5 Khasiat Mengejutkan dari Minum Kopi

GesitQQ Lounge – 5 Khasiat Mengejutkan dari Minum Kopi. Minum kopi bagi sebagian orang sudah jadi rutinitas sehari-hari. Tak hanya bisa membuat badan jadi segar, minuman ini juga kerap di jadikan pilihan untuk mengusir rasa kantuk.

Minuman yang berbau harum ini ternyata gak cuma bisa bikin kamu melek aja, lho! Tapi juga punya segudang khasiat di bidang kesehatan. Di antaranya seperti yang akan di uraikan berikut ini.

Kaya akan antioksidan

5 Khasiat Mengejutkan dari Minum Kopi, Gak Cuma Bikin Melek!

“Kopi adalah salah satu sumber antioksidan pelindung sel yang paling banyak dan konsisten, mengingat banyak orang yang mengonsumsinya setiap hari,” ujar Dana Angelo White, RD, pelatih atletik bersertifikat di Fairfield, Connecticut, AS seperti di kutip dari The Healthy.

Memang, berdasarkan laporan dalam jurnal Molecules, kopi telah di akui sebagai salah satu kontributor utama asupan kaya antioksidan. Selain kualitas organoleptiknya sesuai dengan yang di inginkan banyak orang, kopi juga mampu memberi efek stimulan, membuat minuman ini sangat di gemari oleh penduduk dunia, apalagi dengan berbagai manfaat sehat yang di milikinya.

Di ketahui, kopi seduh mengandung berbagai senyawa fitokimia yang memiliki aktivitas antioksidan dan anti-peroksidasi yang berguna untuk melawan radikal bebas, mencegah dari berbagai penyakit kronis.

Mencegah kanker

5 Khasiat Mengejutkan dari Minum Kopi, Gak Cuma Bikin Melek!

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kanker merupakan penyebab kematian kedua di dunia. Pada tahun 2018, di perkirakan sebanyak 9,6 juta orang telah meninggal akibat kanker. Tak heran penyakit ini begitu di takuti banyak orang.

Di lansir Healthline, di yakini kebiasaan minum kopi dapat menurunkan risiko dua jenis kanker, yakni kanker hati dan kanker kolorektal atau kanker usus. Berdasarkan data WHO, kanker hati merupakan penyebab kematian akibat kanker nomor 4, sementara kanker usus berada di peringkat kedua.

Berdasarkan hasil studi yang di laporkan dalam jurnal Gastroenterology di simpulkan, konsumsi 2 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 43 persen.

Studi lainnya yang terbit di The American Journal of Clinical Nutrition melibatkan 489.706 orang partisipan. Hasilnya, minum 4-5 cangkir kopi per hari mampu menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 15 persen.

Menurunkan risiko depresi

Depresi merupakan masalah kesehatan mental, di tandai dengan suasana hati penderitanya yang terus merasa tertekan sehingga membuatnya tidak bersemangat melakukan apa pun. Selain dapat menurunkan produktivitas, dampak depresi juga bisa mematikan, yakni menyebabkan penderitanya bunuh diri.

Berdasarkan hasil penelitian yang di terbitkan di jurnal JAMA Internal Medicine, ternyata minum kopi mampu menurunkan risiko depresi. Studi yang melibatkan 50.739 wanita tersebut menyimpulkan, mereka yang minum kopi 2-3 cangkir per hari memiliki risiko depresi lebih rendah di banding para wanita yang hanya minum satu cangkir atau kurang per minggu.

Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Mengutip The Healthy, berdasarkan hasil studi, kebiasaan minum kopi di ketahui dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian yang di muat dalam jurnal Circulation, minum 2-3 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Mencegah penyakit diabetes

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada tahun 2019, Indonesia menempati peringkat ke-7 dari 10 besar negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Selain menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, kurangi asupan gula, dan perbanyak makan serat, minum kopi juga bisa mencegah diabetes, lho!

Hal tersebut di ketahui lewat sebuah penelitian yang terbit di JAMA Internal Medicine. Hasil tinjauan terhadap 18 penelitian sebelumnya yang melibatkan total 457.922 orang, dapat di simpulkan, minum satu cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.

Dari uraian di atas, ternyata kopi gak hanya bisa bikin mata kamu segar, tapi juga mencegahmu dari berbagai penyakit. Namun yang perlu kamu pahami, minum kopi yang di maksud di atas adalah jenis kopi hitam tanpa ada tambahan apa pun.

“Manfaat-manfaat yang telah di pelajari, secara umum (berasal) dari kopi. Jadi, apabila kamu minum kopi dengan tambahan gula atau produk-produk krim dengan lemak tinggi, tambahan-tambahan tersebut justru malah bisa menghilangkan manfaat kesehatannya,”

Gimana, sudah tahu kan berbagai khasiat minum kopi di atas? Tidak hanya bikin melek, khasiat kopi ternyata sangatlah beragam. Sudah ngopi hari ini?

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas