7 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan Setelah Masak

GESITPOKER Lounge – Cara menghilangkan bau bawang putih di tangan setelah masak tentunya perlu kamu ketahui. Sering kali bau bawang putih tertinggal di tangan dan sulit hilang setelah kamu memasak. Bahkan, setelah dicuci dengan sabun pun baunya tetap ada.

Bau yang sulit hilang ini ternyata disebabkan oleh senyawa sulfur dan allicin, yang membuat bawang putih berbau cukup menyengat. Padahal bawang putih merupakan salah satu bahan yang sangat sering digunakan untuk memasak makanan.

Cara menghilangkan bau bawang putih di tangan bisa kamu terapkan menggunakan beberapa bahan dapur. Kamu bisa menggunakan kopi, pasta gigi, hingga baking soda agar bau bawang putih di tangan cepat hilang. Dengan bahan-bahan tersebut, bawa bawang putih di tangan akan segera hilang.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, tentang cara menghilangkan bau bawang putih di tangan.

Stainless Steel dan Garam

Ilustrasi Garam
7 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan Setelah Masak

Stainless Steel

Cara menghilangkan bau bawang di tangan yang pertama adalah dengan menggosokkan tangan ke peralatan masak berbahan stainless steel. Hal ini disebabkan karena ternyata logam mampu menghilangkan atau menetralkan bau tajam dari bawang dengan baik.

Cukup dengan menggosokkan tangan dengan lembut menggunakan spons atau permukaan peralatan berbahan stainless steel, lalu cuci tangan dengan sabun setelahnya.

Garam

Mencuci tangan dengan garam juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau bawnag di tangan. Caranya mudah saja, ambil sedikit garam dan beri sedikit air. Kemudian, gosokkan pada telapak tangan selama beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih. Ini akan menetralisir bau bawang di tangan setelah memasak.

Lemon dan Kopi

Ampas Kopi
7 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan Setelah Masak

Lemon

Merendam tangan dalam air perasan lemon juga bisa mengatasi bau bawang yang membandel. Harum khas dari lemon bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau bawang di tangan. Caranya mudah saja, cukup dengan melumurkan seiris lemon pada permukaan tangan, kemudian bilas dengan air dan sabun. Bau bawang di tangan akan segera hilang dan tanganmu akan kembali harum.

Kopi

Cara menghilangkan bau bawang di tangan selanjutnya adalah menggunakan kopi. Bubuk kopi yang memiliki aroma kuat dapat menghilangkan bau bawang yang menyengat. Aroma kopi akan menyamarkan dan perlahan menghilangkannya.

Kamu juga bisa menggunakan ampas kopi yang bertindak sebagai exfoliant yang melepaskan bau lebih cepat dengan aroma yang khas.

Pasta Gigi, Baking Soda, dan Air Dingin

Baking Soda
7 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan Setelah Masak

Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau bawang di tangan karena kandungan flouride di dalamnya. Pasta gigi mengandung senyawa alkali yang akan bereaksi dan memecah senyawa allicin yang menyebabkan bau pada bawang putih.

Baking Soda

Cara menghilangkan bau bawang di tangan juga bisa menggunakan baking soda. Caranya cukup dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air. Kemudian gosokkan merata pada tangan yang bau bawang dan bilas bersih. Baking soda mampu menyerap bau tajam yang menempel di tangan, sehingga tangan kamu akan bebas dari bau bawang setelah memasak.

Air Dingin

Menggunakan air dingin bisa juga menjadi alternative terakhir sebagai cara menghilangkan bau bawang di tangan. Air dingin dapat membuat pori-pori kulit mengecil, sehingga bawang bawang putih tidak akan terserap hingga ke dasar kulit. Sedangkan, jika kamu menggunakan air hangat untuk membersihkan tangan yang bau bawang, hal ini malam menyebabkan bau tak sedap makin terserap ke dalam lapisan kulit karena pori-pori yang membesar.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau bawang di tangan setelah masak. Kamu bisa menggunakan tips tersebut agar tidak terganggu menjalani aktivitas karena bau bawang yang menyengat.