7 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Ragam Manfaatnya

Panduan Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

GESITPKR99.COM 7 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Ragam Manfaatnya Setiap orang harus menjaga kebersihan lingkungan di mana pun mereka berada. Tidak hanya demi kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan juga punya efek berantai yang sangat baik demi keberlangsungan hidup di bumi, termasuk untuk generasi selanjutnya. Ya, memang sepenting itu!

Maka dari itu, kamu harus benar-benar paham bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan. Tentu hal ini harus di barengi dengan sebuah aksi dari masing-masing orang. Bayangkan saja jika setiap orang menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Bukankah kondisi bumi kita akan lebih baik juga? Yuk, langsung saja simak cara-caranya beserta manfaatnya di bawah ini bersama Kania!7 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Ragam Manfaatnya

Memisahkan Jenis Sampah

Tidak cukup hanya membuang sampah pada tempatnya, tetapi pemisahan jenis sampah akan lebih maksimal dalam menjaga kebersihan lingkungan. Caranya juga mudah, yaitu memisahkan antara sampah anorganik (gelas, plastik, dan besi), organik (sisa-sisa makanan), dan residu (styrofoam, sachet, kertas, tisu).

Dengan memisahkan sampah sejak di rumah, maka sampah bisa di sortir dan di salurkan secara lebih tepat ke pembuangan sampah. Manfaatnya akan sangat terasa karena tidak semua jenis sampah akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Lingkungan pun akan jadi lebih bersih dari jenis-jenis sampah yang seharusnya bisa di daur ulang. 

Mendaur Ulang Sampah

Setelah sampah di pisah, maka cara mendaur ulang sampah juga bisa di lakukan dengan mudah sebagai cara menjaga kebersihan lingkungan. Contohnya, sampah organik bisa di jadikan kompos, sedangkan sisa sampah seperti gelas, plastik, dan besi bisa di daur ulang menjadi produk yang lebih berguna.POKER ONLINE

Buat yang kreatif, membuat dekorasi dari sisa bahan sampah juga bisa jadi cara menjaga kebersihan lingkungan yang asyik. Manfaatnya nggak cuma untuk jadi produk tambahan, tapi juga mencegah volume sampah berlebihan.

Menghancurkan Sampah dengan Benar

Jika sampah tidak bisa di daur ulang, maka pastikan sudah di hancurkan dengan benar. Sampah plastik sudah sepatutnya di remukkan agar tidak jadi sarang penyakit atau di salahgunakan. Demikian pula halnya dengan sampah kimia seperti obat-obatan. Masker bekas juga harus di hancurkan dengan benar agar tidak membahayakan orang lain atau mencemari sumber air dan lingkungan.

Menutup Saluran Pembuangan Air

Menjaga kebersihan lingkungan sangat erat kaitannya dengan sumber air. Maka itu, ingatlah untuk menutup saluran pembuangan air agar tidak kotor dari sampah yang berasal dari jalanan. Jika sampai saluran pembuangan air tersumbat, maka akan lebih susah di bersihkan dan juga bisa menjadi sarang nyamuk serta penyakit.

Melakukan Penghijauan

Manfaat dari melakukan penghijauan sangat baik untuk kesehatan. Selain membuat lingkungan rumah lebih sejuk dan asri, penghijauan juga mengembalikan kualitas tanah di lingkungan. Cara menjaga kebersihan lingkungan ini juga mampu membersihkan udara, menyegarkan mata, serta menjauhkan dari polusi udara sehingga baik juga untuk kesehatan mental. 

Mengurangi Limbah 

Lanjuti usaha menjaga kebersihan lingkungan dengan menjadi lebih kritis dan tidak konsumtif, apalagi jika kamu tidak benar-benar memerlukannya. Tanamkan prinsip pengurangan limbah sejak awal dengan cara menghindari sampah plastik, kertas, dan jenis kemasan lain yang sulit atau tidak bisa di uraikan. 

Dengan mengurangi limbah, kamu akan merasakan manfaat seperti pengurangan polusi, menghemat sumber daya alam, hingga menjadi lebih ekonomis alias menghemat pengeluaran yang tidak perlu. Jangan lupa gunakan juga 

Mempertahankan Ekosistem yang Sehat

Tujuan terakhir dari menjaga kebersihan lingkungan adalah mencapai keseimbangan ekosistem yang sehat. Dengan demikian, saluran air terjaga dan lancar, pertumbuhan tanaman hijau pun bisa maksimal sehingga efeknya berkesinambungan ke kualitas udara yang bebas polusi dan menyehatkan. 

Usaha menjaga kebersihan lingkungan hingga mencapai ekosistem yang seimbang tentunya bukan hal yang mudah. Tetapi, bukan berarti tidak bisa di wujudkan. Caranya dengan melibatkan anggota lingkungan untuk gotong royong dan saling menjaga kebersihan lingkungan dari hulu hingga ke hilir. 

Setelah melihat cara-cara di atas, selama ini kamu sudah turut serta belum dalam menjaga kebersihan lingkungan? Terutama di masa pandemi, jangan abai dengan yang namanya kebersihan diri dan lingkungan. Dengan mengambil bagian menjaga kebersihan lingkungan, maka pemutusan mata rantai terhadap hama penyakit dan sebagainya akan lebih maksimal. Yuk, sama-sama kita jaga kebersihan lingkungan!7 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Ragam Manfaatnya