5 Manfaat Makan Bersama Keluarga bagi Tumbuh Kembang Anak

5 Manfaat Makan Bersama Keluarga bagi Tumbuh Kembang Anak

GESITQQ LOUNGE Kapan terakhir kali kita sebagai orangtua menghabiskan waktu untuk makan bersama anak-anak? Rasanya tradisi ini telah di tinggalkan oleh banyak keluarga. Padahal aktivitas makan bersama menjadi salah satu cara penting dalam memelihara komunikasi dan kerekatan di antara anggota keluarga.

1. Menambah nafsu makan

Anak-anak berusia biasanya melakukan gerakan tutup mulut atau di kenal juga dengan GTM. Ini merupakan aksi menolak makan yang biasanya membuat orangtua pusing tujuh keliling. Berbagai cara telah di lakukan, namun anak tetap mengelak dan menghindari makan.

2. Melatih kemampuan psikososial anak

Saat makan bersama, ada banyak aktivitas yang di lakukan. Mulai dari mengobrol santai, bersenda gurau, bahkan berdiskusi serius. Ternyata, hal ini bisa memicu perkembangan psikososial pada anak.

Menyaksikan interaksi sosial antar anggota keluarga membuat anak mempelajari banyak hal. Mereka juga bisa merasakan keharmonisan dan kehangatan dalam keluarga sehingga memiliki kondisi mental yang lebih stabil. Dalam jangka panjang, tentunya mereka tak mudah terjerumus akan hal-hal negatif.

3. Membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, acara makan bersama tak hanya sebatas mengonsumsi makanan, tetapi juga melibatkan komunikasi dua arah antar anggota keluarga. Kesempatan ini bisa di manfaatkan untuk saling berbagi cerita.

Ini mendorong tiap anggota keluarga untuk lebih terbuka dan berempati terhadap satu sama lain. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Montreal pada 2017 melaporkan bahwa diskusi yang di lakukan di meja makan membuat anak-anak berkomunikasi lebih baik dengan orang lain.

4. Menciptakan self-esteem positif

Self-esteem di maknai sebagai pemikiran, perasaan, atau pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Saat berada dalam lingkungan yang harmonis, anak cenderung merasa aman dan stabil sehingga bisa mencapai potensi maksimalnya.

5. Membuat anak lebih resilien

Setiap orangtua tentu mengharapkan anak-anaknya menjadi sosok yang tangguh. Saat di tempa masalah, mereka akan segera bangkit dan mengatasi permasalahannya. Dalam hal ini, kontak erat dengan keluarga melalui kegiatan makan Tumbuh Kembang bersama secara rutin bisa melatih resilience anak