5 Pesawat Udara Tercepat Sepanjang Masa!

GesitQQ Lounge – Kendaraan paling cepat di dunia sampai saat ini adalah pesawat udara. Itulah mengapa kita selalu menggunakan mode transportasi ini ketika melakukan perjalanan jauh. Di darat, alat transportasi paling cepat mungkin kereta Shinkansen di Jepang, selain itu belum ada alat pengangkut massal yang menggunggulinya.

Bye the way, anda tahu tidak berapa kecepatan pesawat yang anda naiki? Berapa, 500 km/jam atau lebih dari itu? Well, rata-rata pesawat komersil memiliki kecepatan sekitar 500-700 km/jam. Itulah mengapa jarak yang panjang bisa di tempuh dalam hitungan jam saja.

Lalu bagaimana pesawat yang ktia naiki pesawat jet? Kecepatannya mencapai berapa ya?

1. X-15

Pesawat udara paling cepat di dunia adalah X-15 yang sebenarnya masih prototype. Kecepatan yang mampu di capai pesawat ini tahun 1967 mencapai 7273 km/jam. Pesawat ini adalah proyek kerja sama Angkatan Udara Amerika dan NASA.

Saat meluncur, pesawat di bantu pelontar berupa B-52 boomber. Setelah di udara mesin baru menyala dan bisa di jalankan secara konvensional. Bisa di bayangkan betapa cepatnya pesawat super ini!

2. SR-71

Lockheed SR-71 sering di sebut dengan Blackbird karena warnanya dominan hitam. Selain itu pesawat ini di desain memiliki kemampuan seperti burung yang melesat di udara. Blackbird memiliki kecepatan sekitar 3540 km/jam.

Kecepatan yang sangat hebat ini membuatnya digunakan sebagai pesawat pengintai. Pesawat ini digunakan pertama tahun 1964 dan baru di hentikan sekitar tahun 1999.

3. YF-12

Lockheed YF-12 adalah sebuah pesawat yang merupakan prototype. Di buat oleh Angkatan Udara Amerika untuk pesawat pencegat. Kecepatan yang mampu di capai oleh pesawat ini adalah 3.661 km/jam.

Namun sayang proyek akhirnya di hentikan. Alasan yang mendasarinya adalah mahalnya biaya. Serta banyaknya gangguan dari cuaca saat dilakukan uji coba. Akhirnya proyek ini di ubah dan di buatlah SR-71.

4. MIG-25

MIG-25 di kenal sebagai pesawat operasi paling menakutkan di dunia. Ia memiliki performa yang sangat baik untuk melakukan penyerangan. Selain itu pesawat yang di buat tahun 1964 ini mampu bergerak dengan sangat cepat.

Dengan kecepatan yang mencapai 3400 km/jam membuat MIG-25 tetap bertahan hingga sekarang. Negara di dunia yang masih menggunakan pesawat operasi super cepat ini adalah Algeria, Azerbaijin, dan Suriah.

5. Bell X2

Bell X2 adalah sebuat pesawat uji coba yang digunakan pertama kali tahun 1955. Sebelum X2 ada sebuah pesawat pendahulu bernama X1 yang mampu menandingi kecepatan suara untuk pertama kalinya di dunia.

Pesawat Bell X2 memiliki kecepatan mencapati 3370 km/jam. Dari pengembangan pesawat ini, Amerika akhirnya mampu membuat pesawat lain yang memecahkan rekor dunia dari segi kemampuan dan kecepatan.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas