5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk

GesitQQ Lounge – 5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk. Meski berbahaya, faktanya kita tidak bisa benar-benar menghindar dari paparan toksin atau racun. Toksin dapat berasal dari senyawa kimia dari produk yang kita gunakan sehari-hari seperti sabun atau kosmetik, dari senyawa limbah hasil metabolisme makanan yang kita konsumsi, dan dari lingkungan seperti polusi udara.

Mengutip Bustle, menurut Nasimeh Yazdani, M.D., pendiri Seaside Medical Technologies, yang dimaksud dengan racun atau toksin adalah, zat berbahaya yang dapat mengacaukan DNA dan menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Ia mencontohkan senyawa formaldehida, yang biasa di gunakan pada produk kosmetik, dapat menyebabkan bayi terlahir cacat. Itulah sebabnya ibu hamil sangat di sarankan untuk menghindari penggunaan kosmetik selama kehamilan.

Berdasarkan data dari Environmental Protection Agency, di ketahui ada setidaknya 595 senyawa kimia yang secara signifikan dapat menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan manusia.

Walaupun tubuh memiliki mekanisme pengeluaran racun, ada kalanya pola hidup yang kurang sehat mengakibatkan jumlah racun dalam tubuh jadi menumpuk, sehingga memicu berbagai penyakit. Untuk mengetahui apakah tubuh kamu telah menumpuk dengan racun atau tidak, bisa di cek tanda-tanda berikut ini.

5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk

Mengalami kabut otak

5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk, Segera Detoks!

Di antara kamu mungkin pernah mengalami otak nge-blank alias gak bisa mikir. Kebingungan, kehilangan daya ingat, dan ketidakmampuan untuk tetap fokus adalah beberapa ciri dari kabut otak atau brain fog. Kondisi ini bisa di sebabkan oleh iritasi akibat paparan senyawa kimia atau toksin.

“Melalui serangkaian reaksi, toksin menyebabkan peradangan yang dapat melucuti tubuh dari vitamin esensial, mineral, dan hormon yang di perlukan bagi fungsi tubuh sehari-hari,” ujar Janette Nesheiwat, M.D., dokter keluarga asal Amerika Serikat (AS) kepada Bustle.

Nesheiwat mengibaratkan tubuh yang penuh racun dengan mobil yang rusak akibat pemakaian oli yang buruk. Penumpukan racun menyebabkan tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dan memengaruhi berbagai area, termasuk otak.

Selalu lelah

5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk, Segera Detoks!

Dalam sebuah penelitian yang di muat dalam jurnal Science of the Total Environment, ditemukan adanya kaitan antara kelelahan kronis dengan paparan racun dari lingkungan seperti pestisida, bahan pelarut (solvent), serta logam.

Yang di maksud dengan kelelahan kronis adalah rasa lelah yang parah dan telah berlangsung selama lebih dari 6 bulan. Dari hasil penelitian di ketahui, para pasien yang terpapar toksin mengalami gangguan hipotalamus (bagian otak penghasil hormon-hormon penting bagi tubuh), dan terjadi disfungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut Nesheiwat, tumpukan racun dalam tubuh akan menyebabkan organ hati dan ginjal bekerja ekstra untuk membuang limbah tersebut. Ketika ginjal bekerja secara berlebihan, justru fungsinya akan menurun, menyebabkan racun tak bisa di buang sepenuhnya, sehingga tubuh tetap di penuhi racun, menyebabkan kamu selalu merasa lelah dan rendah energi.

Badan pegal linu

5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk, Segera Detoks!

Jumlah toksin yang berlebihan dalam tubuh juga bisa di sebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat. Nesheiwat menjelaskan, sering mengonsumsi makanan cepat saji, yang menurutnya sarat dengan bahan kimia, dapat menyebabkan racun menumpuk dalam tubuh.

Senyawa ini di ketahui bisa mengganggu hormon dan telah di kaitkan dengan berbagai penyakit.

Karena senyawa ini termasuk toksin, maka penumpukan dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai gejala. Di antaranya lesu dan nyeri sendi serta otot, atau lebih kita kenal dengan pegal linu.

Sembelit

5 Tanda Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk, Segera Detoks!

Selain ginjal, proses pembuangan racun dari dalam tubuh juga di lakukan oleh organ hati. Melansir Observer, manakala organ hati kewalahan harus membuang racun akibat pola makan yang buruk, atau paparan racun dari obat-obatan dan lingkungan, hal itu akan berdampak pada sistem pencernaan.

Organ hati di ibaratkan seperti pusat kendali sistem pencernaan dalam tubuh. Jika pusat kendali tersebut mengalami perlambatan atau kerusakan, maka sistem pencernaan pun jadi tidak normal, di tandai dengan perut kembung atau sembelit.

Bau badan

Ciri lainnya dari tubuh yang memiliki kadar racun berlebih adalah bau badan yang tak biasa. Menurut Nesheiwat, tubuh akan menciptakan gas dan bau, yang merupakan hasil dari proses metabolisme dan pemecahan dari segala yang kita hirup, telan, atau yang terpapar.

Timbulnya bau badan tak sedap, urine berbau, atau bau mulut bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang berusaha membuat racun.

Apabila kamu mengalami beberapa tanda atau gejala di atas, jangan di biarkan. Segera lakukan detoksifikasi, di antaranya dengan banyak minum air putih, istirahat cukup, rutin berolahraga, meminimalkan stres, hindari minuman beralkohol dan makanan olahan, serta perbanyak makan sayur dan buah yang kaya akan antioksidan.

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas