5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi Insecure

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi Insecure

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi InsecureWWWGESITQQLANGUE ilustrasi kebahagiaan (pexels.com/Julia Avamotive)Perasaan insecure adalah sebuah kondisi mental dimana ada kecemasan dalam diri yang umum menyerang banyak orang. Faktornya bisa datang dari banyak aspek. Kondisi ini bisa menyerang sebuah hubungan, nilai diri seseorang, mengaburkan tujuan hidup, dan masih banyak lagi.

1. Gak harus selalu terlihat sempurna

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi InsecureDalam kehidupan selalu ada sisi hitam dan putih, sisi baik dan buruk, kelebihan dan kekurangan. Kecenderungan menutupi kekurangan dengan menunjukkan sisi yang sebenarnya bukan dirimu adalah tanda kalau kamu masih merasa insecure

Ketika kamu punya dasar yang kuat tentang penerimaan diri, kamu ga akan memusingkan diri dengan harus terlihat sempurna di depan orang lain. Terlalu peduli dengan pendapat orang lain bakal bikin kamu salah fokus ke hal yang kurang penting sehingga mengaburkan prioritas di hidupmu sendiri. 

2. Menerima kritikan dan saran dengan besar hati

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi InsecureKetika kebanyakan orang tidak terima jika dikritik, orang yang sudah cukup secure dengan dirinya ga akan mudah tersinggung ketika dikritik. Dia ga cuma mau mendengar yang enak di telinga, tapi bersedia mendengar yang seharusnya di dengar.

3. Gak lagi membandingkan diri dengan orang lain

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi Insecure

Perbandingan diri paling tepat adalah membandingkan diri dengan diri di masa lalu dan harapan di masa depan. Sementara membandingkan diri dengan orang lain hanya bikin makin stres. Kita jadi ga fokus dengan diri sendiri dan berimbas ke mental kita.

4. Bisa memberikan pujian ke orang lain dengan tulus

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi InsecureSaat orang lain sedang berada di posisi puncak apa yang kamu lakukan? Apakah bisa memberikan selamat dengan tulus atau iri hati yang muncul? Respon ini menunjukkan apakah kamu masih insecure atau tidak.

5. Gak haus dengan pujian dan jadi pusat perhatian

5 Indikator yang Menunjukkan Kamu Gak Lagi InsecureMencari perhatian adalah salah satu tanda kamu belum merasa aman. Ketika kamu sudah bahagia dan percaya diri, tidak perlu semua mata tertuju kepadamu hanya untuk mengetahui bahwa kamu pintar dan berbakat. Karena kamu sudah merasa cukup dengan diri sendiri, validasi dari orang lain tidak lagi kamu butuhkan.