5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture Shock

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture Shock

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture ShockWWWGESITQQLANGUE Tentu kamu pasti pernah mengalami yang namanya memasuki lingkungan baru. Entah itu saat kamu sedang berpergian ke luar daerah, pertama kali masuk sekolah, pertama kali masuk kerja, maupun saat pertama kali pindah tempat tinggal. Di saat-saat tersebut bisa dipastikan kamu akan menemui berbagai perbedaan tradisi, budaya, bahkan bahasa.

Tidak jarang perbedaan-perbedaan yang ada dapat membuatmu mengalami culture shock. Ini merupakan suatu kondisi ketika kamu mengalami rasa kaget dan terkejut karena menemui kebiasaan serta budaya baru yang sungguh berbeda dengan kebiasaanmu.

1. Hargai Perbedaan yang ada

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture ShockIbarat kata pepatah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Peribahasa tersebut memiliki penegasan bahwa setiap tempat selalu memiliki tradisi, adat istiadat, dan budayanya masing-masing. Termasuk dengan lingkungan baru tempat kamu berada sekarang.

2. Belajar menjadi pribadi yang open minded

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture ShockLingkungan baru memang memiliki tantangan tersendiri. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang sungguh berbeda dengan lingkunganmu yang sebelumnya. Kondisi tersebut bisa saja membuatmu mengalami culture shock.

3. Jangan sungkan bersosialisasi


5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture Shock

Meskipun terdengar sulit, namun kamu jangan buru-buru memutuskan untuk pergi meninggalkan lingkungan barumu tersebut. Saat mengalami kendala perbedaan budaya dan bahasa, justru kamu harus semakin intens bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Dengan begitu kamu justru akan semakin mudah dalam menyesuaikan diri.

4. Ikuti kegiatan yang positif dan menyenangkan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture ShockLingkungan baru memang memiliki segudang perbedaan yang ada. Tentu saja culture shock bisa dipastikan akan terjadi. Namun saat tengah mengalami kondisi tersebut, tahan dulu deh! Jangan buru-buru gak kerasan dan meninggalkan tempat tersebut.

Setiap lingkungan tentu memiliki beragam kebiasaan maupun kegiatan-kegiatan tertentu. Kamu bisa mencoba ikut salah satu kegiatan yang menurutmu positif dan sesuai dengan minatmu. Ketika turut serta dalam suatu kegiatan, maka kamu akan lebih membaur dengan kondisi sekitar.

5. Kenali budaya dan karakter lingkungan barumu

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terjebak Culture ShockSeperti yang sudah ditekankan sebelumnya, bahwa setiap daerah memiliki karakter, budaya, dan adat istiadatnya masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Bahkan bisa saja kebiasaan yang ada 180 derajat berbeda dengan lingkungan asal sehingga kamu akan terkejut.