaitu Durian Bawor. Jika dilihat dari segi ukuran, rasa dan ketebalan buah, durian bawor sebanding dengan durian montong. Aspek keunggulan durian bawor memang hampir sama dengan durian montong, tetapi durian bawor lebih mudah matang dibandingkan dengan durian montong.

Namun, durian bawor ini memiliki tingkat ketahanan yang lebih rendah dari jenis durian lainnya terhadap serangan hama atau penyakit. Maka dari itu, perawatan yang baik dan teratur diperlukan dalam budidaya durian bawor ini.

Durian Duri Hitam atau Ochee

Durian Duri Hitam atau Durian Ochee ini merupakan jenis durian cepat berbuah selanjutnya yang juga banyak digemari. Durian ini memiliki keunggulan buahnya yang tidak lengket ketika dipegang namun begitu nempel dan legit ketika samapai di lidah.

Kombinasi rasa gurih, manis, lembut, dan sedikit rasa pahit yang sudah menjadi ciri khas durian akan kamu nikmati saat menyantap durian ochee ini. Selain itu, durian ochee ini sangat ramah terhadap semua jenis tanah dan tahan terhadap cuaca kering.

Baca Juga : Cara Cek IMEI iPhone dan Android, Pastikan Bukan Ponsel Ilegal

Durian Petruk, Durian Merah Banyuwangi, dan Durian Pelangi

7 Jenis Durian
Durian merah dan orange.

Durian Petruk

Jenis durian cepat berbuah berikutnya adalah Durian Petruk asli Indonesia, tepatnya berasal dari Jepara. Durian unggul yang satu ini merupakan salah satu durian yang bagus dan cocok untuk dibudidayakan di daerah dataran rendah.

Keunggulan durian petruk antara lain rasa buah yang lezat, manis, legit, dan sedikit pahit, daging buahnya tebal, dan produktivitas pohon relatif tinggi, hampir sebanding dengan durian musang king.

Namun seperti durian bawor, ketahanan tanaman terhadap penyakit dan hama agak rendah, sehingga perlu perawatan yang baik.

Durian Merah Banyuwangi

Durian Merah Banyuwangi merupakan salah satu jenis durian cepat berbuah yang termasuk masih jarang di Indonesia. Seperti namanya, durian ini berasal dari Banyuwangi. Durian ini cukup unik karena memiliki warna daging buah yang berbeda dengan durian lain yaitu berwarna merah pekat.

Selain itu, daging buahnya tebal, dan tentunya memiliki prospek yang menjanjikan karena belum banyak yang membudidayakan durian jenis ini. Namun ukuran buah ini tidak terlalu besar dan harganya masih relatif mahal. Selain itu, banyak beredar bibit durian merah yang tidak asli.

Durian Pelangi

Durian pelangi juga merupakan jenis durian cepat berbuah asli Indonesia, tepatnya dari daerah Manokwari. Sesuai namanya, durian ini memilki warna daging buah yang unik dengan gradasi warna antara putih, kuning dan merah.

Keunggulan durian ini antara lain yaitu rasa buahnya lezat, ukuran buah lumayan besar, dan daging buah cukup tebal.