6 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat

6 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat

GESITPOKERLOUNGE 6 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat. Ada kalanya kita merasa jenuh dan tidak semangat bekerja. Ketika perasaan ini menghampiri, rasanya sulit sekali menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab yang dimiliki. 

Jika kamu merasa demikian, itu artinya kamu perlu tahu cara memotivasi diri agar bisa terbebas dari perasaan tersebut. 

1. Yakinkan dirimu kamu ingin melakukannya

Cara memotivasi diri sendiri yang pertama adalah dengan meyakinkan dirimu bahwa kamu ingin melakukan pekerjaan tersebut. Yakinlah bahwa pekerjaanmu tidak sesulit yang kamu pikirkan. 

Dengan demikian kamu akan mampu meyakinkan dirimu bahwa kamu benar-benar ingin melakukannya dan bukan karena keterpaksaan. Kamu juga bisa meyakinkan diri dengan berfokus pada betapa menyenangkannya ketika pekerjaan dan tanggung jawab tersebut selesai.

2. Berusaha positif

Ketika suasana hati buruk dan pikiran kita terus-menerus diliputi hal negatif, kita akan sering menunda-nunda sesuatu. Jadi, menunda-nunda pekerjaan dapat ditangani dengan mengatur suasana dan pikiran untuk tetap positif.

Di lain sisi, riset menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat meningkatkan produktivitas dan membuat kamu lebih sukses. Jadi, berusahalah untuk selalu mengatur dan menjaga suasana hati serta pikiranmu untuk lebih positif jika ingin mendapatkan kembali motivasimu.

3. Berhentilah terlalu memikirkan hal yang tidak penting

Memikirkan dan melakukan hal-hal yang tidak penting akan mengorbankan banyak sekali energi serta kesehatan mental. Mulai sekarang, cobalah mendaftarkan apa saja hal yang harus kamu lakukan setiap harinya. 

Lalu, buanglah semua kegiatan tidak penting yang membebani karena hal ini hanya akan menurunkan energi dan motivasimu untuk melakukan hal lain.

4. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang terbiasa bekerja keras

Membuat dirimu dikelilingi oleh orang-orang yang terbiasa untuk bekerja keras akan membuatmu lebih termotivasi untuk bekerja keras juga.  

Kamu bisa menemukannya di tempat kerja, atau teman-teman sepermainan terdekatmu. Pastikanlah kamu dikelilingi oleh mereka yang dapat mendorongmu untuk sukses.

Bahkan, pepatah populer mengatakan bahwa kamu adalah cerminan dari 5 orang teman terdekatmu, lho!

5. Miliki waktu untuk berhenti bekerja

Tidak ada orang yang sanggup bekerja 24/7 setiap harinya. Bahkan seorang enterpreneur pun biasanya mengatur waktu bekerjanya sebanyak 8 jam dalam sehari agar hidupnya tetap seimbang.  

Jadi, kamu juga harus begitu, kamu harus memiliki waktu realistis kapan harus berhenti dan kapan harus mulai lagi.

6. Jangan menunggu motivasi datang

Terakhir, kamu tidak bisa hanya menunggu kapan motivasi akan datang menghampirimu. Sebaiknya daripada menunggu, kerjakan saja sebisamu dan usahakan untuk fokus pada hal tersebut. 

Sebab, percuma saja menunggu motivasi datang jika kamu hanya bermalas-malasan dan pasrah dengan keadaan. 

Ingat, motivasi tidak bisa datang begitu saja. Jadi, jika kamu mulai tidak semangat, cobalah 6 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat.

Baca Juga : Teknisi Pesawat Bergaji Rp49 Juta Banting Setir