5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Memiliki Kantung Empedu

GesitQQ Lounge – 5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Memiliki Kantung Empedu. Kantung empedu merupakan organ penyimpanan cairan yang sangat penting dalam sistem pencernaan tubuh. Empedu ini berfungsi untuk mencerna lemak dan membantu tubuh menyerap vitamin dan nutrisi yang terlarut di dalam lemak. 

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Memiliki Kantung Empedu

Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan operasi pengangkatan kantung empedu seperti adanya batu empedu. Di mana kondisi tersebut jika tidak dilakukan operasi dapat membahayakan dan mengganggu fungsi tubuh lainnya. 

Lantas, bagaimana kondisi tubuh ketika tidak memiliki kantung empedu? Berikut 5 hal yang akan terjadi pada tubuh. 

Tanpa kantung empedu seseorang tetap akan hidup normal

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Memiliki Kantung Empedu

Seseorang yang tidak memiliki kantung empedu tetap dapat menjalani kehidupan yang normal. Hal ini dikarenakan kantung empedu yang telah dioperasi memiliki masalah bagi tubuh sehingga bila tetap dipertahankan akan menimbulkan infeksi pada saluran empedu. Infeksi ini tentunya dapat berlanjut dan menyebar pada liver, peradangan pada pankreas dan infeksi lainnya yang lebih serius. 

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Memiliki Kantung Empedu

Sistem pencernaan yang belum terbiasa dapat menimbulkan diare

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Memiliki Kantung Empedu

Pada dasarnya kantung empedu memiliki fungsi sebagai penyimpanan cairan empedu yang sangat berguna bagi kelangsungan sistem pencernaan. Namun, ketika kantung tersebut tidak ada, maka cairan dari liver akan langsung diangkut pada usus kecil. Hal ini tentunya menimbulkan diare pada sistem pencernaan, di mana kondisi usus kecil masih belum terbiasa akan adanya perubahan tersebut. 

Usus tidak mampu mencerna lemak dalam jumlah banyak

Pasca operasi pengangkatan kantung empedu, maka tubuh terutama usus tidak akan mampu mencerna lemak dalam jumlah banyak. Lemak yang tidak dapat dicerna dengan baik dapat mengakibatkan rasa kembung dan mual serta menimbulkan efek diare. Jika diare berlangsung lama,tentunya akan menimbulkan kekurangan nutrisi pada tubuh dan mengakibatkan tubuh mudah lelah.

Beresiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan

Kehilangan salah satu organ penting dalam tubuh pasti memicu berbagai reaksi, seperti masalah kesehatan. Seseorang dengan tubuh tanpa kantung empedu berisiko lebih besar terkena penyakit maag dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan hati. Terlebih jika tidak mematuhi aturan yang telah diberikan oleh dokter mengenai pantangan apa saja yang harus dilakukan. 

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari oleh seseorang dengan kondisi tidak memiliki kantung empedu. Makanan tersebut adalah makanan yang memiliki kandungan minyak berlebih, seperti olahan gorengan, daging dan mayonaise. 

Adapun jenis minuman yang patut dihindari adalah minuman yang mengandung kafein. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein menyebabkan produksi gas meningkat dan menimbulkan asam lambung yang tidak baik bagi pencernaan. 

Nah, itulah lima hal yang terjadi pada tubuh ketika tidak memiliki kantung empedu. Agar tidak ada kerusakan pada empedu, yuk mulai sekarang ubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas