5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

GesitQQ Lounge – 5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan. Pepaya merupakan tanaman yang banyak tersebar di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia. Buah tanaman ini tergolong populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya manis dan dagingnya pun lunak.

Di dalam satu buah pepaya terdapat biji berjumlah sangat banyak. Namun, sampai saat ini, biji pepaya masih belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Ujung-ujungnya hanya dibuang saja. Padahal, biji pepaya mengandung banyak senyawa kimia yang kaya manfaat. Nah, berikut 5 manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh.

5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Melindungi sistem pencernaan dari bakteri dan parasit

Jangan Dibuang! 5 Manfaat Luar Biasa Biji Pepaya untuk Kesehatan

Tak banyak yang tahu, biji pepaya ternyata mampu melindungi saluran pencernaan dari bakteri jahat. Biji hitam dengan selaput bening ini memiliki nutrisi penting dengan khasiat sebagai antibakteri yang efektif melawan bakteri. Selain itu, biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam pencernaan. 

Berperan sebagai antidiare

Jangan Dibuang! 5 Manfaat Luar Biasa Biji Pepaya untuk Kesehatan

Diare merupakan salah satu penyakit saluran pencernaan yang paling umum terjadi. Ada banyak obat yang bisa digunakan untuk mengobati diare, namun masyarakat bisa memilih tanaman obat sebagai alternatif pengobatan. 

Selain jambu biji, tanaman obat lain yang masih belum dimanfaatkan adalah biji buah pepaya. Pemanfaatan biji buah pepaya masih rendah, padahal biji buah pepaya juga mengandung senyawa aktif seperti tanin, fenol, saponin dan alkaloid. Senyawa tersebut bisa digunakan sebagai antidiare.

Mengurangi rambut beruban

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh biji pepaya adalah mengurangi rambut beruban. Biji pepaya mengandung kurang lebih 24 persen protein , 32 persen karbohidrat, dan 25 persen minyak esens.

Selain itu, pada biji pepaya terdapat salah satu bahan alami, yaitu kandungan glucoside caricin carpain. Kandungan kimia inilah yang membantu menghitamkan rambut sehingga mengurangi jumlah rambut beruban. 

Mengurangi kolesterol darah

Biji pepaya dapat dimanfaatkan sebagai jus yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Senyawa flavonoid yang dimilikinya berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi oksidasi kolesterol.

Mengatasi cacingan

Khasiat berikutnya yang dimiliki biji pepaya adalah mampu mengatasi cacingan dalam saluran pencernaan. Biji pepaya bisa dimanfaatkan sebagai sirup yang memiliki efek antelmintik untuk memberantas dan mengurangi cacing dari dalam tubuh manusia. 

Pemberian bubuk biji pepaya kering pun berperan sebagai antihelmintik dan berkhasiat dalam mengatasi cacingan pada anak usia sekolah dasar.

Nah, mulai sekarang jangan buang biji pepayamu begitu saja, ya. Kamu pun bisa mengolahnya agar lebih bermanfaat.

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas