5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Boros dalam Menggunakan Uang

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Boros dalam Menggunakan Uang

GESITQQ LOUNGE Mengelola keuangan pribadi itu memang gampang-gampang susah. Kalau gak teliti bisa-bisa uangmu jadi cepat habis, tapi gak ada wujud barang yang di beli. Apalagi untuk kamu yang masih berstatus lajang, alias belum menikah. Sudah bekerja dan punya penghasilan tetap kadang bikin dirimu jadi gelap mata dalam membelanjakan uang . 

1. Berulang kali menggunakan istilah self reward sebagai alasan untuk belanja

Belakangan marak beredar istilah self reward yang berarti memberikan penghargaan pada diri sendiri. Sayangnya, sering kali orang salah mengartikan self reward dengan membeli segala sesuatu yang selama ini di inginkannya. Padahal memberi penghargaan pada diri sendiri itu gak melulu berarti menghambur-hamburkan uang untuk belanja, lho.

2. Begitu gajian langsung saja belanja untuk gaya hidup

Belakangan keinginan belanjamu makin gak terkontrol. Di mana mayoritas barang yang kamu beli adalah berdasarkan keinginan, bukan apa yang sedang di perlukan. Alih-alih menggunakan gaji untuk membeli kebutuhan bulanan dan makan sehari-hari, eh kamu justru mementingkan gaya hidup.

3. Terlalu sering mentraktir teman tanpa lihat isi dompet

Mentraktir makan teman sekali waktu itu memang bagus. Artinya kamu bukan tipe orang yang kikir dan maunya di bayarin terus. Tapi gak harus tiap hari mentraktir teman-temanmu begitu, dong. Mereka, sih senang-senang saja, tiap kali jalan sama kamu gak perlu keluar uang sama sekali.

4. Tidak menyisihkan uang untuk ditabung di awal bulan

Selama ini memang kamu selalu berusaha untuk menabung. Salahnya adalah, uang yang kamu tabungkan itu merupakan uang sisa di akhir bulan. Jadi, ya wajar kalau jumlahnya gak seberapa. Kalau gak ada uang yang tersisa, ya jadi tidak bisa menabung, deh. Seharusnya, kamu menyisihkan uang di awal bulan, dong.

5. Selalu tergiur dengan yang namanya diskon

Akhir tahun begini pasti banyak bertaburan diskon di mal atau toko-toko swalayan. Sebagai pencinta diskon garis keras, tentu saja kamu gak mau ketinggalan, dong. Karena tiap kali melihat ada potongan harga, kamu pasti tergoda ingin belanja.