5 Makanan Atasi Susah BAB

GesitQQ Lounge – 5 Makanan Atasi Susah BAB. Siapa sih yang mau punya perut begah gara-gara sulit BAB? Pasti nggak mau, kan? Selain mengganggu penampilan karena perut jadi terlihat buncit, perut juga akan terasa tidak nyaman.

Ternyata, salah satu penyebab susah BAB adalah kurangnya serat. Tapi tenang saja, dilansir dari Health Line, ada banyak jenis makanan yang mengandung serat. Apa saja itu?

5 Makanan Atasi Susah BAB

Alpukat

Susah BAB? Coba Konsumsi 5 Makanan Berikut Ini!

Meskipun buah satu ini memiliki karbohidrat lebih tinggi daripada beberapa buah lainya, tapi kamu nggak perlu khawatir. Karena, buah ini mengandung lemak baik yang mudah diproses sistem pencernaan kita.

Buah ini cocok kamu konsumsi untuk melancarkan BAB, karena dalam 100 gramnya terdapat 6,7 gram serat. Nggak hanya serat, buah ini juga tinggi akan vitamin c, potasium, magnesium vitamin E, dan vitamin D.

Brokoli

Susah BAB? Coba Konsumsi 5 Makanan Berikut Ini!

Kalau kamu salah satu penikmat sajian capcai, kemungkinan kamu sudah tidak asing dengan sayuran yang satu ini. Selain rasanya yang nikmat, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin c, vitamin k, folat, vitamin b, potasium, zat besi, mangan hingga anti oksidan.

Dengan kandungan serat sebesar 2,9 gram per 100 gramnya, tentu akan membantu melancarkan pencernaanmu. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan protein yang cenderung tinggi daripada sayur lainnya. 

Apel

Nggak hanya kandungan antioksidannya yang terkenal baik untuk kulit, buah ini juga mengandung serat dengan kandungan sebesar 2,4 gram per-100 gramnya. Dengan demikian, tentunya apel akan membantu melancarkan pencernaanmu. Selain itu, dengan jumlah sajian yang tepat, apel juga membantu untuk melindungi arteri serta menurunkan kolestrol, lho!

Popcorn

Dibalik rasanya yang enak dan cocok untuk teman nonton, ternyata popcorn nggak hanya berfungsi sebagai camilan. Makanan ini juga bisa membantumu melancarkan pencernaan karena mengandung tinggi serat sebesar 14,5 gram untuk setiap 100 gramnya.

Tapi, kamu juga jangan terlalu banyak atau bahkan terlalu sering menambahkan mentega, karena justru malah mengurangi kandungan serat di dalamnya. Jadi percuma, deh!

Ubi jalar

Rasanya yang lezat dan mengenyangkan, membuat ubi jalar jadi favorit banyak orang. Gak hanya itu saja, ternyata ubi jalar juga mengandung beta-karoten, vitamin B, dan berbagai mineral lainya yang pastinya baik untuk tubuh.

Selain itu, juga mengandung serat sebesar 2,5 gram untuk setiap 100 gramnya yang ternyata juga mampu untuk melindungi dinding usus dari bahaya sisa kimia makanan maupun minuman. Tapi dengan catatan cara penyajianya yang benar dan sehat seperti dikukus.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi makanan tinggi serat yang akan membantu BABmu, sudah pernah coba yang mana, nih?

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas