5 Indikasi Nyata Terlalu Banyak Konsumsi Garam

GesitQQ Lounge – 5 Indikasi Nyata Terlalu Banyak Konsumsi Garam. Natrium adalah nutrisi yang penting untuk otot, fungsi saraf, dan keseimbangan cairan, dan tubuh kita memerlukannya dalam jumlah tertentu setiap harinya. Natrium secara alami terdapat pada beberapa makanan sehat, seperti daging dan produk susu. Tapi kebanyakan orang mendapatkan asupan natrium tambahan lewat garam. Sayangnya, hal ini kadang-kadang menyebabkan asupan natrium menjadi berlebihan.

5 Indikasi Nyata Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Padahal, kelebihan asupan natrium maupun garam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ini beberapa tanda yang mungkin muncul jika kamu mengonsumsi garam dalam jumlah berlebihan.

Lebih sering merasa haus

5 Indikasi Nyata Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Menurut studi dalam Harvard Health Publishing, konsumsi makanan dengan jumlah natrium yang tinggi membuat kamu merasa lebih sering haus, sebab natrium mengacaukan keseimbangan cairan dalam tubuh.

5 Indikasi Nyata Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Natrium sendiri merupakan senyawa yang umum terdapat dalam garam. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak garam, kamu mungkin akan minum lebih sering, hal ini berguna untuk mengembalikan keseimbangan garam dalam sel-sel tubuh.

Bengkak di beberapa bagian tubuh

5 Indikasi Nyata Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Konsumsi terlalu banyak garam di malam hari langsung dapat membuat beberapa bagian tubuhmu tampak bengkak dan perut menjadi kembung esok paginya. Pembengkakan yang disebabkan karena adanya cairan ekstra di jaringan tubuh ini disebut edema.

Menurut Mayo Clinic, edema bisa menjadi gejala dari adanya penyakit tertentu, tetapi juga bisa menjadi tanda terlalu banyak konsumsi natrium dalam makanan. Solusi sederhana untuk mengurangi masalah ini adalah dengan mengurangi asupan garam.

Tekanan darah tinggi

Menurut American Heart Association asupan natrium perhari idealnya adalah 1.500 miligram dan tidak lebih dari 2.300 untuk orang dewasa. Sebab, kelebihan natrium dapat meningkatkan tekanan darah dengan menahan lebih banyak cairan dalam tubuh, dan membuat jantung harus memompa darah lebih keras.

Untuk itu, jika kamu mendapati tekanan darahmu meningkat, segera kurangi konsumsi garam harianmu.

Sering mengalami sakit kepala

Konsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh yang kemudian memicu sakit kepala. Menurut sebuah studi dari kerja sama antara Oxford University dan University of Sydney, pengurangan asupan natrium hingga tidak lebih dari 2.300 mg per hari, serta meningkatkan asupan buah, sayuran, dan susu rendah lemak, dapat secara signifikan mengurangi frekuensi sakit kepala.

Makanan terasa lebih hambar

Dilansir dari laman Eating Well, konsumsi terlalu banyak garam dapat memengaruhi selera makan. Setelah selera makan disesuaikan dengan rasa garam dalam jumlah tertentu, kamu mungkin jadi kurang berselera makan jika tidak menambahkan ekstra garam ke dalam makanan tersebut.

Nah, untuk mengurangi asupan garam tanpa membuat makanan terasa hambar dan tidak menarik, kamu bisa menambahkan bumbu dan rempah-rempah, seperti paprika, bawang putih, bawang merah, dan lemon, untuk membantu menambah cita rasa makanan.

Jadi, jika kamu merasakan gejala-gejala di atas, segera kurangi asupan garam harianmu, ya!

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas