5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari Segera Cek Sebelum Terlambat

GesitPokerLounge 5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari Segera Cek Sebelum Terlambat Tak perlu diragukan lagi, tulang memang merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki banyak fungsi. Namun, tanpa kita sadari seiring pertambahan usia dan tanpa perawatan tulang yang tepat dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit tulang.

1. Osteoporosis

5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari Segera Cek Sebelum Terlambat
5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari Segera Cek Sebelum Terlambat Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang banyak diderita oleh manusia. Osteoporosis adalah keadaan di mana tulang menjadi keropos sehingga mudah patah.Penyakit ini bisa dikatakan lebih bahaya ketimbang kanker. Selain tidak dapat disembuhkan, penyakit ini muncul diam-diam tanpa gejala alias silent disease.Bahayanya, Osteoporosis lebih banyak menyerang pada wanita. Karena, massa tulang perempuan lebih rendah dibandingkan laki-laki. Penyakit ini sebenarnya sudah mulai menyerang sejak penderita masih berusia muda. Namun umumnya gejala baru muncul setelah usia penderita berusia 50 tahun.PokerOnline

2. Kelainan Tulang Punggung

5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari Segera Cek Sebelum Terlambat
Jika kamu adalah seorang pekerja yang sering duduk, kamu perlu waspada dengan posisi dudukmu. Pasalnya, kelainan pada tulang punggung bisa diakibatkan oleh posisi duduk yang kurang tepat, namun kelainan tulang ini juga bisa disebabkan karena faktor lain. Kelainan tulang punggung dibagi menjadi tiga, yaitu:· Skoliosis adalah posisi tulang punggung melengkung ke samping sehingga tubuh menjadi tidak simetris.· Lordosis adalah posisi tulang belakang yang melengkung ke depan.

3. Paget

5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari Segera Cek Sebelum Terlambat
Penyakit tulang lainnya ialah paget. Paget terjadi pada tulang akibat adanya gangguan pada proses daur ulang sel tubuh, saat jaringan tulang yang baru menggantikan jaringan tulang yang lama.Seiring dengan berjalannya waktu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan tulang yang menjadi rapuh dan berubah bentuk. Penyakit tulang Paget paling sering ditemukan pada tulang panggul, tulang tengkorak kepala, tulang belakang, dan tulang tungkai.Sebagian besar orang dengan penyakit Paget tidak menunjukkan tanda atau gejala khusus. Bila terdapat tanda atau gejala, keluhan yang paling sering diutarakan adalah nyeri tulang.

4. Kanker Tulang

Kanker tulang atau Osteosarkoma adalah tumor tulang ganas yang berasal dari sel pembentuk tulang. Biasanya kanker tulang atau osteosarkoma terjadi pada tulang panjang, seperti lengan dan tulang kaki. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan juga terjadi di semua jenis tulang.Gejala klinis kanker tulang keras atau Osteosarkoma yang paling utama adalah nyeri. Pada awalnya nyeri terasa ringan dan tidak sering. Namun seiring dengan berjalannya waktu, rasa nyeri akan semakin bertambah hebat.

5. Osteomalasia

Osteomalasia adalah kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak sehingga mudah patah. Penyakit tulang ini sebagian besar dialami pada orang yang kekurangan vitamin D dan mendapat sedikit paparan sinar matahari.Faktor penyakit Osteomalasia adalah kurangnya konsumsi vitamin D, fosfat, dan kalsium. Ketiga komponen tersebut merupakan zat utama yang mendukung kesehatan tulang, sehingga tulang akan terbentuk dengan kuat. Oleh karena itu, Osteomalasia dapat dicegah dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin D dan memaparkan diri ke sinar matahari.