5 Agar Minyak Tidak Cepat Hitam

GESITPOKER LOUNGE – Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam bisa kamu terapkan saat memasak. Tetap menggunakan minyak goreng yang telah menghitam dan keruh tentu dapat memengaruhi rasa dan aroma makanan. Makanan yang kamu goreng pun hasilnya menjadi tidak sempurna.

Apalagi, penggunaan minyak goreng yang sudah keruh atau menghitam memang tidak dianjurkan. Akibatnya, kamu harus langsung mengganti minyak yang dipakai untuk memasak dengan yang baru. Melihat harga minyak semakin mahal, hal ini tentunya perlu diperhatikan.

Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam dipengaruhi oleh cara menggunakan dan menyimpannya. Sebenarnya, penggunaan minyak goreng disarankan untuk digunakan 3 kali pemakaian saja. Setelah minyak goreng keruh dan menghitam, kamu tidak boleh lagi menggunakannya. Selain berdampak pada rasa dan aroma, penggunaan minyak yang telah menghitam dan keruh bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Berikut Betgesit.org rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/9/2020) tentang tips agar minyak goreng tidak cepat hitam.

Tidak Menggunakan Api Besar saat Memasak

Salah satu tips agar minyak goreng tidak cepat hitam adalah dengan menghindari penggunaan api besar saat memasak. Warna minyak goreng bisa cepat berubah jadi kehitaman bila kamu sering kali menggunakan api besar dalam proses penggorengan.

Minyak yang terlalu panas akan cepat berubah jadi kehitaman. Jadi, sebaiknya gunakan api kecil atau api sedang saja untuk menggoreng.

5 Agar Minyak Tidak Cepat Hitam

Segera Bersihkan Sisa Makanan pada Minyak

Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam selanjutnya adalah segera membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada minyak. Misalnya, dalam membuat olahan gorengan yang bertepung, biasanya akan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di minyak.

Sisa-sisa ini perlu segera kamu bersihkan. Hal ini dilakukan supaya kualitas minyak bisa lebih terjaga, jadi kamu harus lekas membersihkan sisa-sisa ini secepat mungkin. Jika dibiarkan begitu saja, nantinya sisa-sisa makanan ini akan semakin larut dan mengotori minyak.

Jauhkan Minyak dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selain memperhatikan cara memasak, kamu juga harus memperhatikan cara menyimpan minyak. Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam selanjutnya adalah menyimpannya jauh dari paparan sinar matahari langsung.

Jika tidak disimpan dengan baik, minyak akan cepat berubah warna jadi keruh dan menghitam. Simpan minyak dalam wadah stainless atau botol tertutup rapat. Jauhkan dari sumber panas dan paparan sinar matahari langsung.

Pisahkan Minyak Sesuai dengan Bekas Makanan

Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam selanjutnya masih berkaitan dengan penyimpanannya, yaitu memisahkan minyak sesuai dengan bekas makanan yang telah digoreng. Hal ini dilakukan untuk menghindari bercampurnya aroma dari satu makanan dengan makanan lainnya.

Contohnya, saat kamu menggunakan minyak goreng untuk memasak ikan, gunakanlah bekas minyak goreng tersebut untuk menggoreng ikan juga setelahnya. Jangan sampai kamu menggunakan minyak goreng bekas memasak ikan digunakan untuk memasak makanan lain, misalnya pisang goreng. Jadi, pisahkan minyak sesuai dengan bekas makanan yang kamu masak.

5 Agar Minyak Tidak Cepat Hitam

Maksimal Penggunaan Minyak adalah Tiga Kali

Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam berikutnya adalah batas pemakaiannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak sebaiknya tidak dipakai berulang-ulang. Setidaknya, maksimal tiga kali penggunaan atau penggorengan saja.

Jika digunakan berulang-ulang, minyak akan menghitam dan pastinya kualitasnya pun akan menurun. Apalagi hal ini dapat mengakibatkan rasa hingga aroma makanan menjadi tidak seenak seharusnya. Selain itu, penggunaan minyak goreng berulang-ulang atau yang telah menghitam dan keruh dapat juga berpengaruh terhadap kesehatan.

Itulah beberapa tips agar minyak goreng tidak cepat hitam dan keruh yang bisa kamu praktikkan di rumah. Jika minyak telah hitam dan keruh, segera ganti dengan yang baru untuk menjaga kesehatan dan makanan tetap enak.

Baca juga : Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

GESITPOKER SITUS JUDI ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA SE-ASIA